Cara Ternak Burung Trucukan Bagi Pemula

Ternak Burung Trucukan || Burung trucukan adalah salah satu jenis burung yang banyak ditemukan di desa-desa selain burung pipit. Nama Latin burung trucukan adalah Pycnonotus Goiavier. Di alam liar, populasi burung trucukan masih lumayan banyak sehingga mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal.

burung trucukan, ternak burung trucukan, trucukan, gambar trucukan, gambar burung trucukan,

via: burung.id 

Burung ini sering ditemukan di hutan sekunder, di perkebunan, bahkan di pekarangan-pekarangan rumah. Beberapa jenis makanan yang disukai oleh burung trucukan antara lain; buah pisang, buah pepaya, buah apel, dan sesekali burung ini juga memakan serangga dan ulat kecil, termasuk juga cacing.

Jika Anda tertarik untuk memelihara burung trucukan, terutama untuk dikembangbiakkan, Anda bisa beternak burung ini dengan cara yang cukup sederhana.

Cara budidaya burung trucukan
Burung trucukan banyak dimanfaatkan untuk mengasuh burung cucak rowo. Selain itu, burung trucukan juga bisa dikawin silang dengan burung kutilang sehingga menghasilkan burung kutilang baru yang unik.

Untuk membudidayakan burung trucukan, makanan adalah bagian yang perlu di perhatikan. Burung trucukan membutuhkan pakan berprotein tinggi seperti jangkrik dan belalang.

Mencari dan menjodohkan induk burung trucukan
Ciri-ciri burung trucukan yang baik diantaranya adalah:

Memiliki suara yang lantang dan keras,
Memiliki variasi suara yang banyak,
Ukuran tubuhnya proporsional dan tidak terdapat cacat,
Bulu dada terlihat gelap,
Leher tampak kekar.

Untuk membedakan antara burung jantan dan betina, bagi pemula biasanya memang sangat sulit. Namun bukan berarti tidak bisa. Jika anda ingin belajar cara membedakan burung trucukan jantan dan betina, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini.

Beberapa perbedaan burung jantan dan betina adalah:

Burung jantan suaranya lebih lantang dan lebih keras dibandingkan dengan burung betina,
Burung betina saat berkicau suaranya cenderung pelan atau lirih.
Kicauan burung jantan lebih banyak variasinya dibandingkan dengan burung betina yang terkesan monoton.
Pada mata, Anda bisa melihat burung jantan memiliki lingkar hitam yang tebal. Sedangkan burung betina biasanya lingkar hitamnya pudar dan tipis.

Menjodohkan burung trucukan harus dilakukan sebelum burung jantan dan betina disatukan didalam kandang ternak. Karena jenis burung ini seringkali berkelahi apabila belum mengenal satu sama lain. Menjodohkan burung trucukan bisa dilakukan dengan menempatkan burung jantan dan burung betina di sangkar yang berbeda kemudian didekatkan.

Amati burung tersebut selama beberapa hari Jangan lupa tetap memberikan setting harian dan memperbanyak makanan extra agar burung lebih mudah birahi dan tertarik satu sama lain.

Jika burung sudah mulai tertarik dengan pasangannya, Anda bisa memasukkan burung tersebut ke dalam satu sangkar untuk dikembangbiakkan.

Membuat kandang ternak burung trucukan
Sebenarnya burung trucukan tidak harus menggunakan kandang khusus untuk dikembangbiakkan. Burung ini bisa ditangkar dengan menggunakan sangkar gantung.

Walaupun bisa dengan menggunakan metode sangkar gantung, akan lebih ideal apabila burung ini dikembangbiakkan dengan menggunakan kandang model solitaire.

Di dalam kandang, sediakan sarang sebagai tempat bertelur. Sarang burung trucukan berbentuk mangkok bisa didapatkan di toko-toko penjual burung.

Masa reproduksi burung trucukan
Jika burung berjodoh, burung tersebut akan segera kawin dan menghasilkan beberapa butir telur. Selama proses pengeraman, burung sangat mudah stres.

Kadangkala kendala yang sering dialami oleh para breeder ketika beternak burung trucukan adalah, burung trucukan jantan seringkali membuang telur-telurnya sehingga proses budidaya menjadi gagal.

Merawat burung selama ditangkap
Selama burung dikembangbiakkan, beberapa makanan yang harus secara rutin diberikan diantaranya adalah: jangkrik dan belalang. Selain itu berbagai jenis buah-buahan terutama buah-buahan yang berwarna merah halus berlebihan sering diberikan setelah burung tersebut bertelur. Selama proses mengerami telur, extra food untuk burung harus ditambah porsinya.

Telur yang sudah menetas harus tetap dirawat oleh induknya selama satu minggu sebelum kemudian dipisahkan dan diloloh sendiri (baca: harga burung trucukan).

Cara Ternak Burung Trucukan Bagi Pemula | Admin | 4.5