Kegunaan Vitamin Untuk Burung

vitaminburung

Taukah Manfaat Vitamin Untuk Burung..?

 Manfaat Vitamin untuk burung..Setiap makhluk hidup tentunya memerlukan vitamin sebagai kebutuhan dari tubuhnya. Banyak sekali kebuthan vitamin dan jenisnya. Dalam artikl ini kami akan membahas fungsi  Manfaat vitamin untuk burung.

Dalam artikel ini akan membahsa lebih spesefik terkait pembasan vitamin A untuk burung berkicau seperti  burung murai batu yang sangat membutuhkan vitamin A sebagai suplai dari untuk tubuhnya. Burung murai batu memang menjadi salah satu burung favorit yang banyak diminati kicau mania. Selain bunyinya yang bagus keras dan mengkristal burung ini salah satu burung pemakan buah dan serangga, harga dari burung murai dewasa bervariasi dan terbilang sangat mahal.

Kenapa perlu vitamin untuk burung murai batu?

manfaat vitamin untuk burung

vitamin burung

burng ini tidak seperti burung yang lainnya jika kekurang vitamin akan sangat fatal akibatnya, bahakan vitamin yang diberikan tidak hanya satu jenis yang dibutuhkan burung murai batu. Vitamin A untuk burung  murai batu sangat dibutuhkan sebab sebagai suplemen penting yang dibutuhkan tubuhnya.

Melihat pentingnya vitamin seharusnya untuk memastikan sudah tercukupinya vitamin pada burung harus diberikan mesti suplemen atau multivitamin dan multimineral.Bila anda lihat peternakan ayam yang mencampurkan sendiri ransum pakan, mereka juga bakal memberikan premix 2 kg dalam 100 kg ransum yang telah dibuatnya. Hal tersebut anda lakukan juga dalam memenuhi tercukupinya vitamin serta mineral.

Defisiensi vitamin A ialah terlihatnya pembengkakan pada mata burung secara permanen, and abisa melihat posisi dari atas dan samping.  Untuk ssaat ini sangat mudah untuk menemukan berbagai macam vitamin A untuk burung diberbagai toko burung sebagai contoh BirdVit saat ini memiliki varian vitamin yang akan anda butuhkan dari yang cair maupun yang serbuk, untuk jenis vitamin BirdVit sebagai berikut:

manfaat vitamin untuk burung

vitamin untuk burung

  • Vitamin A
  • Vitamin B-kompleks
  • Vitamin C
  • Vitamin D3
  • Vitamin E
  • Vitamin K3

Bahkan juga produk ini sudah dilengkapi juga dengan beberapa mineral yang dibutuhkan seperti potasium chlorida, sodium chlorida, magnesium sulfate, mangan sulfate, iron sulfate, zinc sulfate, copper sulfate, serta cobalt sulfate.
Untuk bentuk cair, pemberian dapat anda lakukan dengan cara memberikan 2-3 tetes BirdVit pada paruh burung.

Fungsi Vitamin A Untuk Burung

vitamin A sangat penting dan wajib untuk meberikan pada burung kesayangan anda jika tidak diberikan secara teratur akan mengakibat organ dalam tubuh burung kesayangan anda tidak berfurngsi dengan baik dan bahkan bisa saja tidak akan berjalan, begitu penting  Manfaat vitamin untuk burung sebaiknya jangan terlewatkan atau malah sama sekali tidak diberi vitamin.

Bahkan tidak hanya burung saja manfaat vitamin A buat manusia sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, tidak beda dengan burung yang juga sangat membtuhkan  Manfaat vitamin untuk burung menjaga dan sangat bermnfaat kesehatan mata. Bukan sekedar itu saja, pemberian vitamin A bermnfaat menjaga supaya sistem imun pada tubuh burung.

Pemberian  Manfaat Vitamin untuk burung harus sesuai dengan aturan penggunaan tidak boleh berlebihan dan juga tidak boleh kurang khusus untuk burung murai batu jika terjadi flu atau luka yang tidak kunjung sebuh kemungkinan besar disebabkan keekurang vitamin A dalam tubuhnya.

Nah yang harus anda perhatikan ketika dalam kondisi tersebut jangan pernah memberikan vitamin A dengan secara berlebihan, langkah tersebut justru akan menjadi masalah yang serius bagi burung kesayangan anda pembentukan ulang serta terasa ngilu dibagian persendian akibatnya burung malas gerak dan mudah terserang penyakit, tetaplah sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan.

Vitamin A Untuk Burung Baik Untuk Mental

Fungsi dari vitamin A sangat penting dan bermanfaat untuk kondisi pesikologis burung agar berjalan normal tidak mudah stres dan tidak over birahi saat dibawa ke gantangan. Selain itu vitamin juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan reproduksi, pekembangan tubuh dan untuk mencegah infeksi dan bermnafaat untuk menjaga penglihatan.

Sangat mudah untuk mendapatkan vitamin A karena ada disekitar anda dengan pemberian jagung, biji-bijian khsusus yang berwarn ahijau, sayuran dan minyak ikan. Seberapa besar  Manfaat Vitamin untuk burung kesayangan yang dibutuhkan agar tetap terjaga? Untuk kebutuhan burung perharinya sekitar 80-120 I.U “international unit”.

Ketika burung anda pad saat breeding dan terserang liver yang diakibatkan kekurangan antibiotik, jika terjadi hal tersebut sebaiknya anda menambah takaran vitamin A untuk burung anda. Amun jika burung dalam kondisi normal sebaiknya jangan merubah takaran, keperluan Vitamin A juga cukup anda penuhi dengan memberikan makanan biji-bijian, kacang hijau atau sayuran.

Manfaat vitamin A sebetulnya terbagi menjadi 3 manfaat, yaitu: manfaat dalam proses lihat, dalam proses metabolisme, serta proses reproduksi. Masalah yang disebabkan karena kekurangan vitamin A untuk burung akan sangat terlihat, terutamanya di pada proses penglihatan atau disebut dengan zerophthalmia.

Oleh karenanya, penanggulangan kurang vitamin A untuk burung sebaiknya dilakukan sejak burung masih kecil agar pada saat dewasa lebih tahan dan sudah terbiasa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

Tapi langkah tersebut cuma disarankan untuk burung kesaangan anda  yang biasa disentuh, setidaknya anda juga memaham cara untuk memegang burung yang benar. Jika anda belum terbiasa sebaiknya anda menyuruh teman yang lebih pengalaman agar burung tidak merasa terancam.

Untuk burung lomba sebaiknya jangan sering dipegang hal itu membuat burung menjadi stres tentunya akan sangat merugikan setelah anda pegang burung tidak tampil maksimal sangat disayangkan jika burung mahal harus macet tidak berbunyi.

Pemberian vitamin cair anda bisa berikan sebanyak 7 tetes dicampurkan dalam air minum, atau sama dengan setengah isi dari air minum ukuran tanggung. Langkah lainnya yang dianjurkan dengan cara memoleskan 3 tetes cair ke pakan burung, bisa juga anda spetkan pada ekor jangkrik sebelum anda berikan pada burung kesayangan anda.

Sedangkan untuk pemberian vitamin yang berbentuk serbuk, hanya dengan melarutkan 1 gr ke 1 liter air. Langkah ini khusus untuk burung yang sedang sakit. Untuk kebutuhan perharinya anda hanya butuh 1 gr dengan dicampurkan 1,5-2 liter air.

Akibat Kekurangan Vitamin A Untuk burung

Serangan penyakit pada burung disebabkan kekurangan vitamin A untuk burung kesayangan anda. Beberapa gejala penyakit akan menyerang salah satunya kekeringan epitel pada biji mata bahkan sampai menyerang kornea, hal itu diakibatkan sekresi kelenjar air mata atau disebut dengan lacrimalis sedang mengalami penurunan. Kondisi itu juga bisa anda lihat pada selaput bola mata terjadi keriput dan kusam pada saat biji mata bergerak.

Selain itu fungsi mata juga ikut menyusut atau terjadi hemeralopia dan nictalpia, yang sering disebut buta senja atau sering kita dengar rabun ayam, tidak mampu lihat pada sinar yang redupp. Nah jika itu dibiarkan semakinlama akan terjadi mata mengoreng, hal itu diakibat kekurang vitamin A untuk burung dan sel-sel pada mata menjadi lunak atau disebut dengan keratomalasia serta bisa mengakibatkan kebutaan selamanya. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba.

Kegunaan Vitamin Untuk Burung | Admin | 4.5