Tips Perawatan Harian Kenari Gacor

vitaminburung

Cara Perawatan Harian Kenari Gacor

Perawatan harian kenari..Burung kenari menjadi salah satu jenis burung peliharaan yang sudah sangat lama populer di kalangan pecinta burung. Apa yang membuat jenis ini sangat diminati adalah penampilan yang khas serta memiliki kicauan yang dapat diperlombakan. Banyak orang yang mencoba untuk memelihara burung kenari ini untuk sekedar hobi hingga memang sengaja untuk ikut perlombaan. Apapun tujuannya, perawatan burung kenari menjadi hal yang penting dilakukan agar burung tidak mudah sakit dan senantiasa dalam kondisi prima.

Perawatan Harian Kenari Agar Kenari Siap Ikuti Perlombaan 

perawatan harian kenari

perawatan harian kenari

Memang bukan tanpa alasan banyak orang memilih burung kenari sebagai peliharaan mereka. Memiliki suara kicauan yang indah menjadi salah satu alasan utama para pecinta burung memilih burung kenari untuk dipelihara. Selain sebagai penunggu rumah, banyak pula pecinta burung yang memilih melombakan burung kenari peliharaan mereka. Dengan tujuan menjuarai lomba, tak jarang para pemilik melakukan perawatan dan perlakuan ekstra terhadap burung kenari mereka agar siap gacor di perlombaan.

Namun jika Anda sekedar ingin merawat burung kenari untuk sekedar pajangan atau pengusir sepi di rumah, tentunya perawatan tidak membutuhkan hal-hal ekstrem seperti kebutuhan  lomba. Seperti yang diketahui bahwa burung kenari mempunyai tubuh dan warna bulu yang cenderung imut menggemaskan, wajar bila burung ini populer di kalangan masyarakat. Selain itu, ia juga memiliki suara yang relatif lantang sehingga terbilang ampuh untuk menghadirkan suasana lebih hidup di rumah. Meskipun perawatan harian kenari terbilang sederhana, jika tidak dilakukan dengan sebaik-baiknya justru dapat merusak keindahan sang burung.

perawatan harian kenari

burung kenari sehat

Pengembunan

Pengembunan dilakukan bertujuan untuk merangsang agar burung lebih rajin untuk berkicau, memiliki nafas yang lebih panjang serta membuatnya lebih sehat. Aktifitas ini menjadi salah satu hal yang penting untuk burung kenari. Anda dapat melakukan pengembunan dari jam 05.00 hingga jam 06.00 pagi secara rutin supaya kualitas dan kondisi burung senantiasa dalam kondisi prima.

Memandikan

Setelah proses pengembunan burung kenari selesai dan matahari mulai menghangatkan lingkungan, selanjutnya mandikan burung kenari Anda. Melakukan pemandian burung kenari ini, bisa Anda lakukan dengan menggunakan semprotan air secara lembut jika kondisi burung kenari belum terlaltih untuk biasa mandi sendiri. Atau jika kenari sudah terbiasa mandi sendiri, Anda cukup menyediakan wadah air kecil untuk mandi kenari tersebut. Memandikan burung secara rutin memiliki manfaat lain selain membuat burung lebih bersih dan sehat bebas kutu, antara lain untuk mengatasi over birahi sehingga mental lebih sehat.

Kebersihan Sangkar atau Kandang

Menjadi hal wajib bagi para pemilik hean peliharaan untuk selalu membersihkan kandang secara rutin. Jika pada sangkar kenari terdapat kotoran, maka selalu bersihkan secara teratur untuk mencegah timbulnya jamur yang memicu bakteri dan penyakit terhadap burung. Selain itu perhatikan pula kebersihan tempat makan serta minum yang digunakan burung. Tentu Anda tidak ingin burung kesayangan Anda makan dan minum dari wadah yang kotor sarang bakteri dan virus bukan?

Penjemuran

Setelah selesai memandikan dan sangkar sudah dalam kondisi bersih, selanjutnya jemur burung kenari bersama sangkarnya di bawah sinar matahari pagi di bawah jam 10 selama 1 sampai 2 jam dirasa sudah cukup untuk menghangatkan burung dan mengeringkan sangkar. Proses penjemuran yang telalu lama justru beresiko terhadap kualitas kesehatan kenari dan kicauannya.

