Merawat Burung Dengan Baik Pada Saat Musim Hujan

vitaminburung

Menjaga Burung Dengan Baik Pada Saat Musim Hujan

Indonesia adalah negara yang hanya terdapat dua musim yang selalu ada dan juag akan selamanya ada. dengan keadaan alam indonesia yang tropis hanya akan ada musim penghujan dan juga musim kemarau yang akan dirasakan. Bagi setip musim yang ada juga akan memberikan kelebihan dan juga kekurangan sendiri sendiri pada setiap profesi yang dilakukan oleh orang indonesia. Seperti yang kita tahu ada banyak sekali profesi yang dilakukan dan juga sangat variatif, jika klaian menjadi seorang yang hobi dengan memelihara burung baik dari yang digunakan untuk perlombaan ataupun juga digunakan untuk peliharaan saja. merawat burung pada saat musim hujan juga harus dilakukan dengan extra hati hati dan juga penuh dengan ketlatenan karena seperti yang kita tahu ada berbagai jenis burung yang akan mati karena tidak mendapatkan perawatan yang benar dalam musim penghujan. Jika musim penghujan telah tiba maka dalam melakukan perawatan burung juga akan berbeda jika dibandingkan dengan musim kemarau kalian haruslah bisa membuat keadaan burung tetap hangat baik pada siang hari ataupun juga pada malam harinya. Makanan yang diberikan pun juga harus dirubah agar bisa membuat burung menjadi lebih sehat dan juga yang dikonsumsi bisa membuat tubuh burung menjadi lebih hangat. Kalian juga haruslah pelakukan perawatan burung pada setiap harinya jangan sampai kalian lalai jika memelihata burung. Curah hujan yang turun pada negara kita saat musim hujan juga lumayan tinggi dan jika hujan sudah turun saat pagi hari sampai dengan sore juga membuat bingung para pecinta burung. Dengan curah hujan yang luamayan tinggi yang terjadi pada pagi sampai dengan sore juga sering terjadi dan bahkan bisa setiap hari terjadi. Musim penghujan yangterjadi dinegara kita biasanya dimulai pada bulan oktober sampai dengan bulan april dengan durasi yang lama tersebut kalian juga harus benar benar dalam melakukan perawatan. Adapun hal yang harus kalian lakukan akan kami bahas sebagai berikut.

Tips Untuk Membuat Burung Tetap Sehat Di Musim Hujan

Musim hujan adalah hal yang sangat penting untuk beberapa profesi dan juga dalam emlakukanproofesinya air hujan sangat diperlukan karena seperti kita tahu kebutuhan air juga sangat penting. Tapi bagi pecinta burung musim hujan adalah hal yang menjengkelkan karena dalam melakukan perawatan burung harus dilakukan dengan lebih dan juga ribet. Bagi kalian yang kebingunan dalam perawatan burung pada saat musim hujan maka kami akan memeberikan beberapa tips yang bisa kalian lakukan agar kalian tetap bisa membuat burung agar tetap sehat.

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan tidak memandikan burung pada saat hujan turun karena jika hal tersebut dilakukan maka suhu tubuh dari burung tersebut menjadi lebih rendah dan dikwatirkan dengan suhu yang tidak kunjung naik bisa berakibat fatal dan burung jugua bisa mati. Hal lain yang penting dalam memandikan burung adalah volume air yang diberikan pada bak keramba dikurangi agar burung tidak berendam kedalam air dan juga bisa membuat tubuh burung dalam keadaan tidak terlalu basah.

Makanan yang diberikan pada burung juga harus ditambah dan juga makanan yang harus dipilih adalah yang bisa membuat tubuh dari burung menjadi lebih hangat. Adapun makanan bagi burung yang bisa kalian pilih adalah jangkrik dan juga ulat hongkong yang juga bisa membuat tubuh dari burung menjadi lebih hangat lagi. Jika setiap kali memberi pakan burung dengan menggunakan jangkrik sebanyak 3 sampai 5 ekor maka harus ditambah menjadi 8 sampai 10 ekor dan juga ditambah dengan beberapa ekor dari ulat hongkong. Kalian juga harus memastikan bahwa burung dalam setiap harinya terkena sinar matahari meskipun cuma sebentar. Hal tersebut sangat penting dilakukan pada saat sinar matahari bersinar.

