Cara Ternak Burung Serindit Bagi Pemula

Ternak Burung Serindit || Burung serindit adalah salah satu jenis burung kicau yang dikenal juga dengan nama paruh bengkok dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan burung paruh bengkok lainnya seperti lovebird misalnya. Burung ini, harganya berkisar antara Rp75.000 hingga Rp100.000 namun tentu saja, harga tersebut akan berbeda-beda di setiap daerah dan perbedaan harga juga sangat tergantung dari usia burung maupun faktor lainnya.

burung serindit, serindit, gambar serindit, gambar burung serindit, ternak burung serindit

via: izzatulmillah.it.student.pens.ac.id

Burung serindit adalah burung endemik Indonesia. Selain di Indonesia, sebenarnya burung ini juga banyak ditemukan di negara Malaysia. Bahkan, Malaysia mengklaim jika burung ini adalah burung khas negara mereka.

Ada beberapa spesies burung serindit yang banyak dikenal di Indonesia diantaranya adalah: serindit jawa, serindit melayu, serindit flores, serindit Sangihe, serindit Maluku, serindit papua, serindit sulawesi, serindit paruh merah, dan serindit sula.

Cara ternak burung serindit
Untuk bisa beternak burung, yang pasti kita membutuhkan burung jantan dan betina. Untuk membedakan burung ini sebenarnya tidak terlalu sulit karena ada ciri-ciri fisik yang mudah dikenali terutama pada burung jantan. Burung jantan biasanya ditandai dengan bulu berwarna biru di sekitar dahi atau kepala.

Ciri-ciri lain burung jantan ditandai dengan bulu berwarna merah di sekitar dada atau di dekat kerongkongan. Sebaliknya, burung betina sebenarnya walaupun memiliki mahkota, namun mahkota yang dimiliki burung betina tetap berwarna hijau, tidak seperti burung jantan yang berwarna biru.

Perbedaan tersebut umumnya bisa dilihat apabila burung jantan sudah beranjak dewasa. Pada saat masih muda, kedua burung biasanya sulit untuk dibedakan.

Mempersiapkan kandang penangkaran
Model kandang paling tepat untuk ternak burung serindit adalah kandang aviary. Ukuran kandang bisa beragam tergantung dari tempat atau luas lahan yang Anda miliki. Kandang bisa dibuat dari kawat ram. Namun yang perlu diperhatikan, untuk budidaya burung sebaiknya di siapkan tempat sarang di dalam kandang. Selain itu, kandang yang berukuran besar dan luas pasti jauh lebih disukai oleh burung karena mereka lebih bebas dalam bergerak sehingga lebih mudah beradaptasi.

Penempatan sarang sebaiknya di bagian paling atas dari kandang. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin burung ini bisa beradaptasi dengan kandang. Salah satunya adalah, di dalam kandang sebaiknya disediakan kayu yang tidak terlalu keras atau kayu yang lunak. Kayu tersebut bisa digantungkan atau diletakkan begitu saja sebagai media untuk menyalurkan hobi burung serindit yang suka mematuk atau menggigit-gigit kayu untuk menghilangkan stress yang dialami oleh burung tersebut.

Untuk sarang, sebenarnya bisa menggunakan glodok seperti sarang burung lovebird. Namun jika ingin burung lebih mudah beradaptasi, Anda bisa membuat sarang sesuai dengan bentuk sarang di habitat aslinya yaitu berupa lubang di pepohonan. Di bagian dalam sarang bisa Anda masukan serbuk kayu.

Menjodohkan burung serindit
Tidak ada tips khusus dalam menjodohkan burung serindit untuk dikembangbiakan. Budidaya burung serindit akan lebih mudah dilakukan apabila Anda memiliki beberapa ekor induk burung dan kemudian sekaligus bisa dimasukkan di kandang yang sama, alam akan menyeleksi sendiri bagaimana burung tersebut berinteraksi dan berjodoh satu sama lain.

Walau demikian, Anda tetap harus mengamati kondisi burung, terutama, jika Anda memasukkan beberapa induk burung ke dalam satu kandang. Jika burung tampak tidak akur, alternatif lain untuk mengembangbiakan burung serindit adalah dengan menggunakan kandang berbentuk soliter. Di dalam kandang tersebut Anda bisa memasukkan 1 ekor burung jantan dan 1 ekor burung betina (sepasang) yang sudah berjodoh.

Perawatan
Selama penangkaran burung ini harus diberikan perhatian ekstra karena cenderung jorok. Burung serindit memiliki karakter yang sembarangan. Sering berak sembarangan sehingga Anda harus lebih rajin membersihkan kandang burung. Selain itu, burung ini terkenal suka bergelantungan, karena di alam liar burung serindit sering makan buah-buahan atau menghisap nektar dengan posisi terbalik.

Di antara beberapa makanan yang dianjurkan untuk diberikan kepada burung serindit ketika ditangkar di antaranya adalah:

Makanan yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin.
Nektar.
Buah-buahan seperti apel, pepaya, atau jagung muda.
Burung ini juga bisa diberikan milet, sereal, dan nasi putih yang terlebih dahulu harus dicampurkan dengan air gula kemudian di blender.
Untuk makanan ekstra, burung serindit bisa diberikan ulat hongkong.

Burung yang berjodoh akan menghasilkan telur sekitar 2 hingga 4 butir. Telur tersebut akan dierami selama kurang lebih 3 minggu. Setelah telur menetas, perawatan anak burung bisa tetap diberikan kepada induknya. Anak burung bisa dipanen setelah berusia 1 bulan atau 1 setengah bulan (baca: harga burung serindit).

Cara Ternak Burung Serindit Bagi Pemula | Admin | 4.5