Suara Anis Cendana Gacor

anis cendana, burung anis cendana, gambar anis cendana, gambar burung anis cendana, anis cendana gacor, suara anis cendana

via: orientalbirdimages.org

Suara Anis Cendana || Sekilas mendengar kata cendana, mungkin sobat pensaran dengan burung anis satu ini. Burung cendana bukanlah burung yang fenomenal, burung ini cukup dikenal di kalangan kicaumania di negeri ini. Burung anis cendana mungkin tak sefenomenal burung anis merah anis macan, tetapi burung ini juga memiliki berbagai kelebihan yang cukup dihargai.

Burung anis cendana bernama ilimah Zoothera Peronii, burung ini di Indonesia paling banyak ditemukan di Flores, sedangkan di luar negeri paling banyak ditemukan di Timur Leste. Pertama burung ini hadir di dunia perburungkicauan, sekilas terlihat cukup manja dan dikira biasa-biasa saja, hanya penampilan warnanya saja yang menarik, namun ketika berkicau, kicauannya sungguh mengagumkan. Dari sinilah, banyak yang menggadang-gadang burung ini akan ngetrend dan kepopulerannya melebihi burung anis merah.

Hingga sekarang ini, burung anis cendana tidak beranjak menjadi familiar, karena memang keterbatasan populasi di negeri ini, dan cukup jarang ditemui di pasaran. Jadi, wajar bila keberadaan burung ini masih belum terlalu dikenal oleh sebagian besar kicaumania, tetapi bukan berarti tak ada yang memilikinya. Bahkan ada juga penangkar burung anis cendana, hanya saja tak begitu banyak.

Sebenarnya ada dua jenis burung anis cendana yang terkenal, yaitu bernama ilimah Zoothera Peronii Peronii yang menyebar di pulau Rote dan Timur Barat. Sedangkan jenis yang kedua yaitu Zoothera Peronii Audacis yang menyebar di Timur Leste, Babar, dan Romang. Postur fisik dan warna yang menyerupai burung anis merah, anis macan, dan anis kayu, maka banyak anggapan bahwa burung anis cendana merupakan hasil dari persilangan antara burung anis merah dengan anis macan atau anis merah dengan anis kayu.

Jika dilihat dari segi suara kicauannya, maka suaranya terdengar sangat istimewa, terdapat beberapa variasi suara yang berkombinasi dan sangat bagus. Volume suara yang disuarakan cukup keras dan menjadikan burung ini dianggap pantas untuk dijadikan burung kicauan di rumah maupun untuk dilombakan. Tetapi, karena faktor tertentu yang membuat burung anis cendana kurang begitu populer, sehingga kurang peminat.

Meskipun penggemar burung anis cendana tak sebanyak burung anis jenis lainnya, tetapi burung ini tetap dihargai di pasaran. Harga anis cendana terbilang sedang, tidak terlalu mahal dan tidak juga murah (lihat: harga anis cendana). Meski burung ini terbilang agak langka, tetapi harganya tak semahal burung langka lainnya. Meski harga anis cendana tidaklah baku atau tetap, karena setiap daerah mematok harga yang berbeda-beda, tetapi secara umum harga anis cendana cukup sesuai dengan kelebihan dan kelurangannya.

Jika dilihat dari segi gaya, memang gaya anis cendana ketika gacor kurang sesuai, nampak nungging, jadi meskipun suaranya bagus tetapi gayanya yang kurang pas menjadikannya nampak kurang menarik. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa suara anis cendana benar-benar bagus dan cocok untuk dijadikan sebagai suara masteran burung kicau, seperti: anis merah, cucak ijo, murai batu, dan lain sebagainya. Bagi sobat kicaumania yang merasa penasaran dan ingin tahu bagaimanakah suara burung anis cendana, maka akan kami sertakanmp3 audionya di bawah ini untuk bisa anda download.

Suara Anis Cendana:

Demikianlah ulasan tentang burung anis cendana yang memiiki suara kicauan istimewa yang bisa anda dapatkan mp3nya yang telah kami sajikan di atas. Banyak yang memburu suara anis cendana untuk diperdengarkan pada burung kicau pilihan, karena dirasa bagus dan cocok.

Suara Anis Cendana Gacor | Admin | 4.5