Suara Cipoh Mendayu Merdu

sirpu, cipoh, cito, cipoh, sirtu, gambar cipoh, burung cipoh, gambar burung cipoh, gambar sirpu, gambar cipo, gambar cipow, cipow, gambar cito

via: downloadkicauburung.blogspot.co.id

Suara Cipoh || Burung cipoh merupakan salah satu jenis burung kicau yang berkarakter, burung ini meski tak sefenomenal burung lovebird, kenari, pleci, dan lain sebagainya, tetapi burung ini cukup dihargai di kalangan kicaumania. Karena burung cipoh tidak hanya unggul dari segi penampilan luarnya saja, tetapi burung ini juga bisa berkicau mendayu, dangat merdu.

Tahukah anda bahwa burung cipoh ini memiliki nama yang cukup banyak dan berbeda-beda sebutan dari berbagai daerah, mulai dari nama cipoh, sirtu, cipo, cito, sirpu, sirdung, kunyit kecil, dan lain sebangainya. Burung cipoh cukup lincah, dan banyak yang menganggap bahwa burung cipoh ini sulit dijinakkan. Berbeda halnya dengan burung murai batu yang lebih mudah dijinakkan.

Burung cipoh sebenarnya merupakan burung asli Indonesia, populasinya cukup banyak, dan hampir setiap hutan di Indonesia terdapat burung cipoh. Burung cipoh terbilang murah, mengingat bahwa keberadaan burung ini cukup banyak, terbukti dengan beragam penyebutan burung ini, hal ini menunjukkan bahwa burung cipoh ada di berbagai daerah (lihat: harga burung cipoh).

Burung cipoh biasanya hidup di kawan hutan, terkadang burung ini mencari makanan di daratan. Burung cipoh senang melompat ke tiap-tiap ranting pohon sembari berbunyi “cii…pow..”, terdengar sangat merdu, mendayu, dengan nuansa alam yang alami. Burung cipoh berkarakter pendiam dan pemalu, burung ini juga sangat agresif ketika mencari pakan dan mengusir burung lain yang memasuki daerah teritorialnya, jadi wajar bila burung cipoh termasuk burung yang sulit untuk dijinakkan.

Perlu sobat ketahui bahwa burung cipoh juga memiliki nama ilmiah, yaitu Aegithina Tiphia. Terkandang burung cipoh membuat sarang yang kurang tinggi, sehingga menjadikan binatang predator seperti: tikus, biawak, ular, memakan telur-telurnya dan mengacak-acak sarangnya.

Burung cipoh hidupnya secara bergerombol, burung ini sering ditemui selalu bersama-sama, baik saat mencari makanan maupun sekedar menangkring dan bercengkrama di pepohonan. Adapun makanan yang disukai burung cipoh, diantaranya adalah: nektar bunga, pisang, kroto, serangga kecil, telur serangga, biji-bijian, dan lain sebagainya. Postur fisik burung cipoh termasuk kecil, yaitu sekitar 10 cm, meskipun posturnya kecil namun suaranya sangat merdu.

Suara cipoh yang merdu menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian besar kicaumania, banyak yang memanfaatkan suara kicauannya untuk bahan mastering pada burung kicau pilihan, seperti: kenari, ciblek, pleci, kacer, dan lain sebagainya. Mungkin anda tertarik untuk memiliki suara burung cipoh, maka akan kami bagikan kepada anda mp3 audio kicauan cipoh berikut ini.

Suara Cipoh:

Sekian informasi yang dapat kami publikasikan kepada anda mengenai burung cipoh beserta koleksi suara kicauannya yang mendayu dan sangat merdu, semoga bisa bermanfaat sebagai bahan masteran untuk burung kicau kesayangan anda. Terus kunjungi blog kami ini untuk mendapatkan informasi terbaru dan terupdate yang lebih menarik lagi.

Suara Cipoh Mendayu Merdu | Admin | 4.5