Panduan Mudah Cara Membuat Sangkar Burung untuk Pemula

vitaminburung

Ini panduan Mudah Cara Membuat Sangkar Burung untuk Pemula

Cara membuat sangkar burung.. Memelihara burung telah menjadi semenjak dulu. Para pecinta burung setia dengan hobi mereka tentu akan berlomba-lomba memelihara burung yang mereka senangi. Burung yang cantik dan memiliki kicauan merdu tentu memberikan kelas tersendiri bagi pemiliknya. Selain jenis burung tersebut, sangkar juga termasuk hal penting yang dapat menambah daya tarik tersendiri bagi burung peliharaan. Penggunaan sangkar sesuai dengan ukuran burung juga dapat menambah kenyamanan burung dalam beraktifitas sehingga burung tidak akan mengalami stres.

Karna Mahal Untuk Membeli sangkar burung maka kita harus tahu Cara Membuat Sangkar burung? 

Tentu untuk sebuah sangkar kecul saja dibutuhkan uang yang tidak sedikit. Dari sangkar kecil untuk memelihara burung pleci saja harganya mulai dari Rp 30.000 tergantung jenis dan bahan sangkarnya. Apalagi untuk burung besar jenis beo dan lainnya yang membutuhkan sangkar ddengan ukuran luas dan bahan dari besi.

Peluang Usaha Pembuatan Sangkar Burung

Bisnis sangkar burung merupakan bisnis yang cukup menjanjikan karena bisnis ini tidak akan pernah mati. Para pecinta burung tentu sudah memiliki tempat tersendiri di masyarakat. Walaupun tentu adakalanya pasang surut, namun memelihara burung merupakan hobi yang tidak akan pernah ada matinya. Dengan bermodalkan alat-alat tukang berupa gergasi, palu, paku, dan lainnya yang biasanya sudah Anda miliki dirumah Anda. Membelli beberapa kayu dan mengolahnya tentu keuntungannya cukup besar. Mulai harga Rp 30.000 hingga Rp 200.000 per sangkar bisa Anda pasarkan tergantung bahan dan model sangkarnya. Tentunya potensi bisnis membuat sangkar burung ini bisa menghasilkan keuntungan bagi Anda.

Cara Membuat Sangkar Burung

Jika Anda seorang pecinta burung peliharaan tentu Anda sering membeli pula sangkar burung untuk memenuhi kebutuhan burung Anda. Tapi tahukah bahwa sejatinya sangkar burung itu cukup sederhana dan mudah dibuat sendiri apabila Anda mau sedikit belajar dan berusaha keras. Hasilnya pun juga tidak akan kalah bagus dengan sangkar beli dan yang pasti aman untuk menjaga burung tidak lepas. Berikut cara membuat sangkar burung yang bisa Anda coba.

Alat dan Bahan

Jika Anda ingin memulai untuk membuat sangkar burung, tentu ada alat dan bahan yang harus Anda siapkan. Tidak perlu khawatir karena alat dan bahan untuk membuat sangkar cukup sederhana dan mudah kita temui. Berikut alat membuat sangkar burung:

  1. Bor
  2. Gergaji
  3. Serutan jeruji
  4. Pisau serutan jeruji
  5. Alat serut kayu
  6. Amplas
  7. Palu
  8. Meteran
  9. Tang
  10. Pensil

Berikut bahan untuk membuat sangkar burung.

  1. Kayu
  2. Teriplek
  3. Bambu
  4. Lem kayu
  5. Paku
  6. Cat
  7. pernis

 

Langkah-langkah Membuat Sangkar Burung

Setelah Anda menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan sebagai sangkar, sekarang tibalah untuk membuat sangkar burung. Pembuatannya tidak terlalu rumit namun tetap membutuhkan kesabaran dan usaha keras. berikut cara membuat sangkar burung yang harus Anda lakukan untuk menghasilkan sangkar yang elegan dan berkualitas.

Langkah #1 Cara membuat sangkar burung

cara membuat sangkar burung

proses pembuatan sangakar burung

Step pertama ialah, tentukan model sangkar burung yang akan dibuat. Cobalah buat sketsa atau gambar model sangkar yang akan Anda buat. Tulislah berapa ukuran rangka, jeruji, dan teriplek bawah untuk memudahkan Anda mengingat ukurannya nanti saat proses pemotongan.

Langkah #2 Cara membuat sangkar burung

cara membuat sangkar burung

sangkar dan bahan nya

Step kedua ialah buatlah kerangka sangkar. Potong kayu sesuai dengan ukuran yang ditentukan. Buatlah kerangka sisi atas dan bawah terlebih dahulu rekatkan dengan lem kayu dan kemudian pakulah supaya lebih kuat. Setelah kerangka atas dan bawah selesai, maka satukanlah dengan kerangka samping sangkar. Berilah lem dan juga paku untuk menjaganya lebih kuat digunakan. Serutlah kayu rangka terlebih dahulu untuk menghindarkan bagian tajam yang nantinya dapat melukai burung.

