Cara Memilih Burung Bagi Pemula

vitaminburung

Tips Memilih Burung Bagi Pemula

Memiliki burung peliharaan merupakan salah aktifitas yang menyenangkan dan bahkan memelihara burung salah satu langkah untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Namun sebelum anda memiliki atau memilih burung untuk dipelihara tentunya anda memahami jenis burung peliharaan yang tepat untuk anda.

Karena banyak sekali jenis burung dan kreterianya seperti burung untuk ternak, burung untuk peliharaan dirumah dan juga burung untuk lomba. Nah banyak pilihankan?

Untuk anda sebagai pemula kami sarankan agar mencari referensi yang tepat untuk pemilihan burung dan fokuskan tujuan anda memelihara burung tersebut untuk apa. Jangan sampai anda hanya ikut-ikut trend saat ini atau sering disebut dengan kicau mania. Karena burung untuk lomba memiliki beberapa kretia yang harus anda penuhi selain harganya selangit.

Sebaiknya anda lebih berhati-hati sebelum anda mengeluarkan uang yang tidak sedikit, amati dari kondisi burung, kualitas serta harga yang sesuai dengan dompet anda. Dibawah ini kami berikan tips memilih burung peliharaan untuk pemula, diantaranya sebagai berikut:

Tips memilih dan membeli burung

  1. Menentukan tujuan

Tentukan terlebih dahulu tujuan anda dalam membeli burung apakah hanya untuk sekedar hewan peliharaan, untuk dijadikan burung lomba atau untuk berternak. Karena dalam poin tersebut jika salah menempatkan tujuan, anda akan merasa kecewa karena anggaran dan spesifikasi dari burung itu sendiri berbeda-beda.

 

  1. Jenis burung

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan memilih jenis burung yang akan dibeli. Disarankan jangan pernah memilih dan membeli burung yang tidak anda sukai karena bisa-bisa anda akan malas untuk mengurusnya. Seperti contoh, ada tetangga anda yang memiliki burung kenari dan anda ikut-ikutan membelinya, padahal anda tidak menyukai jenis burung kenari. Hal tersebut akan sia-sia jika tetap anda lakukan.

 

  1. Tentukan kondisi burung

Sebelum membeli burung, anda harus melihat dan mengecek terlebih dahulu kondisi burung mulai dari fisik, kesehatan burung dan asal-usulnya. Maksud dari asal-usul disini adalah apakah burung tersebut tangkapan dari hutan atau ternak dan apakah sudah pernah ikut lomba.

 

  1. Tentukan anggaran dana

Hal ini juga sangat perlu diperhatikan karena dengan menentukan anggaran dana yang kita miliki, maka akan tahu jenis burung apa yang bisa dibeli. Karena dalam memelihara hewan jenis ini tidak ada yang namanya keberuntungan/ lucky. Jika anda ingin lancar dan sukses dalam memelihara burung, faktor ketelitian dan kecermatan merupakan kunci utama.

Disarankan jangan pernah membeli burung jika dana yang kita punya tidak sesuai atau diluar budget.

 

  1. Mencari informasi

Sebelum anda membeli burung, carilah informasi tentang burung yang akan anda beli terlebih dahulu. hal ini akan sangat membantu anda dalam memilih jenis burung dan bagaimana perawatannya. Anda bisa menanyakan kepada teman atau tetangga yang sudah terlebih dahulu memelihara burung yang disukai. Tanyakan bagaimana cara perawatannya, berapa kisaran harga dan dana yang dibutuhkan.

 

  1. Menentukan tempat yang akan dikunjungi

Anda bisa bertanya kepada teman atau juga kerabat tentang tempat penjualan burung dengan kualitas bagus. Apakah di pasar burung ? ditempat penangkaran burung? Atau membeli dari tetangga ke tetangga atau membeli dari tempat perlombaan (latber). Biasanya para penjual burung yang bertanggung jawab akan memberikan kualitas dan garansi kepada para pembelinya. Selain itu akan ditawarkan juga berbagai spesifikasi dan gender dari burung tersebut.

 

  1. Melihat dan mendengar sendiri

Jangan terlalu mudah percaya dengan omongan orang lain sebelum anda melihat dengan mata kepala anda sendiri. Ini juga berlaku untuk semua aspek baik itu pembelian burung maupun yang lain. biasanya para penjual akan memosting poto burung yang mereka jual di dalam sebuah forum jual beli. Jika anda tertarik, lakukan cod dan lihat sendiri burung yang dijual. Apabila pengetahuan anda dalam bidang burung sedikit, ajaklah teman yang sudah berpengalaman.

Semoga dengan langkah-langkah diatas menjadi opsi terbaik untuk anda memilihara burung berkicau dan memiliki burung yang gacor semoga artikel ini bermanfaat.

 

Cara Memilih Burung Bagi Pemula | Admin | 4.5