Kenari Gacor , Cara Mudah Beternak Kenari

vitaminburung

7 Cara Mudah Beternak Kenari

Beternak burung kenari masih menjadi salah satu peluang potensial dan profitable yang dapat menjadi keuntungan bagi peternaknya baik itu untuk dipelihara sendiri maupun dijual ke pasaran burung. Namun demikian, bagi sebagian besar penangkar, ada kalanya dalam beternak itu sering sekali dihadapkan pada berbagai permasalahan yang sesekali timbul. Problem tersebut diantaranya ialah burung tidak ingin berjodoh, burung kenari jantan selalu saja mematuk burung betina dan mereka tidak mau kawin. Maka dari itu silahkan kamu simak tujuh tips singkat berikut mengenai bagaimana beternak burung kenari yang mudah.

  1. Pisahkan kenari jantan dan betina

Tips yang pertama mengenai cara mudah beternak burung kenari adalah dengan memisahkan antara burung kenari jantan dan betina. Sebelum mereka benar-benar siap untuk dibiakkan, alangkah lebih baik agar burung kenari jantan dan betina dijauhkan terlebih dahulu. Hal tersebut bisa dihindari bila burung sudah pernah produksi ataupun sejodoh. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi. Sebab, jika keduanya langsung disatukan dan dikumpulkan dalam sangkar, bisa jadi burung kenari jantan bakal menyerang burung kenari betina, padahal si burung kenari betina tersebut masih belum siap untuk menjalani proses reproduksi.

  1. Perhatikan ciri-ciri kenari yang telah siap kawin.

Biasanya burung kenari jantan cenderung lebih cepat mengalami birahi jika dibandingkan dengan burung betina. Dalam hal ini kamu bisa memperhatikan kondisi burung kenari jantan maupun betina yang memang sudah siap untuk dikawinkan tersebut dengan cara melihat sifatnya, diantara :

-Saat sudah siap dikawinkan, burung Jantan akan cenderung lebih menurunkan kedua sayapnya saat berkicau.

-Burung Jantan bakal mengeluarkan kicaunya dengan lebih lantang dan rajin dari sebelumnya.

-Burung Jantan akan cenderung memiliki sifat teritorial ketika dipertemukan dengan burung jantan yang lain.

-Burung Betina bakal sering merobek kertas.

-Dari semua tanda yang disebutkan di atas, ada satu tanda lagi yang paling akurat dan paling efektif untuk mengidentifikasi apakah si jantan sudah siap dikawinkan, yaitu dengan melihat Ven atau alat kelamin mereka yang bakal memerah dan membengkak saat siap dikawinkan.

-Burung betina juga bakal lebih sering mengangkat ekor mereka saat didekatkan dengan burung jantan.

  1. Menjodohkan kenari

Menjodohkan burung kenari dapat dilakukan melalui cara menempelkan kedua kandang mereka selama beberapa hari saja. Atau kamu bisa juga memasukkan burung betina ke dalam kandang penangkarannya, kemudian kandang yang berisi burung jantan juga ke dalam kandang penangkaran tersebut. Proses yang terjadi semacam ini biasa disebut dengan proses perkenalan ataupun perjodohan. Di antara tanda-tanda yang bisa kamu ketahui ketika mereka berjodoh ialah jika burung kenari jantan lebih sering berkicau dan burung betina bakal membungkuk saat mendengar kicauan lantang burung jantan tadi. Ditambah lagi burung betina bakal lebih sumringah jika berada di dekat kandang burung jantan.

Setelah proses perjodohan berjalan dengan lancar, burung dapat digabungkan dalam satu kandang penangkaran. Jika diperhatikan dalam beberapa hari ternyata jantan dan betina masih terlihat berantem, maka proses perjodohan tersebut dapat diulangi kembali hingga mereka benar-benar menjadi pasangan yang cocok dan serasi.

  1. Pasang kotak sarang

Sediakanlah wadah atau tempat bersarang bagi burung kenari tersebut untuk bertelur. Wadah sarang ini bisa kamu jumpai di toko-toko kandang ataupun aksesoris dan pakan burung dengan jenis dan harga yang bervariatif. Gunakan pula sarang yang telah jadi dan bahan-bahan sarang yang bisa ditebarkan di lantai kandang burung kenari.

  1. Berikan pakan yang cukup

Mengenai cara beternak kenari ini, berbeda dengan perawatan hariannya. Perawatan burung kenari pada saat masa-masa perkembangbiakan sangat membutuhkan banyak sekali asupan gizi yang bisa didapatkan dari makanan utama maupun makanan tambahannya. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan asupan gizi burung kenari piaraanmu kamu bisa berikan eggfood sebagai pelengkap serta tulang sotong dan grit guna membantu kebutuhan kalsium. Jangan lupa pula untuk selalu menyediakan vitamin dan suplemen khusus untuk burung.

  1. Pengamatan sarang

Kenari Betina mampu bertelur dalam jumlah sampai 8 butir telur dalam sekali bertelur. Meskipun telur yang dihasilkan umunya adalah berjumlah 5 butir saja. Dan dalam prosesnya diperlukan waktu kurnag lebih selama 2 minggu atau 14 hari bgai telur tersebut untuk menetas. Dan selama rentang waktu burung kenari mulai bertelur dan menetas sampai pada pelolohan anaknya, alangkah lebih baik kamu buat catatan khusus sebagai laporan pengamatan berkala mengenai penangkaran burung kenari yang kamu ternak.

  1. Pemisahan anakan.

Anak kenari yang telah menginjak usia kurang lebih tiga minggu seringkali sudah bisa dan siap untuk hidup mandiri dan keluar dari sarangnya. Pada usia ini burung kenari muda dapat diberikan ring pengenal dan mulai dipisahkan dalam kandang tersendiri mereka.

Kenari Gacor , Cara Mudah Beternak Kenari | Admin | 4.5