Tips Lengkap Merawat Jalak Kebo Sehari-Hari

vitaminburung

Cara Lengkap Merawat Jalak Kebo Sehari-Hari

merawat jalak kebo..Jalak kebo atau juga dikenal sebagai jalak hitammemang sudah lama dikenal sebagai burung peliharaan rumahan. Namun dengan perawatan yang baik, burung yang memiliki penampilan khas ini juga bisa menghasilkan suara yang merdu tak kalah dari burung kicau kelas perlombaan sekalipun. Seperti halnya merawat burung kicau lain pada umumnya, perawatan harian cucak kebo juga tak terlalu jauh berbeda. Yang perlu diperhatikan adalah pemberian pakan dan perawatan untuk kesehatan.

Perawatan atau Merawat Jalak Kebo di Rumah

merawat jalak kebo

merawat jalak kebo

Menangkar burung pastinya akan memerlukan keberadaan seseorang untuk selalu memperhatikan pakan minum dan perawatan sangkar yang menjadi kebutuhan utama peliharaan Anda tersebut. Ada pula kegiatan seperti mandi, penjemuran, menganginkan hingga proses pemasteran yang juga membutuhkan ketelatenan. Beberapa hal tersebut haruslah masuk dalam merawat jalak kebo harian yang dibutuhkan untuk mendapatkan jalak kebo yang  sehat dan berkicau merdu.

Dengan melakukan perawatan harian yang baik, Anda tidak akan kesulitan jika ingin mengikutkan jalak kebo dalam suatu perlombaan. Dengan sedikit persiapan ekstra, jalak hitam kesayangan sudah mumpuni untuk diajak bersaing dengan burung kicau lainnya. Berikut ini beberapa tips melakukan perawatan harian yang bisa Anda terapkan untuk jalak kebo kesayangan Anda;

merawat jalak kebo

burung jalak kebo

  1. Pengembunan

Sebagai bagian dari ritual harian dalam Merawatan jalak kebo, Anda bisa mulai dengan proses penganginan dan pengembunan. Waktu yang digunakan untuk proses pengembunan adalah dilakukan selepas subuh sebelum matahari terbit selama 30 menit hingga 1 jam saja. Aktifitas ini dilakukan untuk membantu menyegarkan mental burung dan pernafasan jalak kebo Anda. Proses pengembunan ini mengacu pada aktifitas jalak kebo di habitat aslinya. Setelah diembunkan, angin-anginkan terlebih dahulu jalak kebo di bawah tempat yang teduh sebentar.

  1. Mandi

Setelah selesai proses di atas, lanjutkan dengan prosedur kebersihan selanjutnya yaitu dengan melakukan pemandian. Untuk cara memandikan ini bisa disesuaikan dengan kondisi si burung atau disesuaikan dengan keinginan Anda sendiri. Anda bisa melakukan penyemprotan, dibasuh, mengaliri air dan lain sebagainya untuk memandikan. Jangan sampai membuat jalak kebo Anda basah kuyup seperti langsung menyiramkan air sebab dapat membuat burung kaget. Hindari pula memandikan dengan air yang terlalu dingin. Selain membersihkan badan, mandi juga dapat bermafaat terhadap aliran darah dalam tubuh jalak Anda.

  1. Penjemuran

Selesai dimandikan, lanjutkan dengan proses menjemur jalak kebo. Penjemuran dilakukan selama 2-3 jam saja di bawah sinar matahari pagi yang tidak terlalu panas menyengat. Anda bisa melakukan penjemuran jalak kebo mulai pukul 8 pagi hingga pukul 10 atau 11 siang.

  1. Kebersihan Kandang

Selain membersihkan tempat makan dan wadah minum, perhatikan pula kebersihan kandang secara keseluruhan. Lihat pula adakah kotoran yang masih menempel atau menjadi kerak di daras sangkar. Sisa kotoran yang berjamur ini dapat mengancam kesehatan jalak kebo karena menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman. Bersihkan pula keramba untuk mandi dan perlengkapan lainnya seperti batang bertengger yang kadang tak luput dari kotoran.

  1. Pemberian Pakan

Sebelum memandikan, sebaiknya Anda memberi makan untuk jalak kebo entah berupa voer atau lainnya. Untuk pakan yang dapat dimasukkan dalam daftar menu pakan jalak kebo Anda antara lain makanan tambahan seperti ulat hongkong, jangkrik, belalang, dan lain sebagainya. Buah-buahan dan sayuran juga dapat dihidangkan guna menunjang kebutuhan nutrisi. Sementara biji-bijian, multivitamin dan mineral yang dibutuhkan bisa saja diberikan melalui voer, suplemen dan lain sebagainya.

  1. Angin-anginkan

Anda bisa membiarkan jalak kebo di luar rumah agar mendapat udara segar dan bebas bekicau sesukanya. Anda bisa memilih teras rumah, sisi rumah, belakang dan lain untuk kegiatan ini. akan tetapi sebelum menganginkan jalak kebo ini, ada baiknya Anda membekali perutnya dengan makanan tambahan berupa 2 ekor jangkrik ataupun EF yang setara.

