Ini 7 Cara Merawat Cucak Ijo Mabung Sampai Gacor Kembali

vitaminburung

Jangan Khawatir, Ini 7 Cara Merawat Cucak Ijo Mabung Sampai Gacor Kembali

Merawat cucak ijo mabung … Cucak ijo merupakan salah satu jenis burung yang sudah familiar di kalangan para pecinta burung. Cucak ijo termasuk jenis burung cipoh. Banyak orang yang beranggapan bahwa cucak ijo satu kerabat dengan burung cucakan lain, seperti cucak rowo atau cucak jawa. Tapi sebenarnya itu semua salah karena mereka adalah burung yang berbeda. Cucak ijo merupakan burung dengan ukurang sedang berwarna hijau. Ada beberapa jenis cucak ijo dan biasanya jenisnya bergantung dari asal cucak ijo tersebut, seperti cucak ijo banyuwangi, cucak ijo Sumatra, dan lainnya.

Selain merawat cucak ijo mabung ,ternyata harga cucak ijo dipasaran begitu mahal

Kicauannya yang lantang dan sangat merdu membuat burung ini memiliki harga cukup mahal di pasaran, mulai dari Rp 700.000. Tentu butuh perawatan yang cukup ekstra untuk membuat burung ini tetap lincah dan rajin berkicau. Khususnya saat mabung cucak ijo juga memerlukan perawatan khusus supaya ia bisa kembali seperti sedia kala.

Istilah mabung memiliki makna dimana burung akan mengalami kerontokan bulu-bulu halus bahkan sampai kerontokan bulu besarnya. Hal ini terjadi sesuai siklus tahunan mabung burung. Hampir semua jenis burung mengalami proses mabung. Pada saat seperti ini burung akan cenderung mengalami penurunan kelincahaan dan cenderung untuk minim berkicau.

Selain karena siklus tahunan burung, mabung juga bisa disebabkan oleh tingkat stress yang dialami oleh si burung. Nah, berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan burung cucak ijo mabung akibat dari stres.

  1. Akibat Ketakutan

Ketakutan juga dapat menyebabkan burung cucak ijo mengalami stress, bahkan semua jenis hewan. Tentu cara merawat burung cucak ijo mabung yang benar ialah menghindarkan mereka dari gangguan predator atau binatang lain. jangan sampai burung cucak ijo terganggu dan takut oleh adanya tikus, kucing, bahkan ular dan binatang lainnya karena itu akan menyebabkan mereka stress dan menjadi mabung. Akibat terparahnya ialah terjadi kematian.

  1. Adanya Kicauan Burung Lain

Burung cucak ijo yang mendengarkan kicauan burung cucak ijo lainnya yang lebih lantang dank eras akan menjadi stress. Apalagi jika kicauannya belum mencapai level yang sama dengan burung tersebut. Hal tersebut akan menyebabkan burung cucak ijo menjadi mabung.

  1. Suhu dan Angin yang Masuk

Alasan kenapa burung cucak ijo yang terkena mabung juga disebabkan tempat peletakkannya. Suhu udara yang berubah-ubah serta angin hujan yang masuk ke kandang dapat membuat burung menjadi stress sehingga menyebabkan ia mabung tidak pada siklusnya.

  1. Pangan dan Gizi

Kekurangan gizi dan sterilisasi pangan dan air minum tentu berpengaruh juga pada kesehatan burung cucak ijo. Kesehatan akibat pangan dan gizi tersebut dapat mempengaruhi tingkat stress burung dan akan membawanya pada masa mabung tidak pada waktunya.

Itulah beberapa penyebab burung cucak ijo mabung tak pada waktunya akibat stress. Namun jangan khawatir, tak semua mabung terjadi akibat stress. Mabung pada siklusnya juga merupakan pertanda bahwa burung dalam keadaan normal. Tentu Anda harus bersiap-siap ketika burung cucak ijo tampak akan memasuki masa mabung. Nah, berikut ciri-ciri burung cucak ijo mabung.

  1. Bulu-bulunya terlihat acak-acakan, kurang rapi, dan tampak kucam
  2. Pada bagian ekor, bulunya tampak acak-acakan
  3. Burung akan lebih cenderung diam dan tidak lincah
  4. Tampak jelas bulu-bulu rontok
  5. Burung terlihat lemas dan kurang stamina

Apabila burung cucak ijo Anda sudah tampak berada dalam masa mabung. Janganlah bingung, dengan penangan yang tepat maka burung Anda akan kembali seperti semula baik bulunya dan gacornya.

