Cara Ternak dan Penangkaran Murai Batu Medan untuk Pemula Hingga Sukses

vitaminburung

Panduan Cara Ternak dan Penangkaran Murai Batu Medan untuk Pemula Hingga Sukses Panen!

penangkaran murai batu medan.. Bagi para pecinta burung kicau, sudah pasti kenal dengan murai batu. Mesti terlihat mungil, burung murai batu dihargai mahal di pasaran. Jenis yang paling mahal adalah Murai Batu Medan. Suara dan pola ekor murai batu Medan yang khas membuatnya diminati banyak orang.

Saat ini tidak banyak penangkaran murai batu medan yang ada di Indonesia khususnya jenis murai batu Medan. Ini menjadi peluang atau kesempatan emas bagi Anda jika ingin memulai usaha penangkaran murai batu medan sendiri di rumah Anda.

Bagi Anda yang masih pemula, setidaknya ada 11 jenis murai batu yang ada di pasaran. Mulai dari murai batu aceh, lahat, hingga murai batu nias. Jika Anda masih belum bisa mengenali yang mana murai batu Medan itu, saya sarankan untuk membaca artikel mengenai ciri-ciri murai batu Medan. Disitu sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara mengenali ciri-ciri murai batu Medan asli hingga cara menjinakkannya.

Langkah-langkah Penangkaran Murai Batu Medan Lengkap

Jika sudah mengerti cara mengenalinya, barulah sekarang Anda bisa mulai memahami bagaimana cara ternak murai Batu Medan yang terbukti sukses menghasilkan murai batu anakan yang bisa dihargai mahal. Berikut enam tahapan cara ternak murai Batu dari nol.

Cara Ternak Murai Batu Medan #1 : Persiapkan lokasinya

penangkaran murai batu medan

lokasi murai batu

Lokasi penangkaran murai batu harus disiapkan pertama kali karena ini faktor paling penting. Lokasi yang salah bisa berakibat fatal terhadap kenyamanan dan kesehatan murai Batu Anda nantinya. Usahakan cari lokasi yang sekiranya tenang dan nyaman. Jauh dari kebisingan seperti pasar dan bengkel. Pastikan juga, lokasinya jauh dari binatang liar.

Sangkar murai batu untuk awal-awal bisa berada di sekitar rumah saja. Bisa di depan, samping atau belakang rumah. Kalau bisa, Anda langsung saja membuat penangkaran murai batu dengan ukuran agak besar. Meski sedikit mahal diawal, investasi ini ternyata lebih hemat untuk jangka panjang. Terutama, murai batu bakalan dan indukan juga akan jauh lebih sehat.

Cara Ternak Murai Batu Medan #2 : Pembuatan Kandang atau Sangkar

penangkaran murai batu medan

pembutan kandang murai batu

Kalau ini bisa Anda sesuaikan selera dan kondisi lokasi Anda Yang penting tempatnya luas agar tidak terlalu membatasi pergerakan burung murai batu. Ukuran paling minimal yang harus Anda siapkan itu 90 x 90 x 180 cm. Tempatkan di ruang terbuka untuk dapat sinar matahari langsung. Jauhkan dari angin langsung yang bisa membuat burung tidak nyaman. Pastikan untuk membuat tempat air untuk minum senyaman mungkin dan juga bersih.

Sediakan juga tempat khusus didalam sangkar untuk meletakkan telur-telur murai batu. Ini penting saat pengeraman nanti. Supaya momongan Anda tidak bingung cari tempat bertelur, siapkan minimal 3 tempat berbeda.

Penerangan di penangkaran juga sangat penting. Satu buah Lampu 5-10 watt juga sudah cukup untuk skala awal. Selain untuk penerangan, lampu juga berfungsi untuk menghangatkan udara di dalam penangkaran murai batu medan  Anda. Jadi mereka tidak kedinginan saat malam hari dan ada hujan.

Cara Ternak Murai Batu Medan #3 : Persiapkan Indukan

penangkaran murai batu medan

indukan murai batu

Lokasi siap, kandang sudah dibangun, baru pilih indukan. Jangan terbalik. Pilih indukan yang sudah pengalaman dalam melahirkan sebelumnya. Tidak harus mahal. Jika tidak ada, minimal pilih yang bagus kualitasnya. Cara memilih mana murai batu medan yang bagus bisa melihat artikel tentang mengenali murai batu Medan yang asli.

Untuk awal-awal saat Anda belum ada pengalaman bagaimana cara ternak murai Batu Medan, pilih saja sebisa Anda. Saran saya, cari yang sudah jinak. Karena lebih mudah dalam penangkarannya nanti. Jangan pilih yang dari hutan, yang masih giras dan liar. Meski bisa Anda jinakkan dengan tiga metode ampuh menjinakkan murai Batu Medan ini, tapi pasti akan butuh waktu tambahan. Jika Anda pemula, saya sarankan cari yang jinak saja.

Jika sudah mahir baru pilih yang liar. Untuk dapat pengalaman baru menjinakkan murai batu tangkapan hutan. Jika tidak bisa memlih indukan yang bagus, bisa ambil dari punya penangkaran lain. Solusi paling aman daripada Anda memilih sendiri. meski butuh dana lebih besar, tapi Anda bisa lebih mudah dan cepat menangkarnya.

