9 Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli dan Bagaimana Cara Menjinakkannya

vitaminburung

Kenali 9 Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli dan Bagaimana Cara Menjinakkannya Kurang dari 7 Hari

Murai batu medan… Burung murai batu terkenal karena kicauannya yang merdu dan suaranya yang khas. Di Negara ASEAN, burang murai batu tersebar cukup merata. Disetiap negara, punya ciri khasnya sendiri-sendiri. Beberapa jenis murai dari daerah Indonesia juga punya ciri khasnya tersendiri.

Pengelompokan jenis murai batu dibedakan beradasarkan asalnya. Misalnya, murai batu Medan, Lampung, Jambi, Balikpapan, Nias dan Aceh. Setidaknya ada 11 jenis murai batu yang terkenal dan sering diperjualbelikan di pasaran.

Murai batu medan dan mengenali keseluruh jenis murai batu?

Gampang saja.

Cara paling mudah membedakannya adalah dari ekornya.

Ekor Murai batu dari setiap daerah punya warna dan pola masing-masing. Misalnya saja, murai batu Medan terbagi menjadi dua warna putih dan hitam. Polanya melengkung belah dua ditengah yang berarti dua pola yang sama antara kiri dan kanan. warna. Contoh lain ekor murai batu Nias itu hanya satu warna yakni hitam. Dan polanya penuh merata ke seluruh ekor. Untuk lebih jelas mengenali bagaimana pola ekor murai batu di beberapa daerah, Anda bisa melihat gambar dibawah.

Selain warna dan polanya, Anda juga bisa membedakan berbagai jenis murai batu dari jumlah bulu ekor, bentuk dan panjang ekor murai. Misalnya panjang ekor murai batu Medan adalah yang terpanjang sekitar 27-35 cm dan yang terpendek berasal dari Nias dan Kalimantan, hanya sekitar 9-17 cm saja. Meski lebih sulit, intinya Anda bisa belajar bagaimana cara mengenali jenis murai batu hanya dari ekornya.

Nah, sekarang mana jenis murai batu yang paling populer, terkenal dan dihargai mahal?

Jawabanya, murai batu Medan. Burung murai batu yang berasal dari Medan terkenal dengan bentuknya yang indah, mungil dan berekor panjang. Bentuk yang sungguh memanjakan mata para pecinta burung. Tidak hanya itu, murai batu Medan juga termasuk suka berkicau gacor panjang dan khas. Sering juga diadakan kontes yang berisikan murai batu yang telah disiapkan oleh para pemiliknya.

Harga seekor murai batu Medan juga tak main-main. Bisa dibilang termasuk dalam 5 burung kicau termahal di Indonesia. Jadi tidak jarang banyak yang mencari informasi bagaimana cara ternak murai batu Medan. Jika Anda juga tertarik mempelajarinya, Anda bisa melihat artikel tentang panduan cara ternak murai batu Medan dan penangkarannya hingga sukses panen.

Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli Kualitas Super

Bagi Anda yang mulai tertarik dengan murai batu Medan, ada beberapa cara mengenali ciri ciri murai Batu Medan asli berkualitas super. Karena tidak sedikit yang tertipu dan salah memilih murai batu bakalan yang ingin dirawat. Berikut 9 ciri ciri murai batu Medan kualitas super.

  1. Matanya

Murai batu Medan kualitas super bermental juara punya mata bundar dengan pandangan tajam karena terlihat galak dan agresif.

  1. Paruhnya

Bentuk pangkal paruh murai batu Medan berkualitas harus lebar, lurus dan panjang. Ini penting karena berhubungan dengan kebiasaan gacor panjang dan suara kicauannya.

  1. Lehernya

Murai batu Medan yang sering gacor panjang tanpa putus-putus juga bisa didapat dari bentuk leher panjang. Dan juga saat dia berdiri terlihat tegak dan indah.

  1. Bentuknya

Usahakan pilih murai batu yang berukuran besar dan panjang agar terlihat garang nantinya saat sudah berada dalam lomba.

  1. Warna kaki

Sebenarnya tidak ada kaitannya dengan kualitas murai batu. Tapi ada beberapa oran yakin jika warna kaki coklat hingga merah kehitaman lebih memiliki mental juara.

  1. Sayapnya

Pastikan untuk memilih murai batu bakalan yang punya sayap yang rapat dan tidak longgar atau renggang. Sayap yang rapat itu tanda kualitas murai batu Medan bagus.

  1. Ekor
murai batu medan

jenis ekor murai batu

Ekor murai batu Medan harus panjang. Jadi Anda selalu pilih yang paling panjang. Murai batu berekor panjang biasanya lebih suka gacor dan keluar isi daleman saat lomba. Jika bisa, pastikan pilih yang dapat mengangkat ekor hingga kepala. Motif ekor terlihat jelas dan presisi menyerupai huruf U dengan warna putih bersih dan berkilau.

  1. Gerakannya

Jangan pilih bakalan murai batu Medan yang hanya diam dan terlihat kalem saat berada di sangkarnya. Murai batu jawara selalu terlihat lincah, terbang kesana kemari.

  1. Suaranya

Pilih selalu bakalan murai batu Medan yang punya suara gacor penuh. Gacor terus, panjang panjang tanpa putus. Itu tanda bakalan yang paling bagus dan berpeluang jadi jawara.

 

Jika Anda masih merasa bingung dan kurang percaya dalam memilih mana yang bagus menurut ciri ciri murai batu Medan diatas, Anda bisa datang ke penangkaran murai batu yang terdekat di daerah Anda.

Beli langsung di penangkaran bisa jadi lebih mudah. Karena tidak perlu memilih yang terlalu banyak. Sebagian besar bakalan pasti berkualitas bagus.

