Cara Perawatan dan Setingan Harian Kacer Agar Gacor Panjang dan Menang Lomba

vitaminburung

Yakin Jadi Juara! Begini Cara Perawatan dan Setingan Harian Kacer Agar Gacor Panjang dan Menang Lomba

Perawatan dan setingan kacer .. agar bisa menang lomba sangat ditentukan dari tipe atau jenis kace yang Anda miliki. Sejauh ini, hanya ada 2 tipe yang bisa Anda jadikan patokan dalam merawat kacer. Pertama, kacer tipe dingin dan kedua itu kacer tipe dingin. Perawatan apapun yang Anda lakukan tidak akan bisa maksimal jika Anda salah memutuskan tipe mana kacer milik Anda.

Sebenarnya perawatan dan setingan kacer ini juga bisa Anda terapkan saat baru mulai memilih kacer bakalan (celeng)

Semakin awal Anda mengenali tipe apa kacer bakalan Anda, semakin mudah Anda merawatnya untuk menjadi kacer juara.

Jadi bagaimana caranya membedakan kacer tipe dingin dengan kacer tipe panas?

Kacer tipe panas itu nyaman jika berada di suhu panas dan biasanya suka cepat emosi.

Kacer tipe dingin itu sebaliknya, sangat stres jika berada di suhu panas. Suka di suhu dingin dan biasanya lambat emosinya. Atau bisa dibilang kalem.

Nah itu dulu. Sebaiknya ingat-ingat dahulu. Penjelasan lengkapnya nanti saya berikan.

Lalu bedanya apa?

Jauh sekali. Kadang bisa sampe buat stres pemiliknya karena perawatan yang akan malah membuat kacer tidak bisa gacor dan bahkan stres.

Kenali Perbedaan Kacer Tipe Panas atau Tipe Dingin

Kacer Tipe Panas

perawatan dan setingan kacer

perawatan kacer

Kacer tipe panas jarang sekali nyiblek. Dia hanya akan nyiblek saat suhu tubuhnya dingin atau drop. Apa itu nyiblek? Nyiblek adalah saat-saat kacer terlihat manja dengan menaikkan dan menggetarkan ekornya seakan minta sesuatu. Ketika nyiblek, langsung perlakukan penjemuran kuat selama 4-7 hari berurut-urut. Biasanya langsung hilang nyibleknya. Setelah itu, tidak perlu jemur kuat lagi. Penjemuran selama 15 menit sehabis mandi saja sudah cukup. Mandinya juga bisa dikurangi menjadi 2 hari sekali.

Jangan sekali-kali memberikan ulat hongkong kepada kacer tipe panas. Hanya berikan Extra Fooding (EF) berupa jangkrik dan kroto. Karena ulat hongkong itu sebagian besar cairan dan bisa menurunkan suhu tubuhnya. Seperti yang kita tahu, kacer tipe panas tidak suka dengan suhu dingin. Jadi pastikan untuk selalu menjauhkannya dari ulat hongkong.

Pola perawatan dan setingan kacer tipe panas untuk lomba dimulai dengan memberikan 3-5 jangkrik dengan kroto. Kemudian mandi dan jemur sekitar 20 menit. Setelah itu berikan kembali 3 buah jangkrik kemudian krodong sampai pagi. Simpel bukan? Menjelang hari H lomba, setingan tetap. Hanya tambahkan 2 buah jangkrik setiap mau naik dan mandikan jika cuaca sangat panas. Itulah setingan kacer

Kacer Tipe Dingin

perawatan dan setingan kacer

kacer sehat

Kacer tipe dingin ini sering sekali nyiblek karena memang senang dengan suhu dingin. Ketika bertemu musuh dan orang asing, biasanya dia nyiblek. Perawatan saat nyiblek untuk kacer tipe dingin lebih susah dan lama untuk menaikkan kembali jiwanya. Tapi jangan patah semangat. Coba dengan menjemur kuat dan diberikan jangkrik terus-menerus. Hal ini untuk meningkatkan suhu tubuhnya menjadi lebih normal. Jika perlu, krodong lebih lama dan biarkan terus istirahat penuh. Kacer tipe dingin yang nyiblek kadang membuat pemiliknya kebingungan. Disini butuh telaten dan sabar. Jika sudah baikan, kacer akan lebih giras dan lincah.

Kacer tipe dingin pantang diberikan kroto karena akan meningkatkan suhu tubuhnya dengan cepat. Jika kacer tipe dingin terus-menerus dinaikkan suhu tubuhnya, maka dia akan stres dan drop mentalnya. Perawatan saat drop karena suhu naik merupakan kebalikan saat dia nyiblek. Penjemuran dihentikan, jangkrik berhenti dan jangan krodong. Berikan pula 3-5 ulat hongkong.

