Cara Membuat Burung Pentet Anda Gacor Maksimal

vitaminburung

Perhatikan Hal-Hal Ini Agar  Burung Pentet Anda Gacor Maksimal

Burung pentet …atau yang juga banyak disebut dengan centet adalah jenis burung berkicau yang banyak digemari lantaran kemampuannya dalam meniru suara kicau burung lain. Dengan perawatan yang benar, burung ini sanggup memberikan kicauan sesuai keinginan pemilik dengan baik. Perawatan pentet yang baik akan menghasilkan kicauan yang lantang dan indah sekaligus burung peliharaan yang jinak dan menarik untuk dipajang di rumah.

Tips Mendapatkan Burung Pentet yang Rajin Gacor dan maksimal

burung pentet

merawat burung pentet

Ada 2 faktor utama yang sangat menentukan keberhasilan Anda untuk mendapatkan burung pentet gacor maksimal. Salah satu diantara kedua faktor tersebut adalah bibit. Tingkat bangus atau tidaknya pentet kicauan dan gacor yang dilakukan si pentet sangat sangat dipengaruhi oleh kualitas yang mereka miliki sejak lahir. Maka dari itu, mendapatkan pentet dari indukan yang terbukti berkualitas akan sangat memudahkan Anda dalam melatih dan merawat pentet tersebut.

Sementara untuk faktor kedua adalah perawatan burung pentet yang dilakukan secara benar dan konsisten. Pada umumnya, memang perawatan burung kicauan memang sama saja. Yaitu dengan memperhatikan hal-hal umum yang berhubungan dengan burung kicau peliharaan Anda. Mengetahui hal tersebut mungkin tidak terlalu sulit, namun yang cukup berat adalah perawatan secara konsisten alias tidak malas memperhatikan kondisi pentet. Jangankan mendapatkan pentet yang gacor, pentet sehat pun tidak bisa Anda pertahankan jika perawatan dilakukan secara asal-asalan.

Burung pentet yang didapat dari indukan berkualitas, kemudian dirawat dengan tepat dan konsisten oleh sang penangkar, bisa saja memiliki harga jual yang sangat tinggi. Selain untuk dijual, burung pentet ini juga bisa jadi kebanggaan dengan rajin meraih posium dalam tiap perlombaan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin mendapatkan kicauan merdu burung pentet, antara lain;

burung pentet

burung pentet bagus

Perhatikan Pakan

Untuk mendapatkan burung pentet yang rajin berkicau, hal pertama yang wajib diperhatikan adalah kualitas pakan si burung. Hubungannya dengan gizi nutrisi, sebaiknya Anda mengganti voer 2 hari sekali dan jangan tunggu sampai habis baru diganti atau diisi kembali. Sementara voer yang dituangkan sebaiknya mencantumkan kandungan protein 12 sampai 18 % dalam daftar nutrisinya. Pemberian pakan untuk burung pentet sebaiknya juga dilakukan secara bervariasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, mineral serta vitamin dalam asupan pentet.

Selain voer, ada baiknya Anda memberikan pakan berupa sayuran dan buah-buahan segar. Meskipun voer memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, burung juga memerlukan makanan segar utamanya ketika mengalami masa-masa pengasingan. Makanan segar ini juga lebih menawarkan kandungan serat yang dapat menyehatkan pencernaan pentet. Namun tetap berikan sesuai proporsinya ya. Ada pula suplemen untuk meningkatkan kebugaran pentet agar siap saat menjelang perlombaan. Ekstra Food seperti kroto dan ulat hongkong ataupun jamu racikan rempah tradisional juga bisa menjadi suplemen tambahan untuk menunjang performa pentet.

Perhatikan Jenis Kelamin

Jenis kelamin juga mempengaruhi kualitas dan intensitas gacor burung pentet. Umumnya, pentet jantan dapat menghasilkan kicauan yang lebih baik. Dengan demikian, usaha Anda dalam melatih kicauan pentet bisa mendapatkan hasil maksimal pula. Burung pentet jantan memiliki ciri bulu berwarna hitam pekat yang mengkilat.

Perhatikan Ukuran dan Kebersihan Sangkar

Kebersihan sangkar juga menjadi penentu keberhasilan Anda dalam mendapatkan pentet yang sehat dan berkualitas. Tak hanya untuk pentet saja, kebersihan sangkar sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan fisik dan mental burung peliharaan. Kondisi sangkar yang kotor membuat peliharaan Anda mudah terserang penyakit karena bakteri, jamur dan virus yang memenuhi sangkar. Selalu membersihkan sangkar secara rutin tiap hari, termasuk membuang remah makanan hingga kotoran. Untuk minum, ada baiknya jika Anda memberikan air matang saja untuk burung pentet.

