Perawatan Harian dan Jelang Lomba Untuk Kacer Juara

vitaminburung

Tips Perawatan Harian dan Jelang Lomba Untuk Kacer Juara

Merawat Kacer Juara…Kalangan pencinta burung pastinya sudah tak asing lagi dengan burung berkicau yang bernama kacer. Burung yang juga memiliki nama lain burung poni ini tak dapat dipungkiri menjadi salah satu burung yang paling banyak diminati lantaran kicauan mantap dengan postur tubuh yang terlihat gagah. Tak hanya itu saja, perawatan yang baik pada burung kacer juga membuat harga jual peliharaan ini bisa mencapai jutaan rupiah. Mungkin ada diantara Anda yang berminat untuk memelihara burung kacer  juara di rumah entah untuk sekedar hobi atau memang ingin dijual. Tak ada salahnya menyimak perawatan harian untuk kacer agar rajin berkicau.

Hal Yang Perlu Diketahui Saat Hendak Memelihara Kacer Juara Agar Bisa Gacor…..!!

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memelihara seekor burung kacer Juara di rumah. Untuk sekedar hobi mengisi waktu luang di rumah atau bahkan untuk mengikuti perlombaan kicau, ada beberapa karakter yang perlu Anda ketahui dari jenins burung yang satu ini. Dengan mengetahui karakter yang dimiliki, Anda pun dapat dengan mudah mengetahui apa saja yang perlu dilakukan dan apa yang tidak seharusnya dilakukan, antara lain

kacer juara

perawatan kacer

  • Kemampuan adaptasi burung kacer terhadap lingkungan sekitarnya terbilang cukup baik. Burung ini cukup mudah dijinakkan pula. Kondisi ini tentunya menjadi sebuah tantangan bagi Anda untuk bagaimana menjalin kedekatan dengan kacer peliharaan.
  • Burung kacer bisa dikatakan temperamen dengan nafsu bertarung yang tinggi. Jika dilihat dari posturnya, benar saja jika burung ini terlihat senang berkompetisi dengan penampilan yang gagah. Selain itu, ia juga mudah tersulut persaingan. Karakter ini bisa Anda manfaatkan untuk melatih kacer agar mau berkicau dengan maksimal.
  • Meskipun temperamen dan penyuka pertarungan, ada kalanya kacer mengalami keadaan yang disebut mbagong dengan kondisi fisik dan kicauan tidak sesuai harapan. Pemicunya bisa dari suplemen, birahi dan stres. Kondisi ini tanpa penanganan yang tepat dapat membuat harga jualnya turun drastis.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi pada kacer kebanggaan Anda, maka beberapa hal di bawah ini bisa coba diterapkan untuk perawatan harian kacer di rumah antara lain;

  1. Perhatikan Kebersihan Sangkar

Setiap harinya selain membersihkan wadah makan dan minum Anda juga harus membersihkan sangkar kacer agar selalu terbebas dari kotoran yang memicu tumbuhnya jamur, virus dan bakteri. Hal ini agar kacer Juara Anda tidak mudah terkena penyakit lantaran sangkar yang tidak bersih.

  1. Mandikan secara Teratur

Selepas kebersihan sangkar, selanjutnya kebersihan burung kacer tersebut. Mandikan burung peliharaan Anda tersebut tiap pagi dan sore agar kacer juara tidak gampang terserang kutu serta penyakit.

  1. Perhatikan Lokasi Sangkar

Ketika burung dan sangkarnya sudah bersih, selanjutnya Anda mengangin-anginkan pada lokasi yang teduh dan sejuk. Tempat yang rimbun dan banyak oksigen lebih baik baik kondisi mental si burung agar tidak gampang stres.

  1. Asupan Gizi

Makanan dengan nutrisi yang bergizi menjadi salah satu hal utama yang mempengaruhi kesehatan dan kualitas Kacer. Ada beberapa makanan yang baik untuk kacer diantaranya: voer untuk makanan utamanya, jangkrik ataupun kroto untuk makanan tambahan. Ada pula suplemen dan jamu yang dapat Anda tambahkan, namun hati-hati menggunakannya.

  1. Penjemuran

Usahakan untuk selalu menjemur burung saat pagi hari antara pukul 7 sampai pukul 9 pagi supaya kebutuhan vitamin D untuk tubuh burung dapat terpenuhi dari paparan sinar matahari pagi. Ketik melaukan penjemuran ini, usahakan agar burung tidak berdekatan dengan kacer lain.