  1. Mandi Sore

Apabila diperlukan lantaran kondisi lingkungan dan cuaca yang kurang bersahabat, Anda bisa saja memandikan jalak kebo pada sore harinya. Mandi sore ini biasanya juga dilakukan sekalian dengan membersihkan sangkar, mengganti air minum ataupun buah yang tidak dihabiskan. Anda bisa memberikan makanan berupa 3 ekor jangkrik sebelum ataupun sesudah mandi. Selesai dimandikan jam 4 sore misalnya, angin-anginkan sebentar selama 30 menit hingga 1 jam  untuk mengeringkan bulu dan menyesuaikan temperatur tubuh jalak kebo.

  1. Pemasteran

Pemasteran ini akan lebih baik dilakukan ketika burung beristrihat misalnya mulai jam 6 sore hingga menjelang pagi. Cara yang paling mudah adalah dengan memutar mp3 player karena Anda dapat memilih playlist suara yang diinginkan.

Merawat jalak kebo mabung secara spesifik dikatakan lebih ekstensif untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan ketika ia kembali ke kondisi prima. Umumnya jalak kebo yang sedang mabung dapat dilihat dari banyaknya bulu yang rontok dengan perilaku yang terlihat lesu tidak semangat. Agar dapat melewati momen ini, perawatan eksklusif Anda pun sangat diperlukan oleh jalak kebo, antara lain;

  1. Hindari Berisik

Usahakan untuk meletakkan burung di tempat yang tenang agar jalak kebo lebih nyaman saat merontokkan bulunya. Tips ini dapat mempercepat jalannya proses mabung. Masa mabung merupakan fase dimana seekor burung dapat menghabiskan energinya secara signifikan. Jika tidak dilakukan secara cepat dan tepat, dapat beresiko terhadap kondisi mental dan fisik si burung sendiri. Jika jalak mulai ngurak, lakukan full krodong serta usahakan sangkar agak lembab untuk membantu proses perontokan bulu lebih cepat sekaligus menjaga mental burung.

  1. Mandi

Proses pemandian selama masa mabung ini dikatakan masih simpang siur, dimana ada orang yang menghidari mandi sebelum bulu jarumnya tumbuh. Akan tetapi ada pula beberapa orang yang tetap memandikan jalak kebo meskipun dengan intensitas yang lebih rendah misalnya seminggu sekali.

  1. Penjemuran

Sama halnya dengan proses pemandian, ada pilihan yang bisa dicoba untuk diterapkan. Ada yang tidak dimandikan jalak kebo dan menunggu masa mabung selesai. Namun ada yang tetap memandikan namun sebentar saja dilakukan. Apabila Anda tetap memandikan jalak kebo, maka penjemuran yang dilakukan pun sebaiknya juga tak lebih lama dari 30 menti. Penjemuran jalak kebo mabung yang terlalu lama  dapat memicu meningkatnya kadar stres. Penjemuran ini sebenarnya juga bermanfaat untuk mengusir kutu yang bersembunyi di balik bulunya.

  1. Pemberian Pakan

Burung yang tengah mabung membutuhkan protein yang lebih banyak sebab kebutuhan nutrisi ini meningkat sampai 2.5 kali lipat dari biasa. Anda bisa menambahkan racikan voer dengan susu bubuk agar kebutuhan protein tercukupi. Selain itu, pemberian EF juga digandakan dari biasanya antara lain memberikan 5 sampai 8 ekor jangkrik di pagi hari serta 5 ekor di sore hati. Tambahkan pula 1 sendok makan kroto tiap pagi.

  1. Pemasteran

Masa mabung menjadi saat yang paling ideal untuk pemasteran. Pemasteran dengan mp3 player dapat dilakukan saat istirahat misalnya pukul 6 sore hingga pagi hari dengan memperdengarkan suara kicauan kenari, lovebird ataupun cucak jenggot untuk pemasteran.

  1. Vitamin

Vitamin menjadi asupan penting agar jalak kebo melewati mabung dengan tuntas hingga berganti bulu. Vitamin juga berpengaruh pada percepatan tumbuhnya bulu yang baru dan menjaga kebugaran jalak kebo. Dalam kondisi yang bugar akan memudahkan jalak kebo kembali berkicau usai masa mabung.

  1. Konsisten

Pada saat mabung, wajar jika jalak kebo membutuhkan bantuan Anda untuk mlewati masa ini. Lakukan perawatan dengan konsisten agar jalak kebo Anda dapat pulih dengan kondisi terbaiknya. Dengan perawatan yang asal, maka hasil yang Anda dapat bisa saja di luar harapan.

Demikianlah perawatan harian atau Merawat jalak kebo dan tips memelihara yang baik selama masa mabung. Dengan cara perawatan yang benar dan penuh perhatian, tentunya bukan sekedar pajangan burung dalam sangkar yang Anda dapat. Ada kebanggaan tersendiri jika jalak kebo Anda memiliki prestasi yang dapat diceritakan.

Tips Lengkap Merawat Jalak Kebo Sehari-Hari | Admin | 4.5