Ukuran sangkar juga harus disesuaikan dengan kondisi burung. Sangkar yang terlalu sempit membuat pentet tak banyak bergerak dan cenderung mudah mengalami stres. Kondisi stres akan membuat pentet Anda tidak mau makan atau bahkan mogok berkicau. Pastinya Anda tidak menginginkan hal ini bukan?

Pemandian dan Penjemuran

Dalam memandikan burung pentet, sebaiknya Anda menntukan jadwal waktunya. Hal ini karena proses mandi sendiri bisa memakan waktu yang cukup lama jika Anda masuk kategori orang yang sibuk. Sebelum mulai memandikan, ada baiknya burung pentet ini diangin-anginkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar burung pentet tidak kaget dan stres ketika masuk ke keramba mandi. Selain itu juga untuk menghindari perubahan suhu yang terlalu cepat.

Pada umumnya, kalangan master pentet melakukan penjemuran saat pagi hari antara jam 8 sampai jam 10 pagi. Selama masa penjemuran ini, sebaiknya pisahkan pentet dari pentet lainnya. Setelah penjemuran dianggap cukup, kembali angin-anginkan pentet di tempat teduh sekitar 10 menit. Barulah setelah itu pasangkan kerodong pada sangkar pentet.

Proses Mastering

Pemasteran merupakan kegiatan wajib karena sebagai bentuk latihan bagi pentet agar bisa gacor dan merdu. Proses pemasteran ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memutar mp3 player berisi rekaman kicauan merdu dengan durasi yang lama. Biasanya waktu yang digunakan untuk melakukan pemasteran ini pada siang dan sore antara pukul 11 sampai pukul 3 sore. Latihan ini umumnya juga dilakukan selama pengerodongan untuk mendapatkan hasil optimal. Ada pula master pentet yang melakukan pelatihan dari malam sampai pagi keesokan harinya.

Pengasingan

Ada kalanya burung pentet peliharaan Anda tiba-tiba berhenti atau mogok berkicau. Dalam kondisi ini, pertama-tama yang perlu Anda coba adalah melakukan pengasingan terhadap burung pentet yang mogok tersebut. Isolasi terhadap burung pentet ini bertujuan agar pentet tidak melihat lagi pesaingnya untuk sementara. Besar kemungkinan, pentet tidak mau berkicau dikarenakan perasaan kalah tersaingi, tertekan atau malah takut.

Istirahat

Setelah melakukan latihan dan lain ebagainya, wajar jika burung pentet mersa lelah. Istirahat yang cukup akan sangat penting untuk menunjuang kebugaran dan nafas selama gacor. Untuk lebih memaksimalkan istirahat, Anda dapat memanfaatkan kerodong saat pentet tidak melakukan kegiatan lain. Dengan menutup sangkar, burung pentet menjadi lebih maksimal beristirahat tanpa gangguan sinar matahari atau dari keberadaan objek lain di sekitarnya yang berseliweran. Tak ada salahnya pula Anda membuatkan pola istirahat yang teratur untuk selalu memastikan kesehatan pentet selalu dalam kondisi prima.

Hindari Jangkauan Predator

Sudah barang wajib bila Anda memiliki burung peliharaan untuk menjauhkan sangkar dari jangkauan para pemangsa seperti kucing atau pengganggu lain seperti tangan jahil dan anak-anak. Burung pentet yang terlalu sering dijahili, diganggu atau bahkan diincar, bisa saja mengalami stres dan membuatnya enggan untuk banyak bersuara. Maka dari itu, pastikan posisi sangkar pentet Anda cukup aman dari jangkauan para pengganggu tersebut.

Beberapa hal di atas merupakan pertimbangan mendasar dalam memelihara burung pentet. Anda juga perlu untuk memperhatikan beberapa hal lain seperti halnya waktu pemberian makan atau minum tepat waktu. Kondisi lingkungan yang meliputi kebisingan dan keamanan untuk menunjang proses pelatihan juga perlu diperhatikan. Berbagai hal di atas dapat mempengaruhi aspek satu sama lain. Maka dari itu, memperhatikan secara menyeluruh akan memudahkan Anda dalam mendapatkan pentet yang rajin gacor.

Cara Membuat Burung Pentet Anda Gacor Maksimal | Admin | 4.5