Tapi kelemahannya Anda harus keluar biaya lebih mahal. Jadi, terserah Anda mau milih beli dan memilih sendiri, atau beli di penangkaran murai batu Medan terdekat.

Cara Menjinakkan Murai Batu Medan Agar Bisa Cepat Ikut Kontes

Tahap selanjutnya adalah penjinakkan. Agar Anda bisa cepat mengikutsertakan murai batu Anda ke dalam sebuah kontes atau lomba, Anda harus menjinakkannya. Anda juga harus belajar bagaimana cara menjinakkan dan merawatnya.

Susah susah gampang memang menjinakkan murai batu Medan.

Teknik ini akan jadi lebih wajib, jika Anda bertujuan ingin memulai ternak murai batu dan sedang mencari cara ternak muri batu yang efektif.

Perawatan murai batu muda yang paling susah jika didapat dari hutan langsung. Murai batu Medan dari tangkapan hutan, jelas sangat liar dan giras. Jika Anda tidak cepat-cepat menjinakkannya, bisa-bisa murai batu Anda bisa stres dan akhirnya mati.

Dan sebaliknya, seni mencetak burung murai batu juara dari nol adalah tingkatan tertinggi semua pecinta burung. Ada kebanggaan dan kepuasan tersendiri saat Anda bisa mencapainya daripada hanya sekedar take-over burung jawara.

Inti penting dalam persiapan lomba adalah disiplin dan telaten.

Ada tiga metode praktis yang terbukti ampuh untuk menjinakkan murai batu Medan bakalan bahkan yang berasal dari hutan sekalipun.

Cara Menjinakkan Murai Batu #1 : Menggantung di tempat ramai

murai batu medan

cara mengantung murai

Agar cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, angkat dan gantung sangkar Anda setinggi bahu manusia. Tidak semua bisa cepat terbiasa. Tiap burung punya karakter yang berbeda. Ada yang bisa langsung terbiasa. Ada yang menabrak-nabrak dulu baru bisa terbiasa. Ada yang justru tidak pernah terbiasa, dan akhirnya stres.

Anda juga bisa meletakkan sangkar diatas lantai saja. Pertama kali burung pasti loncat-loncat. Itu hal wajar, biarkan saja. Jika sudah 1-2 minggu, pasti bisa jinak. Jika sukses, 2 bulan momongan Anda suka bisa naik kontes. Ingat, jika momongan Anda terus menabrak-nabrak dan terlihat stres berarti metode ini tidak sukses.

Cara Menjinakkan Murai Batu #2 : Memandikan Hingga Basah Semua

murai batu medan

cara memandikan murai

Jika burung terus menjadi liar saat digantung, Anda bisa memandikannya dulu sampai basah. Pastikan juga untuk melatihnya mandi di keramba hingga terbiasa mandi sendiri. Untuk awal-awal, semprot saja. Lakukan terus setiap hari agar cepat jinak.

Cara Menjinakkan Murai Batu #3 : Buat Burung Kelaparan di Pagi Hari

murai batu medan

murai batu kelaparan di pagi hari

Caranya, jangan beri makan saat malam hari. Dan saat pagi hari, baru berikan satu demi satu jangkrik dengan lidi. Lakukan terus dan tunggu tidak sampai 7 hari biasanya sudah jinak. Intinya adalah buat burung Anda merasa ketergantungan dengan kita dan terpaksa menerima kita sebagai pemiliknya.

Secara umum, cara menjinakkan murai batu medan bisa Anda lakukan dengan beberapa saran cara berikut ini. Saran ini juga bisa diartikan sebagai cara merawat murai batu Medan bakalan Anda agar lebih sehat dan cepat ikut lomba.

  1. Tempatkan murai batu Anda di ruang tempat Anda dan keluarga sering berkumpul. Tujuannya biar terbiasa dengan kerumunan manusia.
  2. Biasakan memberi jangkrik saat lewat didekat sangkar. Agar merasa butuh saat Anda lewat. Dan tidak takut lagi. Dan malah meminta.
  3. Memberikan nama kepada burung bisa jadi cara ampuh untuk menjinakkannya. Tidak harus nama, isyarat seperti sapaan, siulan saja bisa. Lama kelamaan dia pasti juga akan merespons maksud Anda.
  4. Carikan pasangannya. Jika masih saja belum jinak, bisa jadi murai batu Anda tidak ingin sendiri. Coba belikan satu betina yang sudah jinak. Sebagian kasus, murai batu apalagi pejantan akan langsung jinak jika melihat betina yang sudah jinak di tangan Anda.
  5. Jinakkan dengan menempatkan didekat dengan suasana sejuk dan banyak pohon. Mentalnya bisa lebih positif ketika melihat suasana alam seperti ini. Apalagi jika masih bakalan. Stres bisa hilang dan lebih tenang.

Inti dari semua penjinakkan ini adalah bagaimana cara Anda membuat murai batu Anda merasa nyaman dengan kehadiran Anda sebagai manusia. Tentunya, pastikan untuk selalu tidak membuatnya stres dengan memaksakan keinginan Anda. perawatan murai batu dengan kasih sayang, justru akan membuatnya lebih mudah jinak.

Anda juga harus paham bagaimana ciri ciri murai batu Medan Anda sendiri, bagaimana karakternya dan bagaimana cara dia merespon keinginannya. Anda harus kenal dan lebih dekat dengannya. Saya sangat yakin, burung murai batu Anda akan jinak maksimal 2 bulan dengan perlakuan tersebut. Tidak percaya? Coba dan buktikan sendiri!

9 Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli dan Bagaimana Cara Menjinakkannya | Admin | 4.5