Harga Kenari Terbaru Maret 2017

burung kenari, kenari, gambar kenari, gambar burung kenari

Harga Kenari via: merapicanarybreeder.blogspot.com

Harga Kenari || Burung kenari merupakan salah satu jenis burung kicauan yang paling diminati di dataran nusantara ini. Penggemar burung ini sangatlah banyak, tak jauh berbeda dengan burung lovebird. Burung kenari seperti primadona burung kicau yang hampir dimiliki oleh setiap penghobi burung kicau, karena rasanya kurang lengkap bila belum memiliki burung satu ini. Burung kenari terkenal dengan suara kicauannya yang bagus dan merdu, jadi tak heran bila banyak yang menyukainya, belum lagi ada berbagai macam jenis kenari yang beredar di negeri ini, baik kenari jenis lokal maupun impor seperti: kenari Yorkshire, kenari Border, kenari Lancashire, kenari Belgia, dan lain sebagainya.

Burung kenari terkenal dengan posturnya yang mungil, dan ada beragam warna yang cantik-cantik di setiap jenisnya, mulai dari warna kuning,putih, orange, merah, dan banyak pula motif lainnya seperti kenari lizard yang motif warnanya menyerupai sisik kadal. Burung kenari adalah burung kicau yang cerdas, burung ini bila dilatih dengan tepat maka akan mampu menirukan suara burung kicau lainnya. Serta suaranya yang bagus pun juga cocok digunakan untuk memaster burung lain, seperti lovebird, kacer, cucak ijo, murai batu, dan lain sebagainya. Burung ini tidak hanya populer di Indonesia, di belahan dunia sana, seperti: Eropa, Afrika, dan Amerika, burung kenari sangat digemari dan menjadi burung peliharaan pilihan.

Jika berbicara mengenai burung kenari, maka burung ini memiliki nama latin yaitu Serinus Canaria. Burung ini tergabung dalam keluarga Fringillidae, merupakan salah satu burung kicau dengan jenis terbanyak di dunia. Burung kenari sejak abad ke XIV sudah cukup populer di benua Eropa. Saat itu, burung ini paling digemari oleh para wanita dari kalangan bangsawan, sehingga burung kenari menjadi icon yang identik dengan status para bangsawan, termasuk juga pejabat pemerintah pada saat itu. Awal mula burung kenari ditemukan yaitu oleh pelaut dari Perancis yang bernama Jean De Berthan Cout di kepulauan Canary (Canary Island) yang tepatnya di Spanyol. Kemudian burung ini berhasil dibawa dan dipelihara oleh komunitas tertentu hingga dikenal luas oleh bangsa Spanyol. Dari sinilah burung kenari semakin populer, melalui perdagangan maupun  pameran, burung kenari kian menyebar luas hingga ke daratan Eropa lainnya, mulai dari Belanda, Inggris, Perancis, Jerman, Rusia, dan Italia. Pada saat itu, negara-negara besar Eropa tersebut menggalakkan untuk mengembangbiakkan burung kenari, sehingga menghasilkan kenari yang khas dari berbagai negara tersebut, contohnya: kenari Frill dari Jerman, kenari Yorkshire dari London – Inggris, kenari Spanish Timbrado dari Spanyol, dan lain sebagainya. Nah, berbagai jenis kenari import tersebut kini kian populer di negeri ini, dan banyak sekali yang menjadikannya sebagai burung favorit, karena selain posturnya yang unik, warna yang indah, juga memiliki suara yang bagus (simak: suara kenari).

Kita ketahui bahwa kini tak sedikit pula penangkar burung kenari di Indonesia, dan memang banyak yang berhasil menghasilkan kenari lokal yang kualitasnya tak kalah dengan jenis kenari impor. Meski dari segi fisik belum bisa mengalahkan, tetapi dari segi kualitas suara kicauan tidaklah kalah. Bisa dilihat sendiri keberadaan burung kenari di setiap pasar burung, jumlahnya sangatlah banyak. Pasokan burung kenari yang banyak tersebut juga diimbangi dengan peminat yang banyak pula. Jadi, hal ini menjadi salah satu faktor mengapa burung kenari selalu digemari dan harganya terbilang stabil. Berbeda halnya dengan burung kicau yang sudah mulai langka, sedangkan peminatnya lebih banyak, maka akan menjadikan harganya semakin melambung tinggi, dan akibatnya tidak stabilnya peminat burung tersebut.

Burung kenari sangat cocok dijadikan sebagai burung peliharaan di rumh ataupun juga sebagai burung petarung untuk dilombakan. Karena sekarang, setiap even perlombaan burung kicau selalu menyertakan burung kenari dalam kelasnya. Selain kenari, ada juga lovebird, murai batu, kacer, cucak ijo, dan lain sebagainya. Penghobi burung kenari yang membeludak di negeri ini menjadi salah satu alasan bahwa burung kenari tetap ramai diminati dalam even perlombaan. Selain itu juga kita tahu bahwa burung kenari adalah burung yang cerdas dan piawai dalam berkicau, maka menjadi hal yang wajar bila burung kenari selalu dibuka kelas perlombaannya.

Dalam hal perawatan, banyak yang menganggap bahwa merawat burung kenari itu susah-susah gampang, dan memang pada kenyataannya ada berbagai faktor yang menjadikan sudah dan gampang. Termasuk juga jenisnya, kenari impor perawatannya tentu lebih susah jika dibandingkan dengan perawatan kenari lokal. Salah satunya yaitu faktor ketahanan tubuh, psikis, musim, pakan, dan lain sebagainya. Kenari import yang asal mulanya adalah dari benua Eropa yang dingin, kemudian berada di Indonesia yang kondisi cuacanya panas, maka tentu ketahanan tubuhnya harus menyesuaikan kondisi tersebut dengan sangat ekstra, kemudian pemilihan pakan yang tepat, dan lain sebagainya (baca: ternak kenari).

Secara umum, burung kenari sangat menyukai pakan yang berupa biji-bijian, mulai dari biji kenari, biji sawi, biji niger, dan lain sebagainya. Burung ini juga gemar memakan buah-buahan, seperti: buah pisang, buah pepaya, buah apel, dan lain sebagainya. Selai menyukai buah-buahan, kenari juga doyan sayur-sayuran. Voer bagus juga diberikan sebagai pakan pilihan yang praktis dan bergizi lengkap. Tidak lupa pula diberikan pakan tambahan secukupnya untuk menambah stamina agar tetap fit yaitu jangkrik, ulat hongkong, kroto, belalang,  dan lain sebagainya yang sesuai porsi dan kapasitasnya, yang penting jangan sampai berlebihan. Pola dan kualitas pakan yang bagus memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang performa dan kesehatan burung kenari, maka dari itu diperlukan perawatan yang maksimal agar kenari tetap tampil prima.

Jika berbicaraa mengenai harga kenari, maka sudah pasti harganya berbeda-beda berdasarkan jenis, usia, dan kemampuannya dalam berkicau. Pada umumnya, kenari dari jenis impor jauh lebih mahal dari kenari lokal, kemudian usia yang sudah dewasa juga lebih mahal, serta kenari yang sudah gacor juga lebih mahal, apalagi kenari jawara maka harganya bisa menjadi selangit yaitu pulhan hingga ratusan juta rupiah. Berikut ini adalah daftar harga burung kenari dari berbagai macam jenisnya yang telah beredar informasinya saat ini.

Harga Kenari:

Burung Kenari Harga Kenari
Kenari Yorkshire Jantan Lokal/Impor Rp. 10.000.000,- s/d Rp. 4.500.000,-
Kenari Lanchasire Jantan Lokal/Impor Rp. 8.000.000,- s/d Rp. 5.000.000,-
Kenari Lanchasire Betina Lokal/Impor Rp. 8.000.000,- s/d Rp. 5.500.000,-
Kenari Yorkshire Betina Lokal/Impor Rp. 6.500.000,- s/d Rp. 4.500.000,-
Kenari Giant Crested Rp. 5.000.000,- s/d Rp. 1.500.000,-
Kenari Norwich Rp. 3.000.000,- s/d Rp. 1.500.000,-
Kenari F2 Yorkshire Anakan Rp. 2.500.000,- s/d Rp. 3.000.000,-
Kenari Spanish Timbardo Rp. 2.000.000,- s/d Rp. 500.000,-
Kenari Goldfinch Rp. 2.000.000,- s/d Rp. 1.000.000,-
Kenari F1 Yorkshire Anakan Rp. 1.500.000,-
Kenari Border Dewasa (Jantan/Betina) Rp. 1.600.000,-
Kenari Red Intensif Jantan Rp. 1.600.000,-
Kenari Fancy Rp. 1.500.000,- s/d Rp. 500.000,-
Kenari Gloster Rp. 1.500.000,- s/d Rp. 500.000,-
Kenari Agate Rp. 1.500.000,- s/d Rp. 450.000,-
Kenari Mozaic Rp. 1.300.000,- s/d Rp. 500.000,-
Kenari Frill Rp. 1.550.000,-
Kenari Red Intensif Betina Rp. 1.000.000,-
Kenari Lizard Dewasa Rp. 1.000.000,-
Kenari Border Anakan Rp. 900.000,-
Kenari Phaeo Rp. 900.000,- s/d Rp. 700.000,-
Kenari Taiwan Jantan Rp. 800.000,-
Kenari Red Frost Rp. 750.000,- s/d Rp. 450.000,-
Kenari Lizard Anakan Rp. 650.000,-
Kenari Taiwan Betina Rp. 550.000,-
Kenari Holland Mix Rp. 650.000,- s/d Rp. 350.000,-
Kenari Gloster Anakan/Bakalan Rp. 550.000,-
Kenari AF Yorkshire Anakan/Bakalan Rp. 500.000,- s/d Rp. 300.000,-
Kenari Lokal Orange Anakan/Bakalan Rp. 400.000,- s/d Rp. 300.000,-
Kenari Lokal Putih Anakan/Bakalan Rp. 300.000,-
Kenari Lokal Hijau Anakan/Bakalan Rp. 200.000,-
Kenari Lokal Bond Anakan/Bakalan Rp. 200.000,-
Kenari Lokal Kuning Anakan/Bakalan Rp. 200.000,-

Daftar harga di atas bukanlah harga yang paten, maksudnya bukan harga pasti, karena harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu berdasarkan faktor-faktor tertentu yang telah kami sebutkan di atas. Di setiap suatu daerah bisanya terjadi ketidaksingkronan harga dengan daerah yang lain, karena setiap daerah satu faktornya berbeda dengan daerah yang lain, semisal: faktor cucak, lingkungan, sulitnya mencari pakan, pasokan yang kurang, dan lain sebagainya. Yang bisa anda jadikan pegangan adalah anda bisa membeli burung kenari yang anda minati, harganya sesuai dengan kondisi keuangan yang anda sediakan. Tentunya berdasarkan pula pada daftar harga yang beredar di pasaran tersebut, berbeda sedikit bukanlah masalah, asalkan tidak melenceng jauh, sehingga tidak masuk diakal, misalnya: harga kenari lokal yang masih anakan kok harganya bisa sama dengan harga kenari impor Yorkshire, ini sudah keluar dari batas kewajaran, inilah yang harus menjadi perhatian.

Harga Kenari Terbaru Maret 2017 | Admin | 4.5