100% Ampuh! 12 Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

vitaminburung

Dijamin Ampuh! 12 Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Cara Membuat Lovebird Ngekek – Salah satu yang diburu oleh para pecinta burung ialah suara kicauannya. Jika semakin lantang, keras, dan merdu kicauan seekor burung, maka semakin tinggi pula nilai jual burung tersebut. Salah satu burung yang memiliki potensi kicauan cukup lantang dan indah ialah lovebird. Lovebird saat ini cukup digemari oleh para pecinta burung karena bentuk fisiknya yang cukup menggemaskan, indah karena memiliki banyak jenis warna, dan kicauan yang cukup merdu. Sekarang pun banyak perlombaan kicau burung yang melombakan burung lovebird.

Lovebird yang memiliki kicauan lantang, panjang, dan yang pasti ngekek panjang akan keluar sebagai juaranya. Semua pecinta burung lovebird jelas menginginkan burung peliharaan mereka ngekek panjang.

Cara Membuat Loverbird Ngekek Panjang yang Ampuh dan Terbukti

Ada 4 cara penting yang bisa Anda lakukan untuk membuat lovebird ngekek panjang, yaitu pangan yang bekualitas, perawatan yang tepat, terapi, dan indukan yang pas.

Pakan yang Berkualitas

Untuk mendapatkan burung lovebird yang sehat dan bisa ngekek panjang, Anda harus menyediakan mereka pakan yang berkualitas. Pakan adalah hal utama yang harus terpenuhi untuk lovebird supaya hewan yang satu ini tidak kekurangan nutrisi dan stres. Berikut empat cara membuat lovebird ngekek panjang melalui pakan.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang #1 : Pemberian Milet dan Air yang Cukup

Pemberian dan penggantian milet dan air yang cukup secara teratur adalah hal pertama yang harus selalu diperhatikan oleh para pemelihara burung. Jika makanan pokok burung yang satu ini tidak terpenuhi secara baik maka jangan harap burung akan lincah dan mau berkicau. Jadi gantilah air setiap hari dan tambahkanlah milet apabila akan habis.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang #2 : Pemberian Sayur Bayam

Salah satu cara membuat lovebird Anda bisa ngekek panjang ialah dengan memberikan sayur bayam utuh ke dalam kandang. Biarkan lovebird memakan sayur bayam tersebut. Kandungan yang baik di dalam bayam diyakini sangat baik untuk menjaga kesehatan lovebird khususnya pencernaan. Maka cobalah memberikan bayam seminggu sekali secara teratur.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang #3 : Pemberian ekstrak fooding

Ekstrak fooding dapat berupa jagung, toge, dan kangkung yang dipercaya sebagai salah satu asupan penting untuk lovebird kesayangan Anda. Dengan memakan itu, dipercaya bahwa lovebird akan lebih membuka paruhnya dan kekekannya akan semakin panjang.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang #4 : Pemberian Multivitamin dan Jamu

Dengan memberikan multivitamin atau jamu secara teratur yang dicampurkan dalam pakan atau minum dapat merangsang lovebird lebih berstamina dan lincah. Sehingga, ia akan lebih senang berkicau dan kicauannya pun cukup panjang. Anda dapat membeli produk multivitamin di toko pakan hewan terdekat atau via online. Anda juga bisa meracik jamu lovebird sendiri dengan beragam bahan seperti jahe, kencur, kunyit, madu, dan lainnya.

Merawatnya Dengan Tepat

Untuk mendapatkan kekekan yang panjang tentu perawatan lovebird haruslah tepat dan baik. Mulai dari memandikan, penjemuran, dan lainnya harus Anda lakukan untuk mendapatkan lovebird yang sehat dan suka berkicau. Ada 4 cara membuat lovebird ngekek panjang yang bisa Anda lakukan dengan perawatan yang mudah dan tidak akan membuat stres.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang #5 : Memandikan Lovebird

Mandikan lovebird secara teratur beberapa hari sekali. Anda bisa menggunakan wadah untuk burung mandi sendiri atau menggunakan semprotan untuk memandikan burung. Lebih efektifnya, gunakan semprotan saja sehingga burung bisa lebih merata basahnya. Semprotkan secara lembut ke burung dan jangan sampai mengenai mata burung karena dapat menimbulkan luka. Lakukan di pagi hari sehingga Anda bisa langsung menjemurnya di sinar matahari yang masih belum terlalu panas.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang #6 : Menjemur Lovebird

cara membuat lovebird ngekek

Menjemur Lovebird

Setelah Anda memandikan burung lovebird, cobalah untuk menjemurnya beberapa saat. Cukup 2—3 jam di bawah sinar matahari pagi yang masih belum terlalu menyengat panasnya, sehingga burung tidak akan terlalu panas. Waktu paling tepat untuk menjemur burung dan segala jenis hewan ialah dibawah pukul 10 pagi.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang #7 : Mengangin-anginkan Lovebird

