Suara Ciblek Ngebren Rapat

ciblek, burung ciblek, gambar ciblek, gambar burung ciblek, suara ciblek

via: burung252.blogspot.co.id

Suara Ciblek || Tidak bisa dipungkiri bahwa burung ciblek termasuk jenis burung kicau yang banyak diminati para pecinta burung kicau di negeri ini. Burung ciblek sebenarnya terkenal dengan nama prenjak jawa, dan burung ini juga memiliki nama beken dalam bahasa Inggris, yaitu Bar Winged Prinia. Dalam bahasa latin burung ciblek disebut Prinia Familiaris Horsfield, burung ini termasuk dalam keluarga Cisticolidae.

Ada berbagai macam jenis burung ciblek yang ternama di Indonesia, diantaranya ialah: burung ciblek gunng, ciblek putih, ciblek kebun, dan ciblek semi. Burung ciblek di negeri ini sangat digemari, banyak sekali penghobi dan penangkar burungciblek, sehingga keberadaan burung ciblek selalu ada. Penyebaran burung ciblek meliputi, pulau Jawa, Sumatra, dan Bali.

Di alam bebas, burung ciblek terbiasa hidup di sekitar lingkungan penduduk, pinggiran hutan, persawahan, dan dataran rendah dengan ketinggian 1000 meter dari atas permukaan laut. Tak seperti burung kicau lainnya,burung ciblek tak begitu pasti musim perkembangbiakannya. Namun, burung ini sering ditemui berkembang biak pada musim hujan, dan burung ini menghasilkan 2-3 butir telur setiap periodenya.

Burung ciblek menyukai pakan berupa serangga, telur kupu-kupu, rayap, ulat daun, telur semut, dan lain sebagainya. Di habitat aslinya, burung ini sering kali berada di daratan untuk mencari pakan-pakan yang disukainya tersebut. Burung ini senang sekali berkicau, dan suara kicauan yang terkenal adalah “cikrakk…cikrakk..”. Sangat khas sekali, bahkan tak sedikit penghobi burung kicau yang memakai suara burung ciblek untuk digunakan memaster burung favorit, seperti: kenari, kacer, lovebird, dan lain sebagainya.

Suara burung ciblek sangat berkarakter, sering kali ciblek mengulang suaranya secara terus-menerus yang enak didengarkan dan tidak bosan-bosan. Durasi kicauannya cukup lama, sehingga bila suara tersebut dimasterkan pada burung kicau lain tentu hasilnya cukup bagus. Karena suara ciblek memiliki ciri khas yang tidak dimiliki burung kicau lainnya.

Kicauan burung ciblek terkenal dengan sitilah ngebren, istilah ini digunakan oleh kicaumania pada burung ciblek yang rajin berkicau, berkicau dengan tempo yang rapat dan keras. Untuk menjadikan burung ciblek ngebren diperlukan perawatan-perawatan yang baik, selain itu burung ciblek juga harus memiliki mental yang bagus. Burung ciblek terkenal sebagai burung yang berpostur kecil, burung ini pada era 80 dan 90-an sangat mudah ditemui di sekitar rumah, atau di lingkungan penduduk. Tetapi, kini kondisi sudah berubah, burung ciblek sudah jarang ditemui di sekitar manusia, burung ini lebih memilih tinggal di area yang jauh dari manusia dikarenakan banyaknya penangkapan terhadap burung-burung kicau oleh para pemburu.

Untuk membedakan burung ciblek jantan dan betina cukup mudah bila dilihat dari paruhnya, pada ciblek dewasa paruhnya berwarna hitam, dan ciblek jantan muda paruh bagian bawah berwarna putih agak pucat, ujung paruhnya berwarna hitam, sedangkan ciblek betina paruhnya berwarna putih.

Burung ciblek ketika bersuara, suaranya sering kali bertempo tinggi, serta volume suaranya yang keras. Burung ciblek dikatakan sudah bagus bila sudah bisa berkicau, dan rajin berkicau. Tetapi bila dilombakan, itu tidak cukup, dalam lomba burung ciblek harus pandai dalam berkicau, gaya yang bagus, mental yang kuat, memiliki variasi lagu, volume suara yang keras, dan lain sebagainya.

Perawatan burung bisa dibilang susah-susah gampang, seperti perawatan burung kicau pada umumnya, yakni diberikan pakan harian dan pakan tambahan, pemandian dan penjemuran, hingga pemasteran agar burung kicau bisa menirukan suara burung master. Pemberian vitamin terkadang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung, maka disarankan minimal sebalan sekali diberi vitamin untuk burung ciblek. OrBird adalah vitamin multimanfaat yang direkomendasikan untuk burung ciblek.

Dalam memelihara burung ciblek memang tak selalu mulus, ada kalanya terjadi masalah pada burung tersebut, semisal saja burung ciblek macet bunyi, terkena katarak, mencret, kurus kering, dan lain sebagainya. Sebagai penghobi burung ciblek dituntuk kesabarannya ekstra, dan dengan ketelatenannya agar terus memberikan perawatan terbaik dan memberika segala kebutuhannya, termasuk juga obat dan vitamin untuk mengatasi gangguan-gangguan yang diderita (baca: ternak burung ciblek).

Syarat utama agar burung ciblek senag berkicau adalah harus dalam kondisi sehat, karena ketika sakit biasanya lebih banyak diam. Maka dari itu terus berikan nutrisis yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizinya agar ciblek selalu fit dan tampil prima. Yang terpenting adalah usaha dari penghobi burung ciblek untuk menjaga dan merawatnya secara rutin setiap hari secara konsisten.

Burung ciblek harganya terbilang terjangkau, karena memang burung ini mudah didapatkan di pasaran, keberadaannya di alam bebas juga masih banyak, meskipun mulai jarang ditemui di lingkungan sekitar penduduk (lihat: harga burung ciblek). Bagi anda yang berminat untuk memiliki burung ciblek, maka kunjungi pasar burung terdekat untuk mendapatkannya. Anda bisa memilih ciblek, dari yang masih anakan, dewasa, maupun yang sudah pandai berkicau, tentu harganya menyesuaikan faktor-faktor tersebut.

Suara ciblek yang ngebren, mp3nya menjadi incara bagi sebagian besar kicaumania, terutama untuk diperdengarkan pada burung kicau pilihan. Oleh karena itu, di sini kami akan berbagi beberapa audio mp3 suara burung ciblek yang bisa anda download dengan mudah.

Suara Ciblek:

Demikianlah uraian singkat seputar burung ciblek lengkap dengan mp3 suara kicauannya yang semoga bisa anda dapatkan melalui artikel ini, semoga bisa berguna sebagai bahan masteran pada burung kicau kesayangan anda. Terus berikan perawatan dan pemasteran agar burung ciblek peliharaan anda semakin sehat dan handal dalam berkicau, terutama memiliki variasi suara yang bagus.

Suara Ciblek Ngebren Rapat | Admin | 4.5