Penyakit Yang Sering Muncul Saat Musim Hujan

Pada saat musim hujan telah tiba banyak hal yang perlu kalian waspadai tentang kesahatan burung yang dipelihara. Dalam melakukan perawatan burung pada saat musim ini pastilah juga berbeda dan kalian juga diharuskan bisa menjadi lebih extra dalam melakukan perawatan burung pada saat musim penghujan telah tiba. Dalam musim ini biasanya daya tahan yang dimiliki oleh burung akan menurun dan kalian juga harus waspada dengan hal yang terjadi seperti ini. burung pelihaaan juga bisa terkena berbagai penyakit yang sering mucul saat musim hujan telah tiba. Ada banyak seklai penyakit yang bisa menyerang burung jika kalian tidak bisa merawat buurung dengan baik dan benar.

Adapun penyakit yang akan muncul pada saat musim penghujan adalah dengan munculnya berbagai macam jamur yang akan berkembang biak dengan pesat karena cuaca yang sangat mendukung untuk perkembangan. Jamur biasanya bisa tumbuh diberbagai macam tempat dan yang paling sering adalah tumbuh pada bulu dari burung tersebut. hal tersebut terjadi karena kurangna instensitas penjemuran yang dilakukan karena tidak adanya sinar matahar yang muncul. Selain itu juga dengan kalian tidak melakukan penjemuran yang dilakukan meskipun cuma sebentar maka kondisi burung akan semakin memburuk. Selain dengan jamur yang tumbuh pada bulu burung juga bisa tumbuh pada kaki burung yang bisa disebut dengan bubul. Tumbuhnya jamur yang berada dikaki burung karena kurangnya kebersihan yang ada pada kandang yang digunakan untuk tempat burung. Kebersihan kandang juga hal yang sangat penting karena jamur juga bisa tumbuh pada kotoran dari burung tersebut dan juga bisa menyebabkan penyakit bubul.

Menjaga Burung Tetap Fit Pada Burung

Bagi kalian yang sedang perawatan burung pada saat musim penghujan dan juga bingung dengan cara yang digunakan untukmembuat burung tetap fit untuk bisa melakukan perlombaan ataupun juga untuk menjaga kesehatan burung hal yang diperlukan adalah dengan menambahkan vitamin yang bisa ditambahkan pada minuman untuk burung. Saat ini sudah ada banyak sekali suplemen yang bisa digunakan untuk perawatan burung menjadi lebih maksimal. Kalian juga bisa memilih sendiri suplemen yang digunakan untuk manjadikan burung menjadi lebih sehat dan juga menjadi lebih fit. Selain kalian menambahkan suplemen multivitamin untuk tetap menjaga kebugaran dari burung juga bisa dengan menambahkan extra fooding ataupun dengan makanan yang biasa dimakan oleh burung. Kalian bisa menambahkan porsi dari makanan yang biasa diberikan. Adapun makanan yang burung yang bisa membuat hangat tubuh adalah jangkrik, ulat hongkong ataupu juga bisa menggunakan kroto. Kalian bisa memilih sendiri makanan yang bisa membuat tubuh burung menjadi lebih hangat. Hal lain yang harus setiap hari dilakukan adalah dengan memberikan lapisan kerodong dari sangkar burung agar burung tidak kedinginan pada malam hari selain itu juga kalian bisa menaruh burung diruang tamu yang hangat dan jangan sampai meletakkan burung diluar ruangan pada saat suhu dingin.

Merawat Burung Dengan Baik Pada Saat Musim Hujan | Admin | 4.5