Suara Cililin Nembak Rapat

cililin, burung cililin, gambar cililin, gambar burung cililin, cililin gacor, suara cililin

via: www..hbw.com

Suara Cililin || Bagi sobat kicaumania pastinya sudah tidak asing lagi dengan burung kicau yang satu ini, burung cililin. Burung cililin adalah salah satu burug kicau yang unik di negeri ini, meskipun burung ini memiliki suara yang bagus, oleh karena itu burung cililin termasuk burung petarung. Tetapi, karena suaranya yang unik itu menjadikan banyak orang menggunakan suaranya untuk memaster burung cendet, kacer, cucak ijo, kenari, dan lain sebagainya.

Burung cililin juga memiliki sebutan lain, yaitu burung “Tangkar Ogklet”, sedangkan dalam bahasa melayu burung cililin disebut “Gagak Jerit”. Burung cililin juga terkenal di Internasional, dalam bahasa Inggris burung ini disebut “Crested Jay“, nah kalau untuk nama ilmiahnya sendiri adalah Platylophus galericulatus. Burung cililin masih tergabung dalam keluarga Corvidae atau termasuk dalam spesies burung gagak-gagakan.

Burung cililin memiliki kecerdasan yang cukup tinggi, namun disisi lain burung ini juga memiliki kekurangan, yaitu mudah stres. Maka dari itu, dalam hal perawatan, diperlukan perawatan yang benar-benar sesuai agar burung cililin tidak gampang stres, selain itu juga kandang harus bagus, sesuai, dan selalu dalam kondisi yang bersih agar burung ini merasa nyaman (baca: ternak cililin).

Karena burung cililin memiliki kecerdasan yang bagus, maka burung ini juga mudah dimaster, sehingga bisa menirukan suara burung kicau lainnya. Burung cililin ketika berkicau, volume suaranya sangat keras, ketika burung terpancing dengan suara burung kicau lain, maka burung cililin akan menanggapi dengan emosi yang meningkat, serta berbunyi dengan tembakan yang rapat. Tempabakn rapat cililin inilah yang bisanya menjadi buruan sobat kicaumania sebagai bahan untuk memaster burung kicau pilihan.

Postur fisik burung cililin cukup besar, yaitu sekitar 28 cm, dan burung cililin memiliki jambul yang menjadi ciri khas fisiknya. Bulu burung cililin berwarna hitam kecoklatan, dan terdapat bercak berwarna putih di sekitar lehernya. Di alam bebas, burung cililin hidup di hutan dataran rendah 1.20 Mdpl. Penyebaran burung ini cukup meluas, mulai dari semenanjung Malaya hingga Sunda Besar. Sedangkan di Indonesia sendiri, burung ini paling banyak ditemukan di Sumatra dan Kalimantan.

Banyak yang merasa kesulitan membedakan burung cililin jantan dan betina, padahal bisa dengan mudah membedakannya, karena cililin jantan kepalanya lebih besar dibanding betina, begitu juga dengan suaranya, ciliin jantan lebih senang berkicau, dan suara kicauannya lebih keras. Burung cililin di pasaran cukup diminati, dan harganya lumayan tinggi, tetapi tetap tergantung juga faktor usia, variasi atau jenis, dan kemampuannya dalam berkicau (lihat: harga cililin)

Burung cililin terkenal dengan suara tembakannya yang rapat, cocok sekali diperdengarkan pada burung kicau kesayangan, agar bisa menirukan suara kicauannya. Sehingga burung mememiliki lagu yang bagus dan bervariasi. Bagi anda yang berminat untuk memiliki suara cililin, maka akan kami share beberapa mp3 audionya untuk anda di bawah ini.

Suara Cililin:

Demikianlah share informasi dari kami mengenai burung cililin beserta beberapa mp3 suara kicauannya, bagi sobat yang belum pernah mendengar nama burung cililin, semoga artikel ini bisa menambah wawasan buat anda, sekalian mp3 suara cililin bisa anda dapatkan pada postingan kali ini.

Suara Cililin Nembak Rapat | Admin | 4.5