Cara Ternak Burung Manyar Bagi Pemula

Ternak Burung Manyar || Burung manyar yang dikenal di Indonesia ada bermacam-macam, diantaranya adalah burung manyar emas memiliki nama Latin ploceus hypoxanthus, burung manyar jambul memiliki nama Latin ploceus manyar dan burung manyar tempua yang memiliki nama latin ploceus philippinus. Burung manyar adalah jenis burung kicau layaknya burung lovebird yang suka berpoligami. Sehingga, apabila diternak, burung ini tidak terlalu sulit.

gambar burung manyar, gambar manyar, manyar, gambar burung manyar

via: www.agrobur.com

Ternak burung manyar bisa dilakukan dengan mudah terutama apabila Anda bisa mempersiapkan beberapa induk dan di tangkar di satu kandang misalnya, dalam satu kandang Anda bisa memasukkan 3 burung betina dan satu burung jantan atau kelipatannya.

Untuk lebih detailnya, Anda bisa mengikuti panduan ternak burung manyar berikut ini.

Memilih induk untuk ternak burung manyar
Pertama-tama, cobalah untuk hunting induk burung manyar yang jantan maupun betina yang bagus dan berkualitas. Untuk mendapatkan indukan burung manyar yang berkualitas tentu harganya lebih mahal (lihat: harga burung manyar). Pertama, Anda harus membekali diri dengan pengetahuan seputar perbedaan antara burung manyar jantan dan burung manyar betina.

Burung manyar jantan. Untuk jenis burung manyar jambul adalah dengan melihat jambul (mahkota) di bagian kepalanya. Burung jantan memiliki mahkota berwarna kuning namun ada juga yang berwarna gelap.

Sedangkan untuk burung manyar emas, burung jantan ditandai dengan bulu berwarna kuning yang cukup mencolok berbeda jauh dengan burung betina yang warna bulunya kecoklat-coklatan. Walau demikian, burung manyar emas yang ditangkap dari alam liar juga biasanya memiliki warna kecoklat-coklatan, akan tetapi bulunya terlihat lebih halus dan lebih mengkilat dibandingkan dengan burung betina.

Ketika memilih induk burung, Pilihlah induk burung yang sehat, terlihat lincah, rajin berkicau (simak: suara burung manyar), dan bebas dari cacat.

Mempersiapkan kandang ternak burung manyar
Kandang yang digunakan untuk beternak burung manyar bisa seperti kandang biasa untuk burung koloni lainnya. Setelah mendapatkan induk burung yang diinginkan, proses penjodohan bisa langsung dilakukan dengan menempatkan burung tersebut di dalam kandang yang sama (kandang untuk menangkar).

Jika Anda memiliki dua atau tiga ekor burung jantan untuk dipasangkan dengan beberapa ekor burung betina, di dalam sangkar sebaiknya disediakan wadah untuk sarang lebih dari satu.

Beberapa bahan yang perlu dipersiapkan untuk pembuatan sarang diantaranya adalah:

Rumput-rumput kering.
Jerami.
Rumput hijau yang panjang.
Tali rafia.
Sabut kelapa.

Atau bisa juga dengan membeli sarang yang sudah jadi di toko-toko baru. Biasanya, bentuk sarang untuk burung manyar tampak seperti keranjang berbentuk oval dengan bagian yang terbuka di bagian depan berbentuk setengah lingkaran.

Proses reproduksi burung manyar
Apabila sudah melalui proses perkawinan, biasanya burung jantan akan segera membuat sarang untuk burung betina dan burung betina akan membantu menyempurnakan sarang tersebut. Jika tiba waktunya bertelur, burung betina akan menghasilkan sekitar 2 hingga 3 butir telur, kemudian telur-telur tersebut akan dierami selama kurang lebih 2 minggu.

Burung jantan akan menjaga sarang dan induk burung selama proses ini. Akan tetapi kadang-kadang burung jantan bisa juga langsung mencari burung betina lain untuk dikawini apabila ditempatkan di dalam kandang ternak dengan beberapa pasangan burung betina.

Perawatan anak burung manyar
Setelah menetas, anak burung manyar bisa tetap dirawat oleh induknya hingga berusia satu setengah bulan atau dua bulan. Agar anak burung manyar pandai berkicau, setelah cukup dewasa, terutama jika sudah berusia 2 bulan, burung tersebut bisa di master. Selain itu, pemberian makan terhadap burung juga perlu diperhatikan.

Burung manyar menyukai biji-bijian dan serangga. Pakan yang disukai burung manyar adalah: jangkrik, laron, kroto, dan ulat hongkong.

Pemberian kroto sebaiknya tidak lebih dari satu sendok teh di pagi hari. Sedangkan di sore hari Anda bisa memberikan antara 2 hingga 3 ulat hongkong atau jangkrik berukuran kecil. Sebagai sumber vitamin, Anda juga bisa memberikan burung tersebut buah apel yang sudah dicacah kecil-kecil.

Cara Ternak Burung Manyar Bagi Pemula | Admin | 4.5