Cara Perawatan Pleci Agar Bersuara Nyaring dan Merdu

vitaminburung

Tips Perawatan Pleci Agar Bersuara Nyaring dan Merdu

Perawatan pleci..Burung Pleci tercatat mempunyai ciri khas pada bagian lingkar mata alias kacamata dan warna putih yang melingkar pada sekeliling bagian mata. Unggas jinak ini memiliki suara kicauan merdu yang sering diistilahkan dengan sebutan ngalas. Suara kicauan ngalas pleci ini, berhasil mengantarkan popularitas burung peliharaan ini melejit di kalangan penghobi burung kicauan. Dalam berbagai arena kompetisi burung berkicau yang ramai belakangan ini, kelas dengan jumlah peserta paling banyak ditemukan pada jenis pleci.

Pleci kacamata bisa juga dijadikan burung alternatif bagi para pemula yang mulai suka dengan kicauan burung. Selain dari harga yang sangat kompetitif, perawatan pleci harian burung pleci ini juga relatif gampang. Burung pleci yang bisa saja dihargai murah ketika masih bakalan, bisa saja menjadi berharga jutaan setelah mencapai kemampuan maksimalnya. Burung pleci jinak dengan kicauan yang sudah ngeplong atau gacor dengan durasi yang panjang tak jarang dihargai sangat tinggi.

Tips Perawatan pleci Harian Agar Pleci Berkicau Maksimal Dan matap Jiwa.

perawatan pleci

makanan pleci

Pada dasarnya, burung pleci bisa langsung didapatkan kemampuan kicaunya dengan perawatan yang baik, benar dan sesuai. Namun jika burung kicau ini sekedar dipelihara sekadarnya tanpa memperhatikan pola perawatan yang seharusnya, maka hasil yang Anda dapatkan pun juga sekedarnya. Intinya apa yang Anda berikan, itulah yang Anda dapatkan pula. Jika Anda memberikan perawatan yang benar dengan penuh perhatian dan kesabaran, maka pleci yang gacor ngalas pun bisa Anda dapatkan sebagai burung juara dengan harga jual yang sangat tinggi.

Tips pemeliharaan dan perawaran pleci agar lekas gacor sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan perawatan burung berkicau lainnya. Perawatan  pleci harian tersebut antara lain meliputi pengembunan, pemberian pakan, penjemuran, pemasteran dan lain sebagainya. Lakukan perawatan pleci ini secara konsisten agar bakalan pleci berkualitas Anda dapat memberikan suara kicauan yang lantang dan merdu.

perawatan pleci

burung pleci

Penjemuran

Menjemur pleci baiknya dilakukan secara rutin dan termasuk dalam langkah perawatan pleci harian utama. Penjemuran pleci ini umumnya dilakukan pagi hari dari matahari terbit dan sore hari sebelum matahari terbenam. Sebelum melakukan penjemuran pleci, sebaiknya burung terlebih dahulu dimandikan. Apabila Anda memiliki lebih dari 1 ekor burung pleci, sebaiknya penjemuran dilakukan secara bersamaan pada lokasi dan waktu yang sama pula agar dapat merangsang burung-burung pleci tersebut untuk saling sahut satu sama lainnya. Penjemuran bersama ini juga dapat digunakan untuk melatih kelantangan suara kicau pleci tersebut.

Fisik

Umumnya burung yang sanggup berkicau dengan lantang dan merdu adalah burung yang bergerak aktif dan selalu dalam kondisi yang bugar. Maka dari itu, Anda pun sebaiknya memperhatikan bentuk fisik burung pleci tersebut. Bagaimana bisa fisik burung Anda pengaruhi? Bisa, pertama dengan membuat tenggeran sedemikian rupa. Anda dapat memasangkan batang bertengger yang tidak biasa dengan meletakkan 2 batang tenggeran yang letaknya agak berjauhan. Kedua tenggeran tersebut akan membuat pleci lebih banyak bergerak, gesit dan banyak membakar lemak dalam tubuhnya.

Latihan fisik ini selain halnya membentuk postur dan fisik yang lebih bagus juga sangat mempengaruhi pernafasan burung tersebut. Dengan pernafasan yang kuat dan sehat yang secara lansung berdampak pada intensitas dan kualitas kicauan yang semakin baik pula.

Pakan

Makanan yang paling sesuai untuk burung pleci agar berkicau dengan baik haruslah mengandung nutrisi dan kadar gizi yang lengkap sesuai dengan kebutuhan si burung tersebut. Hal ini juga memerhatikan kebutuhan asupan gizi dan serat yang diperlukan oleh pleci. Apabila Anda hanya memberi pakan berupa voer standar saja, alhasil penampilan dan performa pleci yang didapat pun juga biasa saja. Hal ini lebih dikarenakan nutrisi yang dibutuhkan tidak terpenuhi secara maksimal. Dengan memberikan voer yang berkualitas dengan kadar nutrisi yang terjamin, maka kebutuhan utama akan gizi akan mudah tercukupi.