  1. Usahakan Menutupi Sangkar

Selesai ritual pagi di atas, saatnya kacer untuk dimasukkan lagi dalam rumah dalam sangkar tertutup. Penutupan sangkar menggunakan kerodong ini memudahkan Anda untuk melatih burung kacer agar mau berkicau dengan lebih optimal sehingga siap untuk diajak mengikuti kontes dan lomba kapan saja.

  1. Latihan

Agar dapat menghasilkan kicauan yang lantang dan merdu, maka Anda wajib melatihnya secara rutin. Melakukan latihan ini sering juga disebut dengan mastering atau pemasteran dengan cara memperdengarkan suara masteran burung yang disediakan dalam format mp3. Lakukan latihan secara konsisten dalam kondisi sangkar tertutup kerodong agar burung kacer lebih fokus berlatih.

kacer juara

kacer gacor

Persiapan Jelang Lomba

Umumnya seminggu sebelum acara lomba, pemilik kacer akan melakukan perawatan khusus terhadap burungnya. Perawatan khusus tersebut antara lain melakukan perawatan yang berbeda dari perawatan harian dengan tujuan untuk membangun mental dan staminanya. Tanpa perawatan khusus ini, biasanya burung kacer akan sulit untuk memenangi perlombaan. Kasus yang umum terjadi adalah kacer menjadi tidak mau berkicau sama sekali.

Ada beberapa hal yang memicu burung bisu antara lain karena faktor mental yang kurang siap pada si burung. Burung kacer cenderung menjadi diam ketika berada pada lingkungan baru atau yang terasa asing baginya. Maka dari itu sebelum hari H lomba, sebaiknya mental burung dipersiapkan agar dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan baru. Tidak hanya itu saja, ada pula faktor lain yang membuat kicauan burung menjadi semakin pelan dan tak beraturan. Banyaknya burung lain yang juga mengikuti perlombaan menyebabkan kicauan kacer tidak sesuai dengan harapan. Latihan yang dapat Anda lakukan antara lain;

Makanan

Mempersiapkan kacer agar tampil prima ketika dilombakan dapat dilakukan dengan memberikan makanan yang sesuai. Biasakan burung kacer Anda dengan terus memberikan asupan makanan tambahan (EF) yang tepat. Misalnya dengan memberikan makanan berupa serangga jangkrik dengan porsi 5 ekor di saat pagi hari dan 5 ekor di sore hari.

Mandi

Burung Kacer yang hendak disertakan dalam kontes pun juga harus dilatih untuk mandi. Latihlah burung kacer Anda mandi setiap hari dengan memasukkan burung kacer dalam karamba. Jika sudah terlatih dengan baik, kacer akan secara langsung berpidah dari sangkar ke keramba ketika melihat karamba dan pintu sangkar dibuka. Mandi ini juga dapat berpengaruh kesehatan mental selain halnya sekedar faktor kebersihan.

Penjemuran

Kegiatan penjemuran untuk burung kacer jelang lomba yaitu pada pagi hari dari jam 7 sampai jam 12. Sebelum mulai menjemur burung Anda bisa memberikan sarapan makanan tambahan dengan jangkrik 10 ekor terlebih dahulu. Setelah burung dijemur, jangan langsung mengkerodong melainkan angin-anginkan terlebih dahulu sambil memberikan makanan berupa 10 ekor jangkrik lagi. Lanjutkan dengan menutup sangkar sampai sore hari. Pada sore hari, Anda dapat membuka kerodong untuk mengangin-anginkan sambil memberi 3 ekor jangkrik setelah selesai makan. Setelah pengangin-anginan dirasa cukup, tutup kembali kerodong.

Latihan

Untuk memperkirakan kemampuan kicauan kacer di lapangan kontes nantinya, tentu Anda tidak bisa hanya membuat penilaian berdasar kebiasaan kicauan saat di rumah saja. Untuk membuat perkiraan Anda lebih baik, Anda harus menguji kacer langsung di lapangan dengan mengikuti latihan bersama (latber). Selain latber, Anda juga bisa mencoba dengan kacer lain entah itu juga milik Anda sendiri ataupun kacer milik orang lain. Latihan latber ini bisa dilakukan seminggu sekali.

Setelah mengetahui cara perawatan harian dan perawatan jelang lomba ini tentunya Anda dapat menentukan apakan perawatan yang paling sesuai dengan kacer yang Anda miliki. Perawatan untuk burung kacer Juara ini tentunya juga harus Anda terapkan secara konsisten agar peliharaan Anda dapat memberikan kemampuan maksimalnya.

Perawatan Harian dan Jelang Lomba Untuk Kacer Juara | Admin | 4.5