Proses penganginan bisa jadi alternatif saat Anda ingin lovebird bisa ngekek panjang. Penganginan bertujuan untuk membuat burung beradaptasi terhadap lingkungan dan perubahan cuaca. Jika lovebird tidak pernah terkena angin maka dikhwatirkan ia akan lebih cepat terserang penyekit saat pergantian musim.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang #8 : Mengembunkan Lovebird

Proses pengembunan ini sejatinya sangat jarang dilakukan oleh para pecinta burung. Namun sejatinya ini juga baik untuk kesehatan burung lovebird itu sendiri. Lakukan proses pengembunan ketika subuh sampai pagi jam 7. Kemudian lanjutkan dengan memandikan, menjemur, dan menganginkan burung supaya burung tetap sehat dan ngekek panjang.

Jika Perlu, Gunakan Terapi Burung Lovebird

Untuk mendapatkan kekekan yang panjang, tentu burung perlu juga mendapatkan terapi. Terapinya pun sederhana dan mudah untuk dilakukan. Terapi dan latihan tentu diperlukan untuk menambah mental dan jam terbang lovebird itu sendiri dalam berkicau. Semakin sering lovebird diterapi maka tentu akan semakin besar pula kekekan yang akan dihasilkan oleh lovebird. Berikut terapi yang bisa Anda lakukan.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang #9 : Pemasteran

cara membuat lovebird ngekek

Pemasteran lovebird

Untuk mendapatkan kekekan yang panjang, yang perlu Anda lakukan ialah dengan memasteri lovebird Anda dengan bunyi-bunyi kicauan dari rekaman. Anda bisa melakukan ini di pagi hari saat burung dijemur atau diangini. Cukup beberapa menit saja tapi harus teratur. Maka dengan sendirinya lovebird Anda akan terpengaruh dari suara master tersebut dan menirunya.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang #10 : Latihan

Untuk menambah jam terbang dan kualitas mental lovebird Anda, jangan ragu untuk membawanya sekedar beradu kicau dengan burung lain atau bahkan lomba kicau burung lovebird. Semakin sering lovebird Anda mengikuti lomba, maka semakin tinggi pula mental dan jam terbang lovebird Anda dalam usahanya untuk menciptakan kekekan yang panjang.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang #11 : Mandi Hujan

Ketika musim hujan, tentu burung harus dijaga kesehatannya supaya tidak terserang penyakit flu. Nah, jika sudah masuk pertengahan hujan dan sepertinya burung lovebird Anda sudah bisa beradaptasi dengan musim, cobalah untuk melakukan terapi mandi hujan terhadap lovebird Anda. Karena dengan mandi hujan, burung akan serasa berada di alam dengan guyuran hujan tanpa henti.

Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang #12 : Istirahat Cukup

cara membuat lovebird ngekek

Burung lovebird

Tentu Anda harus menyediakan tempat khusus guna memberika waktu bagi lovebird Anda istirahat. Hindarkan tempat gaduh dan banyak hewan predator seperti tikus atau kucing yang dapat mengganggu kenyamanan tidur lovebird Anda. Jika lovebird Anda cukup istirahat maka tentu ia akan terbebas dari resiko stress yang dapat menyebabkan tak mau berkicau.

Pilih Indukan yang Pas

Cara terakhir membuat lovebird ngekek panjang dan yang paling dasar ialah memilih burung lovebird dari indukan yang sudah memiliki kekekan panjang. Biasanya indukan yang memiliki kekekan panjang akan lebih tinggi potensi menurunkannya kepada anak-anaknya. Sehingga, Anda tidak perlu terlalu berupaya tinggi dalam membuat lovebird Anda ngekek panjang.

Itulah beberapa cara yang harus Anda tempuh demi mendapatkan lovebird juara yang bisa ngekek panjang. Jika lovebird Anda bisa ngekek panjang tentu Anda akan bangga dan tidak malu ketika membawanya ke lomba. Selain itu, kicauannya tersebut juga akan menambah ramai dan nyaman rumah Anda. Jadi cobalah untuk memberikan pangan, perawatan, dan terapi yang tepat untuk burung peliharaan Anda tersebut supaya ngekek panjang.

100% Ampuh! 12 Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang | Admin | 4.5