Pola perawatan dan setingan kacer tipe dingin untuk lomba dimulai dengan berikan 3 jangkrik dan jemur 2-3 jam. Angin-angikan dan kemudian beri 3 jangkrik. Krodong longgar dari sore hingga malam. Jangan mandikan tiap hari, cukup seminggu sekali atau dua kali. Anda juga bisa memberikan voer saat EF tidak diberikan. Setingan kacer saat lomba sama saja. Hanya saat naik kurang 1 sesi, berikan ulat hongkong 5-10, jemur dan kerodong. Lakukan terus saat mau naik.

 

Secara umum, perawatan dan setingan kacer agar gacor dan jadi juara saat lomba itu mudah. Tidak terlalu sulit. Rawatan atau setingan kacer persiapan lomba hampir sama dengan setingan hariannya. Dan perawatan ini juga tidak terlalu sulit. Yang sulit itu telaten dan sabarnya dalam menjalani semua setingan kacer yang sudah disiapkan.

Perawatan dan Setingan Kacer Harian Agar Jadi Juara

perawatan dan setingan kacer

kacer juara

  1. Anda harus tahu jenis kelamin kacer Anda. Cirinya mudah, jantan lebih aktif dan suka gacor.
  2. Dilakukan pagi buta maksimal 5 pagi. Lebih pagi, lebih baik. Sesuaikan juga kondisi di daerah Anda. Cara pengembunan yang benar adalah selama 5 menit buka kerodong setengah saja dulu lalu angin-anginkan. Baru kemudian buka semua kerodong dan biarkan mengembun alami.
  3. Dilakukan rutin setelah pengembunan sekitar 6.30 – 7 pagi agar rajin bunyi. Mandi bisa menggunakan semprot atau keramba tergantung kesukaan dan kenyamanan kacer momongan Anda.
  4. Kebersihan sangkar. Selalu usahakan rutin membersihkan sangkar dari kotoran, sisa pakan dan air.
  5. Dilakukan selalu saat pagi dan rutin selama satu jam saja antara jam 8-11 pagi. Tapi sesuai kondisi dan cuaca juga. Penjemurannya dengan cara digantang di tempat terang dan banyak sinar. Pastikan tidak ada binatang liar lain yang bisa bikin stres.
  6. Gunanya untuk menjaga birahi tetap stabil dan tingkat staminanya meningkat secara bertahap. Pengumbaran ini sangat diperlukan, jika kacer Anda termasuk kurang lincah dan cenderung suka diam. Mengumbar minimal 10 menit setiap hari, sudah cukup.
  7. Pakan voer harus siap untuk gizi kacer Anda tiap hari. Pilih merk voer yang disukai sang burung.
  8. Pakan EF lain seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong juga harus ada. Pemberiannya tergantung tipe apa kacer Anda.
  9. Jika perlu, kerodong saja kacer Anda agar cepat bunyi. Dan jadi makin sering gacor. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.
  10. Pemasteran bisa saja dilakukan dengan apapun itu bentuknya, bisa burung asli atau download suara kacer gacor dalam bentuk mp3. Sudah banyak yang upload suara-suara seperti ini di internet. Googling saja.
  11. Saat sore buka kembali kerodong jam 3. Lalu biarkan agar bunyi terus.
  12. Pemandian lagi saat jam 4 sore dan angin-anginkan agar kering.
  13. Pakan EF lagi seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong, sesuaikan dengan tipe kacer Anda.
  14. Pemasteran lagi agar kacer Anda bisa cepat buka paruh dan gacor terus.
  15. Selalu jauhkan dari suara hewan seperti kecoa dan tikus. Jadi pastikan untuk menetralisir area di sekitar sangkar burung kacer Anda.
perawatan dan setingan kacer

kacer gacor

Jika Anda pemula sekalipun dalam merawat kacer, saya sangat yakin kacer Anda akan segera bunyi dengan perawatan dan setingan kacer diatas. Meksipun begitu, jangan terlalu buru-buru dan ingin hasil instan. Kita ini berhubungan dengan makhluk hidup jadi harus saling pengertian. Kunci utama perawatan dan setingan kacer agar gacor dan siap bermental juara adalah telaten dan sabar. Jika Anda sudah memiliki keduanya, maka tidak sulit untuk membuat kacer bakalan Anda menang di setiap lomba.

Cara Perawatan dan Setingan Harian Kacer Agar Gacor Panjang dan Menang Lomba | Admin | 4.5