Agar penampilannya semakin maksimal, pleci gacor umumnya tidak akan cukup dengan pakan veor berkualitas saja. Ada beberapa makanan tambahan yang juga perlu Anda berikan yaitu buah-buahan segar seperti apel, jeruk, pisang kepok, pepaya dan lain lain. Ada pula makanan tambahan untuk kebutuhan protein hewani dari ulat hongkong, kroto dan lain sebagainya. Untuk melengkapi nutrisi tersebut, Anda juga bisa memberikan nektar. Madu tumbuhan ini mungkin relatif sulit untuk didapat, namun Anda bisa membuatnya sendiri dengan larutan gula dengan perbandingan 1:4.

Pengembunan

Pengembunan juga termasuk dalam perawatan harian yang cukup penting bagi kondisi fisik pleci. Kegiatan pengembunan ini dilakukan dengan cara menggantungkan sangkar burung pleci di luar rumah atau di luar ruangan pada pagi buta. Cukup mirip dengan proses penjemuran, proses pengembunan ini sama-sama menempatkan burung pada kondisi dan suhu luar ruangan. Pengembunan dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terbit dimana suhu di luar terasa sangat sejuk.

Umumnya penembunan dilakukan pada saat sebelum matahari terbit, tepatnya selepas subuh kisaran pukul 05.00 dan dlikaukan hingga pukul 06.00 pagi. Peletakkan sangkar dalam proses pengembunan ini sebaiknya diletakkan atau digantungkan pada ranting-ranting pepohonan yang sejuk. Hal ini bertujuan agar burung pleci bisa menghirup udara segar yang tentunya sangat bermanfaat pada latihan pernafasan. Apabila burung pleci sudah biasa diembunkan, secara otomatis saluran pernafasannya menjadi semakin bagus sehingga suara kicau yang dihasilkan menjadi semakin maksimal.

Proses Pemasteran

Bagian dalam perawatan harian pleci berikutnya adalah kegiatan mastering untuk melatih kicauan. Dengan proses pemasteran yang benar dan tepat, maka kicauan yang bisa Anda dapatkan pun juga lebih baik dibanding membiarkan pleci berkicau sekedarnya. Perlu diingat, sebagus apapun bakalan pleci yang Anda miliki, tanpa proses pemasteran yang sesuai maka ia hanya akan menjadi pleci kicauan biasa saja sebab kemampuan terbaiknya tidak dieksplor dan diasah.

Metode pemasteran untuk memancing kicau pleci bakalan bisa kita lakukan dengan memperdengarkan kicauan gacor dari pleci betina. Lalu untuk burung pleci yang dirasa sudah siap atau bisa dikatakan sudah jadi, boleh saja dimasterkan menggunakan sejumlah suara kicauan dari burung lain seperti burung madu, jalak suren dan lain-lain. Proses pemasteran ini bisa dilakukan saat malam hari atau selama pleci dalam kerodong agar ia lebih fokus memplejari suara kicau tersebut. Dan yang paling penting lakukan secara rutin dan konsisten.

Kebersihan

Tak hanya berlaku untuk burung pleci saja, faktor kebersihan menjadi hal wajib yang harus diperhatikan oleh para pemilik hewan peliharaan untuk perawatannya. Kebersihan sangkar pleci merupakan hal wajib untuk diperhatikan agar burung peliharaan Anda tersebut terhindar dari penyakit dan infeksi. Sisa makanan, kotoran dan tumpahan air membuat sangkar menjadi tempat ideal tumbuhnya bakteri dan kuman. Penyakit pun mengintai pleci kesayangan jika sangkar yang dihuninya juga ditempati oleh jamur dan bakteri.

Selain kebersihan sangkar, kebersihan si pleci sendiri juga harus sangat diperhatikan. Tentu saja dengan melatih mandi dan membiasakan pleci untuk mandi. Kegiatan rutin ini selain sekedar membersihkan tubuh pleci ternyata juga memberikan pengaruh lain terhadap kondisi mentalnya. Namun pada intinya, mandi akan membuat tubuh pleci segar, bulu menjadi bersih dan halus. Dengan mandi secara rutin maka pleci Anda pun akan memiliki kondisi yang selalu bugar dengan kicauan yang lebih mantap.

Beberapa perawatan harian pleci di atas memiliki tujuan untuk membuat pleci menjadi cepat gacor ngeplong sekaligus mendapatkan burung yang memiliki fisik yang sehat dan indah. Dengan melakukan perawatan harian secara konsisten maka Anda akan lebih mudah menyiapkannya jika akan diikut sertakan dalam event dan kontes.

Cara Perawatan Pleci Agar Bersuara Nyaring dan Merdu | Admin | 4.5