Cara Ternak Cucak Rowo Bagi Pemula

Ternak Cucak Rowo || Selama ini, banyak peternak burung cucak rowo yang mengkondisikan kandang tempat berternak dengan gaya tertutup. Hal tersebut memang cukup dianjurkan untuk memudahkan ternak burung cucak rowo agar tidak mudah stres. Akan tetapi, menurut pengalaman, sebenarnya, beternak burung cucak rowo juga bisa dilakukan di kandang yang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik selain untuk memudahkan perawatan dan kontrol selama proses pengembangbiakan.

cucak rowo, burung cucak rowo, gambar cucak rowo, gambar burung cucak rowo, ternak cucak rowo

via: suarakenari.net

Penggunaan kandang tertutup sangat dianjurkan bagi Anda yang mungkin masih pemula. Terlebih jika kandang tersebut berada di tempat yang sering dilalui oleh orang. Namun apabila kandang tersebut berada di tempat yang tenang, sebenarnya akan lebih ideal jika dibuat secara terbuka.

Mempersiapkan induk burung cucak rowo
Burung cucak rowo termasuk burung yang jinak namun sangat mudah stres ketika berhadapan dengan lingkungan yang berisik. Induk burung yang paling ideal untuk diternak harus memenuhi beberapa syarat berikut ini:

Burung tersebut harus memiliki perawakan yang proporsional.
Induk burung cucak rowo yang bagus adalah yang tidak cacat.
Bentuk fisiknya yang memiliki leher panjang dan kaki kokoh menandakan bahwa burung tersebut bagus dan sehat.
Pangkal paruh yang lebar menandakan bahwa burung tersebut merupakan burung yang bagus.
Usia paling ideal umur paling ideal untuk indukan adalah: burung jantan sebaiknya berusia 2 tahun. Sedangkan untuk buruang betina minimal berusia 1,5 tahun.
Carilah burung yang rajin berkicau.

Biasanya, kendala yang dihadapi selama beternak burung cucakrowo adalah proses penjodohan. Jika memiliki dana terbatas, menjodohkan burung (induk) dengan cara konvensional, yaitu dengan menempatkan masing-masing burung di kandang yang terpisah dan kemudian mendekatkan burung tersebut agar bisa mengenal satu sama lain dan tertarik adalah cara yang dianjurkan.

Namun apabila Anda memiliki modal yang cukup besar untuk membeli beberapa indukan, Anda dianjurkan untuk menempatkan (menjodohkan) semua burung di dalam sebuah kandang besar agar burung burung tersebut bisa berkumpul.

Untuk mengetahui apakah ada burung yang tertarik satu sama lain, Anda bisa memberikan tanda pada masing-masing burung dengan warna yang berbeda-beda misalnya dengan menggunakan tali atau benang yang diikatkan pada masing-masing burung. Kemudian, untuk melihat mana burung yang sudah mulai tertarik satu sama lain, Anda bisa mengamatinya ketika malam hari dengan menggunakan senter atau penerangan.

Jika salah satu burung jantan dan betina tidur berdekatan, maka hal tersebut menandakan bahwa burung tersebut sudah mulai akrab dan tertarik satu sama lain. Selanjutnya burung yang sudah mulai tertarik satu sama lain tersebut bisa dimasukkan ke dalam kandang penangkaran.

Kandang ternak burung cucak rowo
Kandang yang ideal untuk beternak burung cucak rowo minimal berukuran 80 cm x 80 cm x 150 cm. Di dalam kandang beberapa hal yang perlu disediakan diantaranya adalah tempat sarang yang bisa dibuat dengan kayu berbentuk kotak. Kemudian jangan lupa tempatkan sarang yang sudah jadi di ranting pohon, atau bisa juga dengan menempatkan sarang yang menempel pada dinding kandang. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kebiasaan burung cucakrowo seringkali berpindah-pindah sarang.

Pakan dan perawatan
Makanan utama burung ini adalah voer. Sedangkan untuk makanan ekstra bisa diberikan buah-buahan berupa: buah apel, buah, buah pisang, dan buah tomat. Selain itu, makanan ekstra berupa jangkrik atau siput air yang berukuran kecil juga bisa menjadi sumber nutrisi dan vitamin untuk burung selama ditangkar.

Merawat telur burung dan anak burung cucak rowo
Selama proses pengeraman, sebisa mungkin kurangi gangguan. Setelah telur menetas, biarkan perawatan anak burung diserahkan kepada induknya. Setelah berusia 2 minggu atau 3 minggu, barulah anak burung bisa dipindahkan ke kandang yang berbeda (baca: harga cucak rowo).

Cara Ternak Cucak Rowo Bagi Pemula | Admin | 4.5