Kenari Betina Anda Tidak Mau Bertelur, Kenapa Ya?

vitaminburung

Kenari Betina Anda Tidak Mau Bertelur, Kenapa Ya?

Kenari, merupakan spesies burung yang hampir tidak pernah “hilang” di pasaran. Hal ini dikarenakan Kenari adalah salah satu jenis burung yang memiliki penggemar paling banyak dan tidak sedikit pula yang menangkarkannya di berbagai pelosok daerah. Tidak jarang penggemar pemula yang mencoba menangkarkan Kenari yang ia miliki dengan harapan akan melahirkan keturunan Kenari yang bisa dijual kembali di pasar-pasar burung. Tetapi penangkaran Kenari ternyata bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tidak sedikit penangkar pemula yang mengalami kekecewaan akibat hasil penangkaran Kenari tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Cara Membuat Kenari Bertelur

Permasalahan yang sering ditemui oleh para penangkar burung Kenari terutama penangkar pemula adalah betina yang sulit untuk bertelur, bahkan cenderung tidak mau bertelur. Keadaan ini sering terjadi, walaupun di sangkarnya sudah disediakan tempat dan bahan-bahan untuk membangun sarangnya, bahkan ada jantan yang sudah cukup umur dan siap untuk dikawinkan dengan sang betina di dalam sangkar tersebut. Jika dilihat dari keadaan ini harusnya bukan hal yang mustahil untuk si betina bertelur, namun kenyataannya banyak penangkar yang mengeluhkan Kenari betina yang tidak mau bertelur.

Terdapat beberapa faktor yang membuat si Kenari betina yang lambat untuk bertelur walaupun sangkarnya sudah dipersiapkan sedemikian rupa dan juga sudah disatukan dengan jantan yang siap dikawinkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Berikut paparan yang mungkin bisa menjawab kegelisahan para penangkar Kenari:

  1. Belum matangnya kelamin dari Kenari betina

Pengalaman adalah guru yang paling berharga, itulah potongan istilah yang sering kita dengar dalam kehidupan kita. Burung Kenari betina juga butuh pada pengalaman yang cukup untuk berkembang atau menghasilkan keturunan. Kenari betina yang masih diusia belia alias masih muda tentunya belum memiliki pengalaman yang cukup untuk berkembang biak, kelamin yang belum matang dengan sempurna adalah faktor penyebabnya, selain itu si betina belum siap untuk dipasangkan dengan si jantan, inilah yang membuat tidak terjadinya perkawinan keduanya.

Seyogyanya, usia Kenari jantan yang siap untuk dikawinkan adalah di atas 1 tahun, sedangkan usia Kenari betina minimal adalah 8-10 bulan dan akan lebih baik lagi jika betina berusia lebih dari 11-12 bulan. Pada kisaran usia-usia tersebut kita dapat mengenali kondisi dari Kenari betina yang siap dikawinkan, ini dapat dilihat dari bentuk kloakanya yang memilliki kulit kemerahan dan mulai membengkak.  Oleh sebab itu, jika anda berniat untuk menangkarkan si imut Kenari, hal pertama dan utama yang harus anda pastikan adalah usia dan kesiapan dari Kenari betina dan Kenari jantan yang akan dipasangkan dan dikawinkan, karena usia matang dan kesiapan akan berpengaruh pada keberhasilan dalam proses penangkaran ataupun pengembang biakan Kenari.

 

  1. Lambatnya birahi sang Kenari betina

Burung Kenari betina yang telah berusia lebih dari 1 tahun sering mengalami kasus tidak kunjung berkembang biak, fenomena ini dikarenakan oleh birahi sang betina yang tidak kunjung muncul. Hal ini bisa terlihat dari betina yang sudah disatukan dengan jantan Kenari, namun tidak juga menghasilkan telur yang akan menjadi bakal dari Kenari muda, meskipun sudah dikandangkan dalam satu sangkar dalam waktu yang cukup lama. Kurangnya birahi sang betina juga bisa terlihat dari seringnya Kenari betina menghindar ketika didekati oleh Kenari jantan yang berniat mengawininya.

Cara untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan mengubah pola perawatan harian pada Kenari betina, tidak terkecuali pada pemberian pakan yang harus lebih bervariasi. Variasi pakan ini bisa dalam bentuk pemberian pakan berupa biji-bijian berkualitas atau meracik sendiri pakan untuk Kenari betina kesayangan anda. Mengenal dan memberikan berbagai macam sayuran dan buah-buahan yang dapat membantu untuk merangsang birahi Kenari betina adalah salah satu usaha agar penangkaran Kenari anda berhasil, beberapa macam sayuran dan buah tersebut adalah sawi, daun ginseng, oyong, tauge, dan jagung manis. Selain itu, durasi penjemuran Kenari dibawah terik matahari juga harus ditingkatkan, agar birahi Kenari betina segera muncul.

  1. Bulu disekitar kloaka yang terlalu tebal

Para penggemar burung Kenari banyak yang beranggapan bahwa Kenari yang mempunyai bulu terlalu tebal atau bulu yang rangkap akan sulit untuk dikembangkan biakkan, karena menurut mereka ini akan menjadi sebab sulitnya memunculkan birahi betina sehingga sulit bertelur. Mungkin hal ini ada benarnya, namun lebih tepatnya adalah bulu Kenari betina yang terlalu tebal disekitar kloaka merupakan salah satu penyebab birahinya tidak kunjung muncul.

Saat Kenari jantan ingin melakukan perkawinan dengan si betina yang memiliki bulu tebal disekitar kloakanya, maka kemungkinan proses pembuahan akan terhambat. Hal ini dikarenakan kelamin betina yang tertutupi oleh bulu-bulunya, sehingga meski perkawinan telah terjadi tetapi Kenari betina tidak akan kunjung bertelur.

Itulah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab Kenari betina tidak kunjung bertelur walaupun sudah disangkarkan bersama dengan Kenari jantan yang sudah siap “mengawininya” dalam waktu yang cukup lama. Jika Kenari betina anda tidak juga mengahasilkan telur setelah dilakukan variasi perawatan seperti disebutkan di atas, maka usaha terakhir yang harus anda lakukan adalah mengganti Kenari betina anda dengan Kenari betina yang baru. J

 

 

 

Kenari Betina Anda Tidak Mau Bertelur, Kenapa Ya? | Admin | 4.5