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung Sampai Gacor Kembali

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung #1: Memperhatikan Kesehatan Burung

merawat cucak ijo mabung

kesehatan cucak ijo

Jika Anda merasa burung cucak ijo Anda sesuai dengan tanda-tandanya, maka cara yang pertama ialah dengan memperhatikan kesehatannya. Lihatlah secara teliti kesehatan cucak ijo anda. Ketika burung mengalami masa mabung, maka mereka akan lebih mudah terserang oleh penyakit. Berilah mereka multivitamin agar memiliki daya tahan tubuh yang baik saat masa mabung tiba.

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung #2: Memperhatikan Lokasi Penempatan Burung

merawat cucak ijo mabung

penempatan cucak ijo

Masa mabung merupakan masa yang cukup sensitif bagi seekor burung. Cara yang kedua ialah dengan memperhatikan lokasi penempatan burung. Karena kesensitifan tersebut, ada baiknya burung cucak ijo diisolasi keberadaannya dari lingkungan luar. Hindarkan mereka dari tempat yang dapat menyebabkan mereka bertemu dengan binatang lain, seperti tikus, kucing, dan lainnya.

Silahkan sesekali menaruh mereka atau menjemur di luar ruangan tapi tetap jangan terlalu lama dan sering. Karena pada masa ini burung akan lebih cepat terserang penyakit. Gunakanlah kerodong sangkar untuk menjaga burung dari masuknya angin berlebih, suhu, dan binatang yang dapat meningkatkan tingkat stres burung.

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung #3: Memperhatikan Memandikan Burung

merawat cucak ijo mabung

memandikan burung cucak ijo

Cara selanjutnya ialah dengan memperhatikan pemandiannya. Silahkan Anda memandikan burung cucak ijo anda. Namun, jangan terlalu sering karena dijkhawatirkan burung akan terserang penyakit. Cukup mandikan seminggu sekali untuk menjaganya tetap dalam keadaan bersih dari bakteri dan kuman.

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung #4: Memperhatikan Nutrisi Pakannya

merawat cucak ijo mabung

nutrisi cucak ijo

Untuk burung dalam masa ini, Anda harus memperhatikan pakan dan nutrisi tambahan yang harus diberikan pada burung. Berikan mereka pakan sehari-hari secara teratur dan jangan sampai kehabisan. Berikan juga mereka ekstrak fooding berupa kroto, jangkrik, atau cacing. Serta jangan lupa memberikan makanan bervitamin seperti buah-buahan pisang, papaya, dan lainnya. Selain itu, seringlah ganti air minum dan pastikan bahwa itu steril.

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung #5: Memperhatikan Kebersihan Kandang

merawat cucak ijo mabung

kebersihan kandang cucak ijo

Cara selanjutnya ialah dengan memperhatikan kebersihan kandangnya. Bersihkan secara rutin kotoran burung karena dikhawatirkan dapat menyebabkan burung terserang penyakit. Semprotlah kandang sesekali dengan insektisida untuk lebih menjaganya dari bakteri yang dapat menyebabkan burung cucak ijo sakit saat mabung.

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung #6: Mempertemukan Burung dengan Cucak Ijo lain

Selajutnya, cara merawat cucak ijo yang terkena mabung ialah dengan mempertemukannya dengan burung cucak ijo yang lain. tapi ingat, lakukan ini secara bertahap agar burung tidak bertambah stress akibat mendengar atau melihat burung sejenisnya yang lain. karena burung ini adalah burung dengan tipe individu. Jadi Anda harus berhati-hati sebab jika salah maka akan dapat membuatnya stress. Maksud dari proses ini ialah untuk menjaga mental burung tetap ada.

Cara Merawat Cucak Ijo Mabung #7: Tetap Memasteri Burung

Untuk menjaga burung tetap kembali gacor ketika melewati masa mabung ialah dengan memasteri burung cucak ijo. Cara ini haruslah rutin. Tidak masalah Anda memasteri burung cucak ijo dalam keadaan mabung karena malah tetap akan melatihnya bukan membuatnya stress. Tutuplah dulu burung cucak ijo dengan kerodong dan berikan mereka masteran untuk melatih gacor mereka.

Itulah beberapa faktor, tanda, dan cara merawat cucak ijo mabung yang bisa Anda lakukan. Diperlukan kesabaran dan kehati-hatian dalam merawat burung dalam masa mabung karena burung begitu sensitive dengan keadaan sekitar. Jangan sampai salah tindakan dan malah membuat burung stress berat dan mati. Lakukanlah langkah-langkah diatas dengan benar dan Anda akan mendapatkan burung cucak ijo Anda kembali gacor ketika selesai masa mabung.

Ini 7 Cara Merawat Cucak Ijo Mabung Sampai Gacor Kembali | Admin | 4.5