Cara Ternak Gelatik Bagi Pemula

Ternak Gelatik || Burung gelatik adalah salah satu burung kicau yang terlihat manis dan cantik serta memiliki suara yang menarik. Dikalangan para peternak, burung gelatik dianggap sebagai burung yang mudah untuk dikembangbiakkan. Tak seