Tips Awet Memelihara Burung Lovebird

vitaminburung

Supaya Awet Memelihara Burung Lovebird

memelihara burung lovebird.. Memiliki nilai plus dari keindahan fisik dan sifatnya yang menyenangkan, banya orang yang tertarik untuk memelihara lovebird di rumah ataupun di tempat kerja sebagai pelepas penat dan stres. Betapa tidak, burung yang terkenal dengan sebutan lovebird ini memiliki sifat setia dan senang bermain, dengan pemiliknya sekalipun. Apabila dipelihara dengan benar dan penuh kasih sayang, lovebird bisa bertahan hidup 8 sampai 12 tahun lamanya.

Memelihara Burung Lovebird Agar Selalu Sehat dan Awet

memelihara burung lovebird

lovebird sehat

Siapa yang tak ingin binatang kesayangan selalu sehat dan panjang umur? Untuk dapat selalu bermain dan menghabiskan waktu bersama, tentunya Anda juga harus memperhatikan kesehatan lovebird. Sekedar membersihkan kandang dan memberi makan dan minum, kadang belum cukup menunjukkan seberapa perhatian Anda pada si lovebird. Jika Anda baru saja memiliki peliharaan lovebird di rumah, maka tak ada salahnya menyimak beberapa tips yang bisa Anda lakukan berikut ini;

Ajak ke Dokter Hewan

Lovebird yang masih baru, entaha Anda dapat dari beli ataupun pemberian, mungkin saja mempunyai masalah kesehatan yang tidak Anda sadari. Maka dari itu, penting untuk menanyakan pada pemilik sebelumnya tentang adakah kondisi kesehatan yang patut Anda ketahui ataukah tidak. Selain itu, Anda juga bisa membawa lovebird ke dokter hewan terdekat. Dengan mengetahui adanya masalah kesehatan sejak dini, maka penecegahan dan penanganan medis yang diperlukan bisa jadi lebih ringan. Begitu pula setelahnya, rutin periksakan kesehatan lovebird untuk saran kesehatan lainnya yang bermanfaat.

Luas Kandang

Sebagai burung peliharaan yang cenderung aktif bergerak, wajar jika lovebird membutuhkan kandang yang lebih luas dibanding burung lain seukurannya. Kandang tersebut juga digunakan untuk menampung mainan, ranting hingga peralatan makan yang ia perlukan. Makin luas kandangnya, makin nyaman pula burung lovebird tinggal di dalamnya. Untuk seekor lovebird, ukuran kandang yang ideal adalah ukuran 45 cm x 45 cm. Dianjurkan pula menggunakan palang horizontal di kedua sisinya dengan jarak antar palang kurang dari 2 cm.

Berikan Batang Tenggeran Dalam Kandang

Dalam kandang lovebird, sediakan batang untuk bertengger setidaknya 2 atau 3 batang. Batang tersebut, sebaiknya memiliki ukuran, bentuk serta tekstur yang berlainan untuk menjaga kaki lovebird tetap sehat dan proporsional. Batang tersebut juga harus cukup kuat untuk menopang burung dengan kokoh dan stabil. Pilih batang berbahan kayu, batang pohon ataupun semen hingga tali yang memiliki konstruksi yang kuat.

Peletakan Kandang

Posisi lokasi kandang burung, jarak dari lantai, sirkulasi udara juga harus sangat diperhatikan. Lovebird mudah kedinginan hingga terserang flu saat terpapar langsung oleh aliran angin. Burung lovebird juga sangat peka terhadap asap maupun bau yang sangat menyengat, aroma dari dapur atau asap rokok misalnya. Pastikan lokasi kandang cukup aman dari kondisi lingkungan yang tidak menyehatkan bagi si burung. Namun pastikan pula kandang selalu bersih dengan rutin membersihkan seminggu sekali.

Tak hanya dari hawa dan udara saja, tingkat kebisingan dan pencahayaan juga perlu Anda perhatikan pada kandang lovebird Anda. Kandang yang tenang dan cahaya yang cukup membuat peliharaan Anda lebih nyaman. Ruangan kandang yang gelap  dapat membuat burung menjadi stres. Namun sebaliknya, jangan pula meletakkan Anda terpapar langsung di bawah terik matahari. Lovebird bisa mati kepanasan saat sinar matahari  terik menyinari kandang.

Anda bisa menaruh kandang dekat jendela dengan pantulan sinar matahari yang tak terlalu menyengat sebab burung juga memerlukan sinar UV-B guna mempertahankan kondisi kesehatannya. Atau Anda dapat memasang bola lampu UV di dekat kandang dan menyalakannya selama 8-10 jam sehari.

Istirahat

Tidur menjadi aktifitas penting demi menjaga kesehatan lovebird. Apabila anda menaruh kandang burung lovebird anda di dalam rumah, berikan penutup kandang guna membantu istirahat lovebird pada malam hari. Pastikan lovebird tidur selama 10-12 jam dalam sehari dan pastikan tidak ada gangguan dari lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang tenang menjadi faktor penting untuk istirahat lovebird. Dengan proporsi istirahat yang cukup, pastinya membuat lovebird Anda selalu sehat dan dapat bertahan hidup lebih lama.

Pencucuian Kandang

Membersihkan kandang memang cukup dilakukan seminggu sekali saja meskipun wadah makan dalam kandang memelihara burung lovebird wajib dibersihkan tiap harinya. Bersihkan keseluruhan bagian kandang menggunakan air hangat serta sabun setelah mengeluarkan lovebird dari kandang. Gosoklah bagian kandang, batang bertengger hingga setiap mainan yang berada dalam kandang. Setelah itu pastikan kandang sudah kering benar sebelum mengembalikan burung ke dalam kandangnya.

Pakan

Pakan untuk lovebird umumnya berupa biji-bijian yang sudah dikupas ditambah dengan suplemen dengan kandungan vitamin dan mineral misalnya pellet burung. Takaran untuk seekor lovebird, umuma cukup 2-3 sendok teh pellet dalam sehari. Makanan burung saat ini sudah banyak dijual di petshop terdekat dari lokasi Anda namun yang paling penting adalah kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Selain halnya pellet dan biji-bijian, potongan buah dan sayur segar juga dapat ditawarkan pada lovebird. Makanan segar ini setidaknya menempati 5-10% proporsi makanan lovebird. Untuk buah yang bisa diberikan antara lain anggur, apel, beri, pepaya ataupun mangga, sementara untuk sayuran Anda bisa memberi wortel, brokoli, labu, ubi jalar yang sudah matang, ataupun sayuran hijau.

Ada juga beberapa pilihan snack yang bisa dicoba untuk burung lovebird seperti halnya biji utuh yang sudah matang dari whole grain pasta, brown rice, multigrain breads ataupun cereal free-sugar. Jangan sampai memberikan makanan dengan kandungan alkohol, cokelat dan kafein pada lovebird yang bisa saja membunuhnya. Hindari juga pemberian asparagus, bawang, alpukat, kacang polong mentah serta produk yang mengandung susu yang dapat berakibat buruk terhadap kesehatan lovebird.

Setelah makanan, selanjutnya Anda juga harus memperhatikan minuman. Pastikan lovebird mudah menjangkau air bersih segar di sepanjang harinya. Hindari pemberian minum dari air keran ataupun air yang belum disaring untuk mencegah bakteri dan virus.

Memandikan

Agar tidak mudah sakit, ada baiknya memelihara burung lovebird dimandikan secara teratur. Selain itu, mandi juga membuat bulu lovebird selalu dalam keadaan bersih dan indah. Memandikannya, Anda bisa menggunakan semprotan air dan semprot secara lembut ke kaki ataupun dari atas kepala burung menyerupai hujan. Setelah terbiasa, biasanya lovebird bisa mencuci dirinya sendiri. Selesai proses memandikan, segera keringkan burung menggunakan handuk kecil lalu tempatkan dalam ruangan hangat. Selanjutnya rapikan bulu pada sayap lovebird berapa minggu sekali untuk lebih membangun kedekatan dengan memelihara burung lovebird.

Mainan

Karena memang sifatnya yang menyenangkan dan suka bermain, wajar jika lovebird diberikan mainan dalam kandangnya. Anda pun bisa meletakkan mainan dalam kandangnya namun pastikan pula mainan tersebut aman bagi si burung. Anda juga bisa membuat mainan sendiri dari botol plastik, gulungan tissue bekas atau daun dan ranting pohon. Jangan lupa pula untuk selalu menukar mainan lama dengan mainan baru atau rotasi mainan di dalam kandang lovebird agar ia tidak bosan.

Ajak Bermain

memelihara burung lovebird

burung lovebird

Jika lovebird sudah cukup jinak, Anda bisa mengajak ia untuk bermain ke luar kandang setidkanya setengah jam sehari. Hal ini untuk membantunya mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Umumnya, lovebird menyukai bermain di pundak Anda lalu naik ke arah leher. Ia juga suka bersembunyi di bawah syal ataupun sweater yang And apakai. Saat lovebird sudah mulai merasa bosan, ia akan mulai menarik baju ataupun perhiasan dan kancing baju. Maka dari itu, pastikan pakaian yang Anda kenakan aman dan sesuai sebelum mengajakn lovebird main ke luar kandang.

Selain beberapa hal di atas, ada pula kebiasaan yang harus Anda miliki jika ingin lovebird panjang umur. Ada baiknya Anda membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang lovebird. Ini dikarenakan adanya bakteri dari lovebird yang bisa berpindah ke Anda dan begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, untuk mencegah persebaran penyakit yang tidak diinginkan, selalu biasakan untuk mencuci tangan.

Tips Awet Memelihara Burung Lovebird | Admin | 4.5