Cara Ternak Burung Kutilang Bagi Pemula

Ternak Burung Kutilang || Cara ternak burung kutilang bisa dilakukan dengan menggunakan sangkar burung yang berukuran cukup besar. Sehingga bagi Anda yang tidak memiliki cukup tempat untuk beternak burung tetap bisa mengikuti panduan cara beternak burung kutilang berikut ini. Namun sebelum kita berbicara mengenai bagaimana cara beternak burung kutilang, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu habitat, sifat, dan kebutuhan burung ini.

burung kutilang, kutilang, gambar kutilang, ternak burung kutilang

via: kicau193.blogspot.com

Burung kutilang sering ditemukan di desa desa, sering terlihat di kebun, dan di tempat-tempat terbuka termasuk di hutan sekunder. Kadangkala, burung kutilang juga mendatangi halaman halaman rumah dan semakbelukar. Burung ini menyukai makanan berupa buah-buahan seperti pisang dan pepaya. Selain buah-buahan, burung kutilang juga menyukai serangga-serangga kecil, ular, dan kupu-kupu.

Kebiasaan burung Kutilang yang harus Anda tahu salah satunya adalah kesukaannya mandi embun di pagi hari dan berjemur. Burung kutilang adalah salah satu jenis burung kicau yang tidak terlalu sulit saat dirawat. Burung ini terkenal sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan mengingat burung ini juga berani datang ke halaman-halaman rumah.

Setelah Anda mengetahui sifat dan kebiasaan burung serta makanan yang disukainya, sekarang Kita bisa mulai untuk berternak.

Cara beternak burung kutilang
Langkah pertama beternak burung kutilang adalah dengan mencari bakalan jantan dan betina. Untuk membedakan antara burung jantan dan betina, Anda bisa melihat ciri-ciri berikut ini.

Burung kutilang jantan ditandai dengan adanya jambul yang tegak dan lurus.
Dibandingkan dengan burung betina, burung jantan memiliki ukuran kepala yang lebih besar.
Burung jantan juga memiliki bentuk tubuh yang lebih padat dan lebih besar dibanding burung betina.
Cara paling mudah untuk membedakan burung kolibri jantan dan betina adalah dengan melihat bagian bawah ekornya. Burung kutilang jantan memiliki bulu berwarna orange terang di bawah ekor. Sedangkan burung betina warna bulu yang ada disana adalah warna kuning.

Suara burung jantan cenderung lebih bervariasi dengan tembakan yang lancar (gacor) berkebalikan dengan burung betina yang cenderung berkicau terputus-putus.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mencari induk burung diantaranya adalah, burung tersebut harus memiliki fisik yang bagus, tidak cacat dan memiliki bulu yang bersih. Selain itu, burung yang lincah dan cekatan serta rajin berkicau adalah ciri-ciri burung yang bagus. Syarat lain yang harus diperhatikan jika ingin beternak burung kutilang adalah, burung tersebut sebaiknya sudah cukup dewasa untuk bereproduksi.

Cara menjodohkan burung kutilang
Setelah menemukan induk burung yang tepat yang akan dijadikan sebagai bakalan, selanjutnya Anda harus menjodohkan burung kutilang agar bisa disatukan di kandang ternak. Cara menjodohkan burung kutilang adalah dengan menempatkan burung jantan dan betina di sangkar yang terpisah. Setelah itu, dekatkan sangkar tersebut agar burung jantan dan burung betina bisa saling mengenal satu sama lain dan agar burung bisa tertarik.

Setting harian harus tetap dijalankan, misalnya dengan mengembunkan burung di pagi hari dan menjemurnya. Pada saat diangin-anginkan di pagi dan sore hari, sebisa mungkin kedua sangkar burung harus didekatkan. Apabila burung sudah mulai tertarik satu sama lain, yang biasanya ditandai dengan burung jantan berusaha untuk selalu mendekati burung betina, tanda lainnya adalah apabila burung betina mulai sering mengepak-mengepakkan sayapnya. Tidak hanya pada saat pagi dan sore hari, melainkan ketika malam hari kedua sangkar burung tersebut juga sebaiknya diletakkan berdekatan.

Mempersiapkan kandang ternak burung kutilang
Kandang ternak burung kutilang bisa terbuat dari kawat ram dengan ukuran 75 cm x 75 cm x 100 cm. Di dalam kandang ternak sebaiknya disediakan sarang burung yang lembut dan halus bisa dengan menambahkan kapas. Setelah burung terlihat berjodoh, masukan kedua induk burung kutilang ke dalam kandang ternak agar bisa segera kawin dan bereproduksi (baca: harga burung kutilang).

Cara Ternak Burung Kutilang Bagi Pemula | Admin | 4.5