Suara Burung Decu Durasi Panjang

decu, burung decu, gambar decu, gambar burung decu, suara decu, suara burung decu

via: www.hbw.com

Suara Burung Decu || Tahukah anda bahwa burung decu sebenarnya merupakan burung kicau yang sempat fenomanal di tahun 90-an. Saat itu burung ini diperhitungkan oleh para penghobi burung kicau di negeri ini, tetapi kini burung decu agak dipandang sebelah mata, karena melihat begitu banyaknya burung kicau yang menjadi primadona, seperti: burung lovebird, kenari, murai batu, cucak ijo, dan lain sebagainya. Burung ini sekarang tak semenarik dulu, bahkan levelnya dianggap masih dibawah burung pleci dan ciblek.

Burung decu sebenarnya bernama latin Saxicola caprata, burung decu terkenal memiliki suara kicau yang sangat merdu, memiliki lagu yang bervariasi, serta volume yang kencang. Di alam bebas, burung decu kicauannya terdengar nyaring dan melengking tajam, suaranya yang bagus ini patut untuk dijadikan bahan masteran untuk burung kicau seperti: kacer, cendet, dan cucak ijo.

Burung decu mirip sekali dengan burung kacer, sehingga tak heran bila banyak kicaumania yang menyebutnya dengan sebutan burung “kacer mini”. Ketika berkicau, burung ini nampak memainkan ekornya, ekornya bergerak naik-turun. Ini menjadi ciri khas atau gaya yang khas yang dimiliki burung decu, tentu akan lebih menarik bila burung ini dilatih dan diberikan perawatan yang tepat.

Burung decu selain sebagi burung peliharaan di rumah atau burung penjaga, sebenarnya tak sedikit yang menangkar atau beternak burung ini (baca: ternak burung decu). Dan perawatannya pun tak jauh berbeda dengan perawatan burung kicau pada umumnya. Tetapi, bukan berarti peminat burung ini sangat banyak, karena di pasaran peminat burung decu tak sebanyak burung kicau lainnya. Bisa dikarenakan sekarang bukan termasuk era burung decu, karena sangat jarang atau bahkan tak ada lomba burung kicau saat ini yang menyertakan burung decu dalam kelas.

Sebenarnya burung decu bukanlah burung endemik dalam negeri, burung ini penyebarannya meliputi negara-negara di Asia Barat, Asia Selatan, dan Asia Tengah, diantaranya seperti: India, Myanmar, Filipina, dan Afganistan. Burung ini meski bukanlah burung asli dari Indonesia, tetapi penyebarannya hingga ke Indonesia, dan paling banyak ditemukan di pulau Jawa.

Cukup mudah membedakan burung decu jantan dengan betina, decu jantan sebagian besar bulunya berwarna hitam, dan ada sedikit warna putih di bagian sayap dan ekonya. Sedangkan decu betina bulunya berwarna coklat pudar dan kusam. Jika dilihat dari suaranya, tentu decu jantan lebih banyak bersuara, lagunya bervariasi, dan volume suaranya lebiih keras dibandingkan decu betina.

Burung decu meskipun ukuran tubuhnya kecil, tetapi burung ini kicauannya dianggap bagus melebihi postur fisiknya. Jadi, agar burung ini tidak dianggap sebelah mata, maka perlu didengarkan kemampuannya dalam berkicau. Karena kicauannya yang bagus, tak sedikit penghobi burung mengunakan suaranya untuk memaster burung kicau yang digemari. Sebenarnya postur burung decu lebih besar daripada burung gereja dan pipit.

Di habitat aslinya, burung decus gemar memakan serangga, cacing, dan ulat. Burung ini sering kali berada di daratan untuk mencai makanan favoritnya tersebut. Perkembangbiakan burung decu dimulai dari bulan februari sampai bulan agustus, burung bertelur bisa menghasilkan 4-6 butir telur (cukup banyak), dan dierami selama (paling lama) 14 hari telur tersbeut sampai menetas.

Sayang sekali bila burung sebagus ini kini tak begitu populer di dunia perburungkicauan, mengingat suaranya yang bagus, postur mungil namun tegap dan nampak berwibawa. Harganya pun terjangkau oleh semua kalangan, paling mahal hanya mencapai ratusan ribu rupiah (lihat: harga burung decu). Suara burung decu yang bagus bisa anda coba dapatkan, baik sebagai koleksi ataupun bisa anda coba untuk memaster burung kicau kesayangan anda.

Suara Burung Decu:

Demikianlah artikel yang bisa kami publikasikan kepada sobat kicaumania, terutama penghobi burung kicau pemula yang butuh banyak informasi mengenai burung kicau, dan kali ini pembahasannya seputar burung decu lengkap dengan mp3 audio kicauannya yang bisa anda donwload. Semoga pembasahan kali ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca artikel ini.

Suara Burung Decu Durasi Panjang | Admin | 4.5