Merawat Burung Kenari Kedinginan Karena Hujan

vitaminburung

Perawatan Burung Kenari Kedinginan Karena Hujan

Indonesia adalah salah satu negara yang merupakan bagian dari asia tenggara yang juga termasuk dalam negara yang dilewati oleh garis katulistiwa. Dengan indonesia dilwati oleh garis katulistiwa juga bisa membuat indonesia menjadi negara yang memiliki iklim tropis. Dengan demikian ada banyak sekali keanekaragaman yang ada di negara ini. dengan keadaan indonesia yang masih banyak memiliki hutan tropis membuat banyak sekali flora dan juga fauna yang hidup subur dihutan negara kita. Indonesia juga memiliki spesies burung yang terbanyak nomor empat didunia dengan jumlah 1.666 spesies burung. Dengan adanya banyak spesies burung membuat indonesia menjadi lebih beranekaragam dan juga bisa membuat negara ini memiliki aset. Indonesia juga memiliki banyak sekali burung yang sifatnya dilindungi oleh dunia karena keberadaannya semakin hari semakin sedikit kita ambil contoh saja burung cendrawasih yang dimana juga memiliki keindahan dari bulu yang dimilikinya. Bulu burung cendrawasih yang cantik juga memiliki warna yang sangat cantik burung yang satu ini Cuma bisa kalian temui dipulau papua yang juga menjadi daerah endemik dari burung ini.

Dengan keanekaragaman burung yang berada di negara ini juga bisa membuat orang yang berada di Indonesia menjadi lebih senang karena seperti kita tahu bahwa hanya dengan melihat burung yang indah kalian juga bisa menjadi lebih senang apalagi jika kalian juga ikut mendengarkan kicauan dari burung yang ada maka suasana hati akan menjadi lebih tenang lagi. Dengan adanya banyak burung yang ada di indonesia membuat banyak sekali orang mencintai burung. Cara mencintai burung yang mereka lakukan adalah dengan memelihara burung yang mereka sukai tapi burung yang dipelihara juga tidak boleh yang dilindungi karena dengan kalian memelihara burung yang dilindungi maka akan melanggar hukum yang ada di negara ini. seperti yang kita tahu bahwa setiap warga negara indonesia ataupunasing yang memelihara burung yang dilindungi akan dikenakan pidana dan juga denda dari negara.

Adapun burung yang banyak digunakan untuk dijadikan binatang peliharaan adalah burung kenari sehat. Burung yang satu ini juga sangat mudah dalam pemeliharaannya kalian juga tidak perlu teknik khusus dalam merawat agar kenari sehat dan juga bisa hidup lebih lama. Tapi kalian haruslah bisa mengerti bagaimana merawat burung kenari pada musim hujan yang dimana suhu dingin akan setiap hari menyelimuti. Seperti yang kita ketahui bersama setiap makluh hidup akan membutuhkan perawatan yang berbeda jika telah memasuki musim yang berbeda pula seperti halnya burung kenari sehat yang juga membutuhkan perawatan khusus jika tidak ingin terjadi hal hal yang tidak diinginkan terjadi. Kalian akan membutuhkan beberapa trik yang harus digunakan dan kami akan memberitahukan beberapa tips tersebut dalam beberapa ulasan. Musim hujan yang dimana juga identik dengan berbagai macam hal yang bisa menimbulkan penyakit membuat kalian harus berhati hati. Jamur dan juga kutu juga akan berkembang biak dengan sangat cepat saat musim dingin menyelimuti setiap harinya. Dengan keadaan setiap hari yang cenderung lembab memungkinkan jamur dan juga kutu bisa berkembang biak dimanapun.

Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Perawatan Burung

Dengan keadaan musim hujan yang cenderung tidak akan disinari matahari pada setiap harinya juga membuat burung memiliki kondisi fisik yang lemah. Agar burung kenari sehat selalu kalian haruslah mengurangi intensitas dalam memandikan burung. Jika kalian memaksakan untuk memandikan burung didalam kandang keramba diharapkan kalian juga bisa mengurangi volume air yang ada didalam bak tersebut. Jika kalian mengisi air tersebut dalam keramba hanya separuh maka burung tidak akan mandi sampai dengan basah kuyup. Dan hal yang harus diperhaikan saat memandikan burung bahwa kalian harus memandikan pada saat sinar matahari menyinari karena jika kalian memandikan burung pada saat hujan turun maka akan sangat lama dalam proses pengeringan bulu burung. Jika bulu burung terlalu lama dalam keadaan basah maka kondisi fisik burung akan menurun dan juga bisa setiap saat mati.

Dalam keadaan musim hujan pastikan kalian tetap melakukan penjemuran burung meskipun sinar matahari Cuma sebentar dalam menampakkan cahayanya. Kalian juga harus memberikan multivitamin yang juga bisa digunakan untuk menambah energi dari burung agar kenari sehat selalu. Hal yang harus kalian lakukan setiap hari juga adalah dengan memasangkan kerudung pada sangkar burung setiap hari agar menghindari burung kedinginan. Kalian juga harus memastikan bahwa semua sudah dilakukan dengan bebar dan kalian harus memberikan perhatian exstra kepada burung yang menjadi peliharaan kalian. Tak lupa kalian dalam menaruh burung kenari harus ditempatkan pada tempat yang hangat seperti halnya berada diruang tamu atau yang dibawah sinaran lampu agar bisa tetap hangat.

Makanan Yang Harus Diberikan Agar Kenari Sehat

Dalam musim hujan yang sedang ada kalian juga harus bisa merubah pola makan yang ada pada burung kenari yang kalian pelihara. Jika pada musim kemarau kalian hanya akan memebrikan telur burung puyuh untuk menambah protein dalam seminggu sekali maka untuk musim hujan kalian harus bisa menambahnya dalam dua hari sekali dalam penambahan extra fooding. Selain itu pastikan kalian juga memberikan sayuran seperti halnya sawi puti ataupun juga bisa dengan kangkung agar bisa menambah energi agar kenari sehat dan juga tidak mudah sakit. Pakan milet tidak boleh sampai telat diberikan dan juga minum dalam wadah harus senantiasa dijaga kebersihannya agar kenari sehat.

Kalian dalam melakukan perawatan burung kenari dalam musim hujan juga tidak boleh perhitungan dalam memberikan makanna yang dimana seperti halnya manusia jika pada musim hujan akan merasakan cepat lapar. Kalian juga membutuhkan untuk tetap memberikan tambahan multivitamin pada burung agar bisa memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Untuk mendapatkan multivitamin ataupun suplemen saat ini juga sudah sangat mudah karena sudah ada banyak seklai toko burung yang sudah menyediakan multivitamin bagi burung. Multivitamin yang ada juga bisa ditambahkan dengan air minum yang disediakan untuk burung peliharaan kalian.

Penyakit Yang Biasa Muncul Dan Penanggulannya

Penyakit yang biasa muncul pada burung kenari jika saat musim hujan adalah dengan muculnya berbagai macam jamur yang juga hidup dalam bulu dari pada kenari. Untuk bisa menghindari penyakit yang datang pada burung yang sedang kita pelihara maka hal yang harus kalian lakukan adalah dengan senantiasa membersihkan kandang dari kotoran burung. Untuk bisa membuat kenari sehat kalian haruslah setiap hari membresihkan kandang dari burung peliharaan kalian. Selain itu juga penyakit yang biasa muncul adalah bubul. Penyakit yang satu ini juga disebabkan oleh jamur yang biasanya tumbuh pada kaki dari burung kenari. Hal yang perlu kalian lakukan untung menghindari penyakit ini menyerang adalah dengan kalian membersihkan sangkar setiap hari darikotoran burung dan juga kulit milet. Kalian juga diharuskan untuk melakukan penjemuran pada burung meskipun cuma sebentar.

Merawat Burung Kenari Kedinginan Karena Hujan | Admin | 4.5