Jangan lupa untuk pilih indukan jantan yang berumur diatas 2 tahun karena dinilai sudah berpengalaman dan lebih jinak. Pastikan juga cari yang tidak cacat di bagian tubuh manapun itu, untuk menghindari murai batu anakan yang tidak sehat nantinya. Untuk indukan betina, cari yang berumur minimal 1 tahun. Tanda indukan betina sudah berpengalaman adalah terlihat sehat dan lincah.

Cara Ternak Murai Batu Medan #4 : Persiapkan Pakan

Pakan alami seperti jangkrik, ulat hongkong, cacing dan kroto jelas jadi pilihan utama. Apalagi jika Anda baru mulai kenal dengan murai batu.

Pastikan untuk memenuhi seluruh nafsu makannya. Jika bisa, siapkan jangan hanya satu jenis pakan. 2-3 pakan alami bisa membuat murai batu Anda lebih nyaman dan sehat.

Jika perlu, vitamin dan antibiotik juga Anda siapkan untuk berjaga-jaga. Pakan tambahan seperti voer juga harus ada agar bisa meningkatkan birahinya dan akhirnya mempercepat proses perkawinan.

Cara Ternak Murai Batu Medan #5 : Saatnya Penjodohan dan Perkawinan

penangkaran murai batu medan

perkawinan murai batu

Disini titik kritis penangkaran murai batu itu dibilang sukses atau tidak. Banyak para peternak murai batu yang susah menjodohkan pasangan murai batu yang mereka miliki. Tidak sedikit juga yang akhirnya gagal. Pasangannya berakhir tragis dan saling membunuh.

Sebenarnya cara menangkar burung apapun, sama saja prinsipnya. Jika Anda tahu prinsipnya, menangkar burung apapun akan lebih mudah. Pernah saya jelaskan di artikel mengenai panduan sukses cara ternak burung kenari.

Lho kok kenari? Iya itu prinsipnya. Meski berbeda jenis, tahapannya juga sama saja.

Pertama, awal perawatan pisahkan dulu betina dan jantan. Rawat hingga tanda-tanda birahi keduanya muncul. Tandanya juga hampir sama, mereka jadi giras dan lebih lincah.

Jika sudah naik birahi, baru masuk ke tahap kedua, penjodohan. Caranya, cukup dekatkan saja. Jangan dimasukkan jadi satu sangkar dulu. Iya kalau jodoh, alhamdulillah. Jika tidak jodoh, bisa-bisa berantem nanti. Dekatkan saja sangkarnya. Jika mereka saling menyuapi makanan dan jantan terlihat lebih giras dan menabrak-nabrak jeruji itu berarti keduanya sudah berjodoh.

Baru masuk tahap ketiga, perkawinan. Keduanya jadikan dalam satu sangkar. Ambil pejantan Anda dan masukkan ke sangkar betina. Biarkan selama beberapa hari dan pastikan untuk pantau terus kondisi pasangan Anda ini. Betina perawan bisa jadi terlihat malu dan menghindar saat didekati. Ini membuat jantan marah dan bisa membunuh sang betina. Jadi pastikan pantau terus kondisi saat memasuki tahap ini.

Jika terlihat sudah selesai kawin, tahap pengeraman berjalan. betina akan bertelur dan mengeraminya selama kurang lebih 2 mingguan. Setelah telur sudah menetas, Anda lihat indukan Anda bisa merawat anakan itu atau tidak. Jika tidak, pisahkan langsung. Betina yang nakal bisa membunuh anakannya sendiri jika Anda tidak waspada.

Cara Ternak Murai Batu Medan #6 : Perawatan Anakan Hingga Panen

penangkaran murai batu medan

anakan murai batu medan

Untuk indukan pasca bertelur, pakan bergizi bisa Anda siapkan dengan mencampurkan kroto dan jangkrik. Untuk anakannya jika dirawat sendiri, pastikan hanya memberi pakan campuran yang lembut-lembut saja, seperti kroto, voer atau campuran keduanya. Rawat sekitar 7 hari dengan pemberian pakan yang telah dijadwal teratur. Pastikan juga tempat anakan lebih hangat dengan menambah beberapa lampu didalamnya. Jadi semacam inkubator.

Jika anakan dirawat sendiri, indukan betina bisa Anda jodohkan lagi untuk mendapatkan anakan baru. Itu keuntungannya. Kerugiannya, Anda harus mau lebih repot dalam mengurus keduanya. indukan sendiri dan anakan sendiri. Apalagi anakannya, harus super telaten dan sabar. Murai Batu Anakan baru bisa dipanen setelah berumur 2 bulan saat sudah bisa makan jangkrik sendiri.

 

Itulah sedikit gambaran mengenai bagaimana cara ternak murai batu Medan yang sukses dan benar. Penangkaran murai batu bisa Anda mulai skala kecil saja untuk mendapatkan pengalaman dan kepercayaan diri.

Permintaan pasar akan burung murai batu sangat besar. Seorang penangkar murai batu yang bernama Pak Pri yang mempunyai murai batu jawara mendapatkan banyak pemesan dari pulau Madura. Selain itu, permintaan juga berasal dari Palembang, Balikpapan dan Lampung serta kota di Jawa Timur. Kisaran harga murai batu juga tidak main-main. Kunci utama dalam meraih sukses dalam memulai usaha penangkaran murai batu medan adalah sabar, telaten dan memahami kondisi momongan Anda. Jadi, sudah siap menangkar murai batu medan di rumah Anda

Cara Ternak dan Penangkaran Murai Batu Medan untuk Pemula Hingga Sukses | Admin | 4.5