Ini Dia Penyebab Piyek Anakan Lovebird Mati Dini !!!

vitaminburung

Penyebab Piyek Anakan Lovebird Mati Dini

Memelihara hewan biasanya dilakukan oleh mereka pecinta hewan tersebut. Pecinta ikan akan memelihara ikan, pecinta ayam akan memelihara ayam, pun pecinta burung juga akan memelihara burung. Namun memelihara ataupun beternak hewan, terutama burung, bukanlah hal yang mudah. Kamu sebagai penangkar wajib tau pasti apa yang dibutuhkan oleh hewan piaraanmu. Kamu harus benar-benar memperhatikan kebutuhan yang dimiliki oleh si burung. Jika tidak, maka banyak hal tidak diinginkan bisa terjadi. Diantaranya adalah kematian. Dan kali ini kita akan bersama membahas mengenai penyebab piyek anakan lovebird mati dini.

Banyak sekali anak burung atau yang biasa disebut piyek lovebird yang mati saat umur mereka baru saja menginjak 2 sampai 3 hari. Hal tersebut bisa saja terjadi disebabkan oleh beberapa hal, misalnya saudara mereka yang terlalu agresif, induk mereka yang kurang berkualitas, atau lebih dari itu bisa jadi justru disebabkan oleh kelalaian si pemilik yang cenderung kurang memperhatikan kesehatan piyek lovebird.

Tiga hal tersebut memang menjadi faktor utama kasus seekor piyek bisa mati muda. Namun selain dari ketiga penyebab tersebut, ada hal lain yang bisa memicu kematian pada piyek lovebird. Diantaranya adalah karena memang kondisi tubuh piyek yang masih rentan dan lemah menjadi mudah mati. Katakanlah bayi, jika telat makan saja akan rewel dan jika tidak kunjung diberi makan bukan tidak mungkin akan mati. Lalu apa aja sebab-sebab tersebut?

anakan lovebird

Penyebab piyek lovebird yang mati muda seringkali dikaitkan dengan beberapa sebab lain, diantaranya yakni bisa dari si pemilik yang kurang bisa merawat, indukan yang kurang berkualitas, ataupun anakan lain yang bisa jadi terlalu agresif. Lalu sebetulnya apakah yang terjadi dengan piyek ini? Pada umumnya anakan ini bisa meninggal disebabkan oleh kurangnya perhatian pemilik dan indukan serta bisa juga dikarenakan tertindas oleh saudara-saudaranya.

Namun tertindas di sini bukan dalam artian teraniaya, melainkan bisa saja terinjak-injak oleh saudaranya sendiri. Selain penyebab-penyebab anakan Lovebird Sering Mati di atas masih ada penyebab lainnya seperti:

  1. Indukan yang bermasalah

seharusnya indukan dapat membagikan perhatiannya kepada anak-anaknya. Akan tetapi yang banyak terjadi di lapangan ialah banyak indukan yang justru melakukan tindakan berikut sampai-sampai membuat anak-anak mereka mati dini, adapun tindakan itu misalnya :

  1. tidak mau untuk melolohan makanan kepada anaknya.
  2. Sang indukan memiliki sifat paranoid ataupun takut dengan kehadiran anakan. Walhasil, indukan tersebut berinsting untuk membunuh anakannya sendiri.
  3. Indukan yang over protective hingga membuat anakan telat untuk mendapatkan asupan makanan.
  4. Anakan lain yang agresif

Setelah penyebab indukan bermasalah di atas, penyebab kedua ialah anakan lain yang over agresif. Penyebab kematian piyek lovebird yang satu ini sudah sangat sering terjadi. Oleh karena itu, ada baiknya kita menghindari hal-hal ini untuk mencegah terjadinya mati dini pada anakan burung lovebird kesayangan.

  1. Antara anakan terjadi saling injak-menginjak sampai-sampai membuat anakan yang lebih lemah kondisi fisiknya menjadi korban dan pada akhirnya mati.
  2. Terjadinya perebutan makanan yang dilolohkan oleh indukan kepada anakannya justru membuat anakan yang lebih lemah kurang memperoleh makanan dan ujung-ujungnya mati.
  3. Kematian yang disebabkan oleh faktor lingkungan

Faktor-faktor ini bisa dibilang tidak jarang terjadi dan membuat anakan mati muda. Maka sebaiknya kita rawat baik-baik anakan burung lovebird kesayangan kita agar supaya terhindar jauh-jauh dari faktor-faktor berikut ini :

  1. Cuaca yang terlampau ekstrim membuat anakan burung tak kuat bertahan melawan ganasnya cuaca dan pada akhirnya mati.
  2. Masalah yang ditimbulkan oleh hadirnya hewan lain seperti ular, jenis burung lain, tikus, serta Fauna pemangsa dan parasit lainnya yang siap memangsa anakan burung lovebird tersebut.
  3. Kematian yang terjadi dikarenakan kesalahan sang pemilik

Selain kematian yang disebabkan oleh hadirnya predator ataupun pemangsa yang menerkam anakan burung, kematian anakan burung lovebird ini juga dapat terjadi dikarenakan oleh kecerobohan yang dilakukan pemiliknya seperti :

  1. Pemilik lupa dan telat untuk memberi makan anakan burung.
  2. Pemilik tidak paham dan tidak bagaimana cara menjalankan pelolohan makanan burung.
  3. Terjadinya disorientasi yang dilakukan oleh pemilik dalam membagikan makanan pada anakan burung.

Hal tersebut di atas adalah di antara penyebab utama piyek lovebird mati dini. Maka dari itu, sebagai pemilik yang bijak sekaligus breeder, sebaiknya kita pahami dan perhatikan betul keadaan anakan burung kita. Lakukanlah perawatan yang teratur, baik dan benar. Selain itu, kita wajib pula menjalankan pemeriksaan dan pengecekan pada rentang waktu 3 jam sekali. Cara semacam ini dinilai paling ampuh untuk meminimalisir terjadinya kematian dini pada piyek atau anakan lovebird. Jangan lupa pula untuk membagikan vitamin kepada burung sebagai nutrisi tambahan bagi kesehatan burung. Kamu bisa pilih suplemen vitamin apapun yang populer saat ini.

 

Tags :

video lovebird, harga anakan lovebird, vitamin lovebird, ternak lovebird, harga lovebird albino, jual anakan lovebird, harga labet, harga lovebird paskun, harga lovebird olive

Ini Dia Penyebab Piyek Anakan Lovebird Mati Dini !!! | Admin | 4.5