Langkah #3 Cara membuat sangkar burung

cara membuat sangkar burung

proses finising sangakar burung

Step ketiga ialah proses pengeboran. Lakukan pengeboran terhadap rangka yang telah jadi untuk nantinya dipasangkan jeruji. Borlah secara hati-hati dengan mata bor yang paling kecil untuk membuat lubang jeruji yang kecil. Berilah jarak cukup dekat antara jeruji satu dengan jeruji lainnya untuk menghindari burung meloloskan diri dari sangkar. Gunakan ukuran 0,5-1 cm untuk ukuran sangkar kecil. Jika sangkar untuk burung besar bisa sampai 2 cm.

Langkah #4 Cara membuat sangkar burung

cara membuat sangkar burung

sangakr burung sederhana

Step keempat ialah potong bambu yang nantinya akan digunakan sebagai jeruji sangkar. Haluskan bambu dengan pisau serut jeruji sampai benar-benar halus. Kehalusan tersebut dapat menghilangkan resiko burung terluka akibat sisi tajam jeruji sangkar. Setelah benar-benar halus dan sesuai dengan ukuran lubang jeruji, susunlah jeruji ke dalam sangkar berikan lem secukupnya untuk menambah daya kuat jeruji melekat pada sangkar.

Langkah #5 Cara membuat sangkar burung

cara membuat sangkar burung

bahan sangakar burung

Step kelima ialah pasangkan pintu dan bagian lain pada sangkar. Pasanglah pintu yang sudah dibuat sesuai ukuran sangkar dan burung. Pasangkan juga pengait sangkar untuk nantinya memudahkan sangkar digantungkan. Gunakan lem dan paku supaya pintu dan pengait sangkar dapat terpasang secara kuat.

Langkah #6 Cara membuat sangkar burung

cara membuat sangkar burung

membuat sangakar burung

Step keenam ialah memasang triplek untuk tempat penadah kotoran burung di bawah. Potong triplek sesuai ukuran sisi sangkar bagian bawah. Jangan terlalu besar atau kecil karena nanti akan sulit untuk dipasang dan bongkar.

Langkah #7 Cara membuat sangkar burung

Step ketujuh setelah semuanya jadi, cobalah haluskan sangkar dengan amplas sekali lagi untuk menghaluskan fisik sangkar supaya burung dan pemiliknya tidak terluka apabila menyentuh sangkar. Setelah semuanya halus, kemudian berikan cat sangkar dengan cat kayu sesuai dengan warna keinginan Anda. Yang rapi dan merata supaya sangkar Nampak cantik. Setelah selesai tunggulah cat sampai mongering. Jemurlah sangkar di bawah sinar matahari supaya lebih cepat mengering. Setelah kering, oleskan pernis untuk menambah kesan mengkilap pada warna sangkar Anda. Oleskan secara merata pada seluruh bagian untuk mendapatkan keindahannya.

Langkah #8 Cara membuat sangkar burung

Terakhir, setelah semua proses tersebut dilakukan maka sangkar sudah siap digunakan. Jemurlah sangkar kembali untuk menghilangkan bau cat dan pernis yang menempel pada sangkar. Sebaiknya untuk membuat sangkar yang bagus, cobalah untuk memilih bahan yang bagus pula. Carilah kayu yang memiliki kualitas baik, seperti kayu jati untuk membuat sangkar buatan Anda lebih awet dan tahan lama. Selain itu, kerapian Anda dalam memotong kayu dan jeruji bambu tentu menambah kelas tersendiri bagi sangkar buatan Anda. Semakin rapi Anda membuat sangkar Anda, maka semakin tinggi pula potensi penjualan sangkar Anda.

Cara membuat sangkar burung memanglah cukup sederhana dan mudah. Bahan dan alatnya pun tidak juga cukup sederhana. Apabila Anda ingin membuat sangkar dengan sedikit gaya tentu Anda bisa menambah ukiran-ukiran pada kerangka sangkar dan pengait sangkarnya. Tentu itu membutuhkan teknik yang cukup tinggi pula untuk seorang kelas pemula.

Jika Anda ingin sedikit lebih mudah maka Anda juga bisa membeli alat penghalus jeruji dengan harga kisaran Rp 150.000 dengan beberapa mata pisau yang sudah bisa Anda dapatkan. Jadi jangan khawatir, cobalah untuk membuat sangkar Anda sendiri untuk menambah daya tarik tersendiri bagi burung peliharaan Anda dan juga bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda.

Panduan Mudah Cara Membuat Sangkar Burung untuk Pemula | Admin | 4.5