Perawatan si “Cantik” Lovebird agar Jadi Juara Lomba

vitaminburung

Lovebird adalah salah satu jenis burung yang saat ini banyak diminati oleh pecinta burung peliharaan. Selain seringnya diadakan event perlombaan bagi burung jenis ini, Lovebird adalah burung yang terhitung cantik dan memiliki banyak jenis pada spesiesnya. Lebih kurang ada 12 jenis Lovebird yang dikenal di masyarakat dengan corak warna yang berbeda-beda, di antaranya adalah dakocan hijau, dakocan biru, olive, biru violet, biru cobalt, holland, dan lain sebagainya. Harga dari burung inipun terbilang tinggi, seperti dilansir dari laman web hargaburung.id bahwa harga Lovebird dengan berbagai macam jenisnya mulai dari Rp. 300. 000 hingga Rp. 1.000.000 untuk Lovebird anakan, dan Rp. 650. 000 hingga Rp. 2.000.000 untuk Lovebird dewasa. Harga ini cukup membuat para penangkar dan pecinta burung untuk mengembang biakkan burung yang lebih dikenal dengan nama Lovebird ini. Disamping itu, burung jenis ini juga pandai berkicau, dimana kicauan adalah andalan untuk setiap burung yang diikut sertakan dalam sebuah event perlombaan.

Pada event perlombaan Lovebird, panitia biasanya akan memberikan kriteria dalam penilaian, yaitu variasi lagu atau kicauan, panjang suara ngekek, dan frekuensi ngekek si Lovebird. Lovebird yang dinyatakan sebagai juara biasanya adalah burung yang suara ngekeknya paling lama, berkelanjutan, dan dengan frekuensi yang stabil dan banyak.

Tahukah anda, kejuaraan burung bukan hanya memperebutkan hadiah yang sudah disediakan, tetapi sang juara juga akan mendapatkan sertifikat juara. Kemudian apa untungnya bagi burung sertifikat tersebut? Jawabannya adalah harga jual burung akan otomatis naik jika ia sudah pernah menjuarai event perlombaan dan memiliki sertifikat. Bahkan katanya, harga burung bersertifikat juara akan menjadi puluhan sampai ratusan kali lipat dari harga aslinya. Namun, untuk mendapatkan burung yang bisa menjuarai event khususnya burung jenis Lovebird, maka perlu dilakukan treatment perawatan bagi Lovebird jagoan anda.

Ini Tips Perawatan si “Cantik” Lovebird agar Jadi Juara Lomba

Lovebird yang akan diikutsertakan pada sebuah perlombaan, hendaklah menjalani beberapa persiapan khusus agar Lovebird jagoan anda siap menampilkan yang terbaik dan menjadi juara. Persiapan khusus tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mandikan si cantik Lovebird saat pagi hari dengan cara menyemprotkan air hingga semua bulunya basah
  2. Jemurlah Lovebird jagoan anda pada rentang waktu jam 7 hingga jam 9 pagi
  3. Putarlah Masteran Lovebird pada jam 12 siang, setelah itu kredongkan sangkarnya
  4. Setelah itu, berikanlah Lovebird anda pakan dan minum
  5. Jemurlah kembali Lovebird pada jam 3 sore
  6. Putar kembali Masterannya hingga Demisioner, kredongkan kembali sangkar si Lovebird jika sudah Demisioner
  7. Lakukanlah langkah-langkah tersebut di atas setiap hari secara kontinue

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai pakan bagi burung cantik ini. Pakan yang berkualitas tentunya adalah sebuah hal yang wajib dipersiapkan oleh para pecinta Lovebird, apalagi jika berniat mengikutsertakannya pada event perlombaan burung, selain itu pola makan juga harus diatur mulai dari usia muda. Ini bertujuan agar burung tersebut sehat dan memiliki suara yang berkualitas baik. Berikut ini akan dipaparkan pola makan Lovebird:

  1. Pada saat Lovebird berusia 1-3 minggu dan dia masih dilolohkan, maka berikanlah pakan berupa pellet atau sereal yang sudah dicairkan terlebih dahulu
  2. Pisahkanlah Lovebird dengan kawanannya pada saat ia sudah mampu untuk makan sendiri, buatkanlah kandang atau sangkar baru agar anda dapat memberi makan dengan mudah tanpa terganggu oleh kawanan Lovebird yang belum bisa makan sendiri, berikanlah pakan berupa millet putih, jagung muda, dan kangkung. Namun jika anda berniat memberikan nutrisi khusus untuk Lovebird kesayangan anda, sebaiknya berikanlah pakan berupa pellet eksklusif atau bisa juga dengan memberikan suplemen khusus seperti OrBird
  3. Usia Lovebird yang siap bertanding di arena perlombaan terbilang cukup muda, yaitu berkisar pada usia 5-6 bulan. Bila Lovebird anda sudah cukup umur, maka lakukanlah perawatan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  4. Hal yang selanjutnya harus menjadi perhatian anda adalah pada saat tiga hari menjelang perlombaan, sebaiknya atur ulang kembali pola makannya, gantilah pakan biji-bijian dengan memberikan Lovebird jagoan anda pakan berupa pellet ekslusif. Selain itu, memberikan pakan biji bunga matahari akan membantu meningkatkan birahi si burung, kemudian untuk menambah staminanya berikanlah kangkung atau jagung muda.

Demikianlah beberapa tips atau cara yang bisa anda praktekkan jika ingin mendapatkan Lovebird yang sehat dan menjadi juara pada perlombaan. Pakan yang bagus serta pola makan yang teratur adalah kunci dari perawatan si cantik Lovebird agar tubuhnya lebih sehat dan bisa mengeluarkan suara yang bagus dan berkualitas. Selain itu, skill burung bisa ditambah dan dikembangkan dengan cara melatih Lovebird sesuai dengan pola yang sudah disebutkan di atas. Sesungguhnya, kualitas induk adalah hal yang sangat berpengaruh pada Lovebird anakan, jika indukannya juara maka akan lebih mudah dalam melatih Lovebird kesayangan anda agar bisa menjadi juara pada event perlombaan yang diikutinya.

Tags :

perawatan lovebird, harga lovebird, ternak lovebird, cara ternak lovebird, kandang ternak lovebird, lovebird kusumo, lovebird ngekek panjang, kandang lovebird, lovebird ngekek panjang dijual, peternak lovebird, cara beternak lovebird

Perawatan si “Cantik” Lovebird agar Jadi Juara Lomba | Admin | 4.5