13+ Cara Merawat Burung Hantu Dengan Mudah dan Sehat

vitaminburung

13 Tips Merawat Burung Hantu Dengan Mudah dan Sehat

 cara merawat burung hantu… Burung hantu merupakan burung jenis karnivora yang tersebar di beberapa wilayah dunia termasuk Indonesia. Burung yang punya perawakan cukup sangar ini mampu menolehkan kepalanya hingga 180 drajat. Banyak masyarakat di Indonesia yang percaya bahwa burung ini memiliki kekuatan mistis atau jika burung ini terbang dan tampak oleh orang, maka itu sebuah pertanda. Memanglah burung hantu cukup misterius dengan matanya yang besar dan ia lebih suka muncul di malam hari. Tapi isu-isu mengenai burung hantu tersebut tentulah hanya sebuah cerita yang diceritakan dari mulut ke mulut yang tidak ada bukti konkrit kejelasan dan kebenarannya.

 Selain cara merawat burung hantu, Taukah anda  ??

Burung hantu ternyata juga bisa dijadikan sebagai burung peliharaan. Banyak orang yang juga hobi memelihara burung satu ini dan mungkin itu termasuk Anda. Jika Anda merawat burung hantu atau ingin mulai memelihara burung hantu, tentu haruslah tahu cara merawat burung hantu yang benar dan tepat supaya burung dapat sehat dan berstamina. Berikut 8 cara mudah merawat burung hantu yang bisa Anda lakukan.

  1. Gunakan Sangkar yang Luas

cara merawat burung hantu

sangkar burung hantu

Burung hantu termasuk jenis burung yang memiliki ukuran cukup besar. Walaupun terdapat beberapa jenis yang lebih kecil, tapi tetap masih lebih besar dari ukurang burung peliharaan biasanya seperti cucak, kacer, lovebird, dan lainnya. Untuk itu sediakanlah kandang yang cukup luas. Memang burung hantu adalah burung yang cukup pasif dalam bergerak. Mereka bergerak sesuai dengan keinginan hatinya saja. Tapi tetap kandang yang kecil akan mempengaruhi burung. Jangan sampai burung stress akibat kandang terlalu kecil yang akan menyebabkan burung tidak nafsu makan dan kemudian sakit.

  1. Perhatikan Lokasi Meletakkan Burung
cara merawat burung hantu

burung hantu keren

Cara merawat burung hantu berikutnya ialah dengan meletakkan burung hantu di tempat yang teduh. Burung hantu tidak seperti burung-burung peliharaan pada umumnya. Burung ini ialah burung malam dan tidak terlalu senang dengan cahaya matahari langsung. Jadi letakkan burung di tempat yang cukup teduh. Apabila malam hari, tidak perlu lampu untuk menerangi burung ini karena penglihatan mereka sudah cukup tajam dalam kegelapan.

  1. Pakan yang Baik dan Teratur
cara merawat burung hantu

anakan burung hantu

Pemberian pakan merupakan cara merawat burung hantu yang paling penting disamping yang lainnya. Burung hantu merupakan burung karnivora yang memerlukan makanan khusus tidak seperti burung peliharaan lainnya. Makanan yang diberikan tentulah harus sesuai dengan jenis burung hantu yang dipelihara.

  1. Jenis burung hantu celepuk bisa diberikan makan jangkrik, anak ayam (doc), atau anak burung puyuh (doq). Untuk doc dan doq biasanya hargayang mulai dari 1000 rupiah per ekor. Khusus untuk pemberian jangkrik jangan terlalu sering karena jangkrik memberikan efek panas terhadap burung.
  2. Burung hantu jenis barn owl bisa diberikan pakan doc atau doq. Bisa juga diberikan tikus kecil putih yang bisa didapatkan di toko reptile atau pakan hewan dengan harga mulai dari 1500 rupiah per ekor.
  3. Burung hantu jenis buffy fish owl bisa diberikan makanan ikan patina tau lele. Untuk ikan patin dan lele harganya susai yang ada di pasaran. Mulai dari 2000 rupiah per ekor. Bisa juga diberikan doc, doq, atau tikus kecil.
  4. Burung hantu jenis bubo bisa diberikan makanan burung pipit, tikus, doc, atau doq. Burung pipit Anda bisa menangkapnya sendiri atau membelinya dengan harga mulai dari 500 rupiah per ekor.

