Suara Burung Manyar Jernih

manyar, burung manyar, gambar manyar, gambar burung manyar, suara manyar, suara burung manyar, burung manyar gacor, manyar gacor

via: zonaburung.com

Suara Burung Manyar || Burung manyar merupakan salah satu burung kicau yang juga memiliki suara kicauan yang bagus. Burung manyar merupakan burung kicau bertipe Granivora yaitu burung pemakan biji-bijian. Burung manyar masih termasuk dalam keluarga Ploceus, burung ini berasal dari Afrika. Pada umumnya, burung manyar disebut sebagai burung penenun finces, dikarenakan burung ini terkenal pandai dalam hal menenun sarang, baik dari dedaunan, ranting, dan serat tumbuhan dan rerumputan.

Burung manyar juga dikenal dengan nama dalam bahasa Inggris yaitu Weaver Bird, ya salah satu alasannya adalah burung ini memiliki saran yang bagus, unik, dan rumit, jadi wajar bila banyak yang menyebutnya sebagai burung penenun atau penganyam. Burung manyar tidak hanya piawai dalam membuat sarang, tetapi burung ini juga memiliki kicauan yang sangat indah, burung ini masih kerabat dekat burung jenis finch. Burung ini cukup diperhitungkan di perburungkicauan di negeri ini, harganya terbilang cukup tinggi (lihat: harga burung manyar)

Burung manyar cukup populer di dunia, ada 4 spesies burung manyar dari Asia, 3 diantaranya berasal dari Indonesia, yaitu Ploceus Manyar (manyar jambul), Ploceus Hypoxanthus (manyar emas), dan Ploceus Philippinus (manyar tempua). Masing-masing spesies tersebut memiliki keunggulan dan ciri khas yang berbeda, terutama dari segi fisik dan suara.

Secara umum, burung manyar memiliki ciri yaitu memiliki mahkota di atas kepalanya yang berwarna emas, sedangkan untuk warna cukup beragam, tetapi yang paling umum dan dominan adalah berwarna kuning. Ukuran tubuh burung manyar sekitar 15 cm, postur jantan lebih besar dari yang betina. Burung manyar jantan juga lebih senang berkicau dibandingkan dengan manyar betina.

Burung manyar biasanya berada di area hutan, padang rumput, rawa, pinggiran sungai, perwawahan,  dan lain sebagainya. Terkadang burung ini terlihat di sekitar pemukiman penduduk, terutama di lokasi yang terdapat pepohonan favoritnya. Burung ini sangat menyukai biji-bijian, tetapi tak jarang pula memakan serangga-serangga kecil. Burung dini dianggap perawatannya tak terlalu sulit, karena pakan yang mudah didapat, burung yang tidak manja, mudah beradaptasi, dan lain sebagainya (baca: ternak burung manyar).

Burung manyar masih tergolong tipe burung sosial, karena burung ini hidupnya secara berkoloni atau berkelompok dengan sesamanya. Burung ini juga sering kali saling membantu, terutama dalam hal mencari ranting dan dedaunan untuk dijadikan sarang, selain itu juga ketika ada burung lain yang datang, maka secara bergerombol siap untuk mengusirnya.

Burung manyar memiliki lengkingan nada yang being dan khas, ditambah lagi dengan volume suara yang keras, maka tak heran bila banyak kicaumania yang menggunakan suara kicauannya untuk bahan mastering. Kebanyakan suara burung manyar dimasterkan pada burung kicau seperti: kenari, murai batu, ciblek, dan cucak ijo. Apalagi besetan pertamanya yang keras dan tajam, sangat cocok buat burung kicau bertipe fighter.

Mengingat suara burung manyar sangat indah dan menjadi incaran sebagai audio masteran, maka akan kami bagikan kepada sobat sekalian yang sedang mencarinya. Silahkan download beberapa mp3 audio suara burung manyar di bawah ini.

Sauara Burung Manyar:

Cara mengunduhnya sangat mudah, apalagi buat anda yang sudah menginstal IDM, maka akan sangat cepat. Cukup dengan klik tulisan atau link “Download” di atas, maka akan otomatis mendownload, bila belum juga mendownload, maka akan membuka tab baru, silahkan dikunjungi, klik link yang downloadnya. Bagaimana? sangat mudah sekali mendownloadnya? semoga ulasan singkat seputar burung manyar bisa menjadi bahan pembahasan yang menarik buat sobat sekalian yang belum mengetahuinya, dan sekalian suara kicauannya bisa berguna untuk diperdengarkan pada burung kicau kesayangan anda.

Suara Burung Manyar Jernih | Admin | 4.5