Pemberian Makanan

Pastinya Anda juga akan memberikan pakan untuk burung kenari peliharaan. Namun yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya Anda tidak memberi makanan secara asal-asalan dan sekedarnya saja. Berikan makanan yang baik dengan kadar nutrisi yang seimbang pula agar menjaga pencernaan tetap sehat. Contoh biji-bijian pakan kenari antara lain canary seed atau biji-biji campuran dari biji sawi, millet putih, millet merah dan niger. Selain itu, berikan pula makanan ekstra seperti buah, sayuran, kroto, asinan hingga telur agar lebih rajin gacor. Perhatikan pula takaran dan intensitas pemberian pakannya.

Mastering

Melakukan mastering untuk burung kenari menjadi salah satu upaya untuk menggali kemampuan burung agar memiliki kemampuan meniru kicauan burung lain. Jika sudah memiliki kicauan sendiri, pemilik juga bisa mastering kenari agar burung mempunyai kemampuan kicauan yang konsisten dan stabil.

Mengumbar Kenari

Seperti halnya perawatan burung lain, perawatan Harian kenari juga memperhatikan kesehatan dan stamina. Terlebih jika burung kenari ditujukan untuk keperluan lomba. Maka dari itulah, dilakukan pengumbaran kenari untuk meningkatkan kemampuan pernafasan dan menstabilkan tingkat birahi. Melakukannya pun dapat diumbar seminggu 2 kali atau hingga 3 kali jika birahi burung kenari terlihat tinggi.

Pengkrodongan

Pengkrodongan ini bertujuan agar burung dapat beristirahat dengan lebih maksimal. Memberikan penutup pada sangkar ini dapat dilakukan mulai pukul 6 sore hingga keesokan harinya sesuai dengan jadwal istirahat burung tersebut. Selain memberikan kerodong, Anda juga sebaiknya menjauhkan sangkar dari jangkauan pengganggu seperti halnya tikus, kucing dan lain sebagainya yang mungkin mengganggu istirahat kenari Anda. Memberikan waktu istirahat yang cukup akan menghindarkan kenari dari stres dan penyakit.

Karakter

Ternyata burung kenari mempunyai karakternya sendiri-sendiri yang bisa saja berbeda antara kenari satu dengan yang lainnya. Pemilik pun dituntut memahami karakter peliharaannya sendiri sebelum mulai beranjak ke perlombaan. Misalnya ada kenari yang baru mau berkicau jika sudah diberi telur puyuh ataupun buah apel, namun ada pula kenari lain yang hanya mau kroto sebelum mau berbunyi. Bisa dibilang kesukaan kenari bisa saja berbeda-beda. Apabila sang pemilik memahami karakter ini, maka penampilan terbaik di arena perlombaan bisa didapatkan karena melatihnya pun juga semakin mudah.

Konsisten

Persentase keberhasilan merawat burung kenari hingga rajin gacor ini membutuhkan konsistensi dalam perawatan harian kenari. Hal ini bertujuan agar burung terbiasa dengan pelatihan yang Anda berikan dan memiliki mental yang sehat dan rajin berkicau. Jika Anda malas untuk melatihnya, tentu saja kemampuan berkicau yang didapat pun jua sepadan. Tentunya Anda ingin kenari yang sehat, cantik dan gacor sekaligus bukan?

Sebenarnya tips merawat kenari hingga gacor tersebut tak hanya berlaku pada kenari jenis tertentu saja. Tips perawatan kenari harian di atas dapat diterapkan pula pada jenis kenari lain seperti halnya kenari lokal, AF, F1, F2 hingga kenari Yorkshire. Namun yang penting diperhatikan pula adalah selalu perhatikan kondisi mental burung kenari. Mental yang tidak terjaga dapat berakibat fatal terhadap kesehatan burung. Tak hanya itu, kondisi stres juga memicu penurunan kualitas kicau dan penampilan kenari. Terlebih ketika kenari sedang memasuki masa giras atau masih belum jinak.

Demikianlah beberapa tips harian dalam memelihara burung kenari agar selalu dalam kondisi prima dan rajin berkicau.Cara-cara di atas tentunya berbeda dengan perlakuan kenari yang akan dipersiapkan untuk mengikuti perlombaan. Jika Anda mempunyai burung kenari di rumah yang ditujukan untuk sarana hobi atau pelengkap rumah, maka tips-tips tersebut dapat anda terapkan di rumah.

Tips Perawatan Harian Kenari Gacor | Admin | 4.5