Manfaat Memandikan dan Menjemur Burung Lovebird Secara Rutin

vitaminburung

Manfaat Memandikan Lovebird Secara Rutin

Karena popularitasnya dan dibarengi pula dengan harga yang tidak murah, banyak penangkar dan penghobi yang cenderung memanjakan burung lovebird. Rutinitas di pagi hari yang biasa dilakukan oleh penghobi burung lovebird ialah memandikan sekaligus menjemur burung kesayangan mereka. Banyak hal yang biasa dilakukan oleh penghobi untuk membuat burung kesayangannya bisa rajin berkicau. Di antaranya dimulai dari proses pengembunan, dibersihkan secara rutin dengan cara dimandikan dan dijemur. Semua kegiatan tersebut dilakukan di pagi hari.

Nah, setelah proses pengembunan yang dilakukan oleh penangkar mulai sejak pukul empat pagi, selanjutnya akan beranjak pada proses pembersihan tubuh ataupun mandi pagi. Bukan tanpa alasan, para penggemar lovebird melakukan hal tersebut untuk membuat lovebird semakin punya harga jual tinggi. Manfaat dari pengembunan sendiri ialah agar burung lebih rajin berkicau. Adapun manfaat dari memandikan lovebird ialah untuk melatih fisik lovebird itu sendiri sekaligus menjaga kebersihan burung.

Sebetulnya ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari rutinitas memandikan dan menjemur burung lovebird secara konsisten setiap hari. Oleh karena itu buat kamu para penghobi lovebird sebaiknya lebih rajin lagi dalam melakukan perawatan. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh burung lovebird dari rutinitas memandikan lovebird di pagi dan malam hari ialah :

Manfaat mandi pagi untuk lovebird

-Menjaga kesehatan dan kebugaran burung lovebird

-Tubuh burung menjadi lebih fresh

-Membuat burung lebih rajin berkicau sepanjang hari

-Menjadikan bulu lovebird lebih halus dan tampak segar

-Menghilangkan kutu

Menstabilkan birahi yang biasa menempel di tubuh burung

Manfaat Mandi Malam Untuk Lovebird

-Menurunkan sekaligus mengontrol birahi

-Menstabilkan birahi

-Membuat burung lebih gacor

-Menjinakkan burung

-Meregangkan otot-otot burung yang kaku

Setelah mengetahui segudang manfaat dari memandikan burung lovebird, diharapkan kita bisa lebih konsisten dalam hal merawat burung, terutama untuk pemberian pakan dan memandikan serta menjemur tentunya.

Berikut beberapa cara mudah memandikan lovebird yang benar agar burung terhindar dari stres serta membuat burung lebih rajin berkicau :

Sebelum lovebird kita mandikan alangkah lebih baik agar badan burung diangin-anginkan terlebih dahulu selama kurang lebih dua puluh menitan, yakni tepatnya pada jam 07.00 pagi. Hal ini dimaksudkan agar supaya burung tidak terlalu kaget saat dimandikan.

Memandian burung sebaikanya menggunakan alat sprayer, karena jarang sekali ditemukan lovebird yang dimandikan dalam keramba. Untuk penyemprotannya sendiri dapat dilakukan dengan sesuka hati alias bebas, yang terpenting semunya basah dan Higienis tentunya. Bila kita hendak memandikan lovebird muda jangan lupa agar menyemprotnya dengan air hingga benar-benar basah kuyup atau basah, dengan begitu bisa membuat lovebird mengeluarkan karakternya.

Selain hal itu, dengan memandikan lovebird muda sampai benar-benar basah juga dapat melejitkan staminanya walhasil bisa membuat lovebird semakin rajin berbunyi. Setelah lovebird selesai dimandikan, kemudian biarkan terlebih dahulu air dalam bulunya hingga berjatuhan, hal ini dimaksudkan untuk mengindari terjadinya kerusakan pada bulu lovebird. Sebab, bila lovebird yang masih basah langsung dijemur biasanya bulu-bulunya akan pecah serta kusam. Adapun proses enjemuran bisa dilakukan maksimal sampai jam 10.00 pagi. Setelah semua kegiatan perawatan selesai dilakukan, jangan lupa untuk digantangkan di tempat yang aman dari terkaman hewan pemangsa sambil lalu diperdengarkan suara masteran agar suara ngekeknya semakin panjang dan semakin berkualitas.

Seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa menjemur lovebird juga sangat memerlukan cara serta waktu yang tepat. Bahasa kerennya, butuh timing yang tepat. Adapun waktu yang tepat atau baik untuk menjemur lovebird ialah sebelum jam 10.00. oleh karena itu, sebelum jam 10 usahakan burung sudah selesai dimandikan dan bulu-bulunya juga sudah dalam keadaan kering.

Tapi kamu sebagai penghobi dan penangkar burung lovebird tetap wajib ingat juga, ketika burung telah usai dimandikan lebih-lebih hingga basah kuyup, maka jangan sampa langsung menjemur burung. Biarkan terlebih dahulu hingga air di bulunya menetes perlahan dan bila memang sudah dirasa tak terlalu basah kuyup barulah kamu bisa melakukan penjemuran. Tujuan dari mengeringkan terlebih dahulu bulu-bulu lovebird sebelum dijemur ialah untuk menghindari kerusakan bulu. Sebab, bila burung dijemur dalam kondisi bulu di badannya yang masih basah kuyup akan berdampak buruk pada bulu-bulunya. Cepat atau lambat bulu-bulunya akan menjadi kering dan rapuh bahkan akan terlihat tidak mempesona. Hal semacam ini sangat ditegaskan dikarenakan banyak sekali kasus lovebird menjadi tidak menarik yang berawal dari kegiatan memandikan dibarengi dengan menjemur burung yang disorientasi atau menyimpang dari metode yang seharusnya dilakukan. Akibatnya bulu-bulu lovebird menjadi rusak.

Dan itulah cara memandikan lovebird yang baik dan benar. Jika kita melakukannya dengan metode dan cara yang benar dan sesuai anjuran, maka akan banyak manfaat yang bisa dihasilkan dari kegiatan tersebut. Setelah itu lakukan pula penjemuran burung dengan benar.

 

Manfaat Memandikan dan Menjemur Burung Lovebird Secara Rutin | Admin | 4.5