 

  1. Menjaga Kebersihan Burung dan Lingkungannya
cara merawat burung hantu

merawat burung hantu

Menjaga kebersihan burung dan lingkungannya juga sangat penting sebagai cara merawat burung hantu yang harus Anda lakukan. Anda harus rajin memandikan burung hantu Anda. Tidak perlu setiap hari untuk memandikan burung ini, cukup satu minggu sekali menggunakan semprotan burung saja. Memandikan burung hantu juga berguna untuk menjinakkan burung ini. Selain memandikan burung hantu, Anda juga harus rajin membersihkan kandang dan perlengkapan burung hantu. Kandang yang bersih tentu akan membuat burung nyaman dan terhindar dari penyakit.

  1. Menjinakkan Burung Hantu
cara merawat burung hantu

burung hantu jinak

Membuat burung hantu jinak dan percaya pada Anda sepenuhnya adalah hal yang harus Anda lakukan karena burung ini terkadang cukup agresif dan cukup berbahaya dengan paruhnya khas milik burung karnivora. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjinakkan burung hantu peliharaan Anda, sebagai berikut.

  1. Menjalin interaksi dengan burung hantu adalah salah satu cara merawat burung hantu untuk menjinakkannya. Anda bisa mengajaknya bersiul. Mengajaknya bertatap mata. Burung hantu memiliki pandangan yang fokus dan cukup tajam. Semakin sering Anda menatapnya maka semakin pula ia cepat mengenal anda.
  2. Biarkan burung hantu melihat Anda tidur. Dengan membiarkannya melihat Anda saat tidur, maka itu akan menimbulkan rasa percaya dari burung hantu bahwa Anda tidak memberikan ancaman padanya.
  3. Rajinlah memberinya latihan. Anda bisa melatihnya dengan siulan. Anda juga bisa melatihnya terbang bebas atau terbang di atas tangan anda. Semakin Anda sering berlatih bersamanya, maka semakin burung mengenal anda.
  4. Jangan terlalu sering ditaruh di kandang. Jika Anda memelihara burung hantu, cobalah sesekali untuk melepaskannya di tempat terbuka. Untuk mencegahnya terbang bebas, Anda bisa mengikat kakinya dengan tali demi keamanan burung hantu Anda.
  5. Biasakan memberikan makanan setelah beraktifitas tentu akan membuat burung mengenal Anda lebih dekat. Selain itu makanan yang Anda berikan bisa menjadi stimulus untuk burung supaya mau melakukan perintah yang Anda perintahkan.

 

  1. Memberi Nama Panggilan

Sejatinya cara merawat burung hantu yang satu ini tidak terlalu penting. Namun dengan Anda memberikan nama panggilan baginya, tentu akan membiasakan ia menoleh ketika nama itu disebut. Burung akan lebih paham dengan suara Anda dan nama panggilan yang Anda sebutkan sehingga ia tahu bahwa andalah yang memanggilnya.

  1. Perhatikan Asupan Gizi Burung

Jika Anda pecinta hewan peliharaan. Tentu Anda harus rajin memberikan mereka asupan nutrisi berupa vitamin dan antibiotic yang dapat menyehatkan dan menghindarkan mereka dari penyakit. Berikan makanan yang mengandung banyak vitamin C, B kompleks, dan E. Anda juga bisa membeli vitamin instan yang tersedia di toko-toko makanan hewan.

  1. Penanganan Kesehatan Fisik Burung

Cara merawat burung hantu yang terakhir ialah dengan merawat fisik burung. Cobalah untuk memotong kuku dan paruh burung secara teratur apabila dirasa cukup runcing dan panjang. Untuk paruh tidak perlu dipermasalahkan sebenarnya, namun untuk kuku cobalah potong secara tertaur dengan menggunakan pemotong kuku hewan. Berhati-hatilah memotong kuku karena sedikit susah membedakan kuku mati dan tidaknya. Selain itu, Anda juga perlu menyemprot burunghantu dengan insektisida yang dapat menghindarkan burung Anda dari parasit-parasit yang dapat merontokkan bulu.

Itulah beberapa cara merawat burung hantu yang bisa Anda lakukan. Burung hantu merupakan burung yang cukup tenang sehingga akan sangat susah membedakan dengan burung-burung peliharaan biasanya kapan mereka dalam keadaan sakit. Perwatan yang baik untuk burung tentu dapat membuat burung hantu nyaman dan sehat.

13+ Cara Merawat Burung Hantu Dengan Mudah dan Sehat | Admin | 4.5