Harga Burung Sikatan (Kipasan) Terbaru Maret 2017

sikatan, kapasan, kipasan, burung sikatan, burung kipasan, burung kapasan, gambar sikatan, gambar kapasan, gambar kipasan, gambar burung sikatan, gambar burung kipasan, gambar burung kapasan, harga burung sikatan, harga burung kapasan, harga burung kipasan

via: www.hbw.com

Harga Burung Sikatan || Apakah anda mengenal burung sikatan? bagi sobat yang belum mengetahuinya, silahkan simak pembahasan kali ini seputar burung sikatan. Burung sikatan memiliki beragam sebutan, banyak yang menyebutnya burung kapasan, burung kipasan, burung srikatan, dan lain sebagainya. Beragam nama tersebut menjadi bukti bahwa burung sikatan cukup populer di negeri ini.

Burung sikatan dalam bahasa latin disbeut Rhipidura, dan di Indonesia burung sikatan menyebar luas mulai dari pulau Sumatra hingga papua, dulu populasinya cukup merata di negeri ini. Namun kini, burung ini keberadaan mulai berkurang. Burung sikatan di Indonesia paling banyak ditemukan di pulau Jawa, disebut dengan nama ilmiah yaitu Rhipidura Javanica. Burung ini masuk dalam keluarga Rhipiduridae, genus Rhipidura.

Burung sikatan postur tubuhnya berukuran cukup mungil, yaitu sekitar 12-21 cm, di dunia, burung ini paling banyak ditemukan di Asia Tenggara hingga Australia. Burung sikatan terkenal sebagai burung kicauan yang gemar berkicau di pagi hari sembari bertengger atau melompat-lompat di ranting pepohonan. Ketika berkicau, burung sikatan terkenal dengan gerakan tubuhnya ke kiri dan ke kanan. Hal ini menjadi sebuah pertanda bahwa burung sikatan adalah burung yang aktif, lincah, dan periang.

Suara burung sikatan yang merdu, jelas, dan tajam sering kali digunakan untuk masteran burung murai batu, kacer, dan cucak ijo. Ekor burung sikatan akan nampak mekar dan bergerak ketika burung ini berbunyi, nampak sangat menarik. Burung sikatan sebagian besar warna tubuhnya adalah coklat, dan terdapat warna putih di bagian lehernya. Burung ini sangat senang memakan serangga, bahkan karena kelincahan burung sikatan saat melihat adanya serangga yang terbang, maka burung ini akan sigap untuk menyantapnya.

Mengapa ada daerah tertentu yang menyebut burung sikatan sebagai burung kipasan, bisa jadi adalah karena ekor burung sikatan yang panjang dan lebar seperti kipas. Gayanya yang asyik ketika berkicau serta terdapat ekor yang mekar seperti kipas, ini menjadi sebuah keunikan tersendiri yang dimiliki burung kipasan dan menjadi daya tarik bagi sebagian besar kicaumania di negeri ini. Di sisi lain, burung sikatan merupakan burung yang senang dan pandai dalam berkicau.

Burung sikatan terkenal bersifat agresif dan lincah, hal ini sangat nampak ketika ada burung kicau lain yang datang memasuki daerah teritorialnya, maka secara sigap segerombolan burung sikatan akan mengusirnya. Burung sikatan ketika membuat sarang akan bekerja sama sikatan jantan dengan betina, dan sarang burung ini kecil seuukuran cangkir yang terbuat dari rerumputan yang kering dan lembut.

Di alam bebas, burung sikatan terbiasa memakan serangga kecil, dan ketika dipelihara burung ini juga doyan pakan buatan atau voer, namun perlu juga memberikan pakan alami seperti: kroto dan jangkrik kecil. Dulu burung sikatan sering kali berkeliaran di lingkungan penduduk, di pepohonan belakang rumah, di area perkebunan, dan lain-lain, namun kini keberadaannya sudah agak langka, dan burung ini sekarang lebih banyak memilih tinggal di area hutan karena dirasa lebih aman dan nyaman.

Burung sikatan sangat pantas bila dipilih untuk dipelihara di rumah, mengingat burung ini memiliki suara yang sangat indah serta penampilan atau gaya yang memukau ketika berbunyi. Selain itu, harga burung sikatan terbilang sangat murah dan terjangkau. Mungkin anda tertarik dengan burung sikatan dan ingin membelinya di pasaran, maka silahkan terlebih dahulu melihat kisaran harganya sebagai bahan referensi.

Harga Burung Sikatan:

Burung Sikatan Harga
Harga Burung Sikatan Dewasa Hutan Rp. 40.000
Harga Burung Sikatan Gunung Rp. 40.000
Harga Burung Sikatan Gunung Sudah Jadi Rp. 100.000 – Rp. 200.000
Harga Burung Sikatan Trotolan Rp. 50.000

Demikian pembahasan kali ini seputar burung sikatan yang istimewa, tidak hanya memiliki suara yang mumpuni, tetapi juga memiliki gaya yang sangat unik dan berkarakter. Sangat tepat bila anda tertarik untuk merawat burung sikatan di rumah anda. Semoga daftar harga burung sikatan di atas bisa menjadi referensi yang tepat buat sobat yang akan membelinya di pasaran.

Harga Burung Sikatan (Kipasan) Terbaru Maret 2017 | Admin | 4.5