Harga Burung Mantenan (Sepah) Terbaru Maret 2017

mantenan, sepah, burung mantenan, burung sepah, gambar mantenan, gambar sepah, gambar burung mantenan, gambar burung sepah, harga burung mantenan, harga burung sepah

via: https://www.flickr.com/photos/26931849@N04

Harga Burung Mantenan || Burung mantenan menjadi salah satu burung kicau yang menarik perhatian bagi penghobi burung kicau di Indonesia. Nama mantenan merupakan nama sebutan yang sangat populer di Jawa, sehingga burung ini namanya adalah burung mantenan. Burung mantenan juga di beberapa daerah disebut burung sepah atau juga sepah hutan, burung ini banyak yang diekploitasi di negeri ini.

Burung mantenan bernama ilmiah Pericrocotus Flammeus, dan burung ini tergabung dalam keluarga Campepaghidae. dari genus Pericrocotus. Burung mantenan sebenarnya sangat beragam, dan ada 13 spesies burung mantenan yang populer. Burung mantenan ukuran tubuhnya skeitar 15 cm, secara umum burung ini berwarna merah pada dan hitam.

Burung mantenan warnanya beragam berdasarkan jenisnya, secara umum burung burung mantenan jantan warna bulunya lebih tegas dan terang, terutama pada punggung dan sayap didominasi warna hitam dan warna merah padam pada bagian bawah dan di selah-selah sayapnya, sedangkan mantenan betina bulu terdapat warna abu-abu di bagian kepala hingga punggungnya.

Untuk membedakan burung mantenan jantan dan betina juga bisa diidentifikasi dengan mendengarkan suara kicauannya. Mantenan jantan biasanya lebih aktif berkicau, kicauannya lebih lantang, dan memiliki lagu yang bervariasi Sdangkan mantenan betina tidak sering berkicau, kicauannya monoton, dan kurang tegas dalam bersuara.

Burung mantenan penyebarannya luas sekali, mulai dari semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatra. Burung ini paling banyak menetap di Sumatra, menghuni hutan-hutan mangrove dan hutan-hutan dengan ketiggian 200 meter dari atas permukaan laut.

Adapun jenis-jenis burung mantenan yang paling dikenal oleh sebagian besar kicaumania adalah mantenan gunung, mantenan rimba, mantenan padang, mantenan kecil, mantenan dagu kelabu, dan mantenan tulin. Masing-masing jenis burung mantenan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda, baik dari segi warna, postur, maupun kicauannya.

Burung mantenan warna bulunya sangat elegan, selain itu burung ini kicauannya juga bagus. Jadi, burung ini sangat cocok sebagai burung peliharaan di rumah, dan suaranya pantas untuk dijadikan suara masteran untuk diperdengarkan pada burung kicau petarung yang dididik untuk dilombakan atau sekedar sebagai burung kicauan yang pandai dalam berkicau.

Memelihara burung mantenan dianggak tidak terlalu sukar oleh sebagian besar penghobi burung kicau ini, karena burung ini adalah bukun pemakan serangga yang tipenya tidak begitu manja Burung mantenan sangat doyan memakan jangkrik dan ulat-ulatan, bisa juga dilatih dengan voer, dengan cara diajari, atau lebih bagus bila memelihara burung mantenan sejak masih anakan. Burung mantenan bukan burung yang memakan buah-buahan, jadi jangan diberi buah.

Burung mantenan ketika di alam bebas, burung ini hidup secara berkoloni atau berkelompok, burung ini musim kawinnya pada bulan mei hingga juni. Setiap kali berhasil menetaskan telur, 2-3 butir telur keluar, dan telur biasanya berwarna biru dan terdapat bintik-bintik merahnya.

Setelah melihat penjelasan seputar hidup burung mantenan di atas, maka burung ini bisa menjadi pilihan yang cukup tepat buat sobat yang ingin memiliki dan memelihara burung ini di rumah. Harganya  tak terlalu mahal, dan tentu berdasarkan pada faktor usia dan kemampuan dalam bersuara. Semakin rajin bersuara dan semakin bagus suaranya, maka bernilai mahal. Bagi sobat yang belum tahu kisaran harganya, maka berikut daftar harga burung mantenan yang beredar.

Harga Burung Mantenan:

Burung Mantenan Harga
Harga Burung Mantenan Anakan Rp. 70.000
Harga Burung Mantenan Dewasa Rp. 150.000
Harga Burung Mantenan Ngeriwik Rp. 200.000
Harga Burung Mantenan Gacor Rp. 300.000

Nah, itulah penjelasan seputar burung mantenan lengkap dengan kisaran harganya yang kami dapati dari berbagai media terupdate dan terpercaya. Memang harga burung kicau berbeda-beda di setiap wilayah, dan harga pun bisa berubah suatu waktu karena faktor tertentu. Jadi, jadikan daftar harga di atas sebagai referensi untuk menyesuaikan finansial dengan harga burung agar tidak terlampau ekstrim selisihnya.

Harga Burung Mantenan (Sepah) Terbaru Maret 2017 | Admin | 4.5