Harga Murai Air Terbaru Maret 2017

murai air, burung murai air, gambar murai air, gambar burung murai air

via: www.hbw.com

Harga Murai Air || Burung murai air merupakan salah satu burung kicauan yang cukup familiar dari sekian banyak jenis burung kicau di Indonesia. Burung murai air memiliki suara yang bagus, volume suaranya keras, dan tak sedikit yang memanfaatkannya untuk melatih murai batu dengan kicauannya. Oleh karena itu, peminat burung murai di pasaran cukup banyak.

Penyebutan burung murai air cukup banyak, berbeda-beda beberapa daerah, mulai dari brung air mancur, sibia ekor panjang, murai laut, murai besi dan lain sebagainya. Burung murai air di Indonesia penyebarannya cukup terbatas, yakni hanya bisa ditemukan di hutan Sumatra, oleh karena itu keberadaannya harus tetap terjaga. Sedangkan di luar negeri, burung ini banyak beredar di negara-negara di Asia, seperti: Malaysia, Thailand, Vietnam, Bhutan, Nepal, Laos, dan Cina.

Di alam bebas, burung batu air sangat senang berada di hutan yang rindang, banyak pepohonan tinggi,sembari berkicau, berterbangan, dan melompat ke sana ke mari. Tak jarang pula turun ke daratan untuk mencari makanan. Adapun makanan favoritnya adalah biji-bijian, serangga, dan buah-buahan. Burung ini bisa dipelihara di rumah, asalkan diberi perawatan yang tepat serta makanan yang disukainya.

Burung murai air nama ilmiahnya adalah Heterophasia Picaoides dan tergolong dalam keluarga Timaliidae, burung ini suaranya terkenal monoton tetapi terdengar bagus, seperti: “ceeerrrr…ceeerrrr…ceeerrrr…”, atau juga “tuuurrr…tuuurrr…tuuurrr…”, terkadang juga berbunyi “tweeettt…tweeettt…ceeerrr…ceeerrr…”. Bunyi-bunyi tersebut dilantunkan dengan speed yang rapat, untuk membadakan murai air jantan dan betina cukup mudah bila diidentifikasi dari suaranya, murai air jantan crecetannya lebih cepat dan volume suaranya keras, sedangkan yang betina lebih panjang dan volume suaranya agak pelan.

Postur tubuh burung murai air tergolong sedang, yakni sekitar 20-24 cm, bisa dibiang ukuran tubuh burung murai air dengan burung murai batu tak jauh berbeda. Burung murai air juga memiliki ekor yang panjang, namun warna bulunya didominasi warna coklat. Warna tubuh di bagian atas sebagian besar berwarna coklat, sedangkan warna tubuh di bagian bawah berwarna abu-abu agak keputih-putihan. Paruh murai air agak panjang dan lancip, matanya berwarna merah saga agak kehitaman, kakinya berwarna hitam, serta kedua sayapnya yang bentuknya agak kaku.

Burung murai air keberadaannya terbilang langka, sejak tahun 2010 burung murai air termasuk sulit ditemui di pasaran. Biasanya hanya penangkar di daerah tertentu saja yang mengembangbiakkan murai air agar keberadaannya tetap terjaga. Berbeda dengan burung murai batu yang sangat fenomenal, jelas di pasaran selalu ada dan diminati banyak orang karena memang penggemar burung murai batu sangatlah banyak.

Burung murai air agak susah dijinakkan, karena karakter burung ini yang bringas atau agresif. Hanya saja membutuhkan waktu dan kesabaran untuk bisa menjadikan burung ini menjadi jinak dengan majikannya. Yang terpenting adalah diberikapn perawatan terbaik agar burung murai air tetap fit dan semakin lama semakin dekat dengan majikannya.

Burung murai air di alam bebas biasanya hidup secara bergerombol dengan jumlah sekitar 10-15 ekor, terutama saat berburu makanan dan menangkrimg di ranting pepohonan. Harga murai air tak semahal burung murai batu, jadi harganya cukup terjangkau. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, dan setiap penghbi memiliki minat dan pandangan yang berbeda. Mungkin anda tertarik untuk memelihara burung murai air, maka sebelum membelinya, silahkan anda lihat kisaran harga yang beredar di bawah ini.

Harga Murai Air:

Burung Murai Air Harga
Harga Burung Murai Air Rp. 200.000
Harga Burung Murai Air Dewasa Rp. 400.000
Harga Burung Murai Air Ngeriwik Rp. 500.000
Harga Burung Murai Gacor > Rp. 600.000

Bagi sobat yang ingin merawat burung murai air, maka perawatannya tak jauh berbeda dengan burung murai batu, seperti yang kami sebut di atas, bahwa burung murai air bersifat agresif, jadi butuh ketelatenan dalam perawatannya. Pemberian jangkrik, kroto, dan ulat hongkong menjadi Extra Fooding yang cukup penting buat burung murai air. Sekian kami akhiri pembahasan kali ini tentang burung murai air, semoga informasi di atas dapat menjadi bahan referensi yang tepat buat sobat sekalian.

Harga Murai Air Terbaru Maret 2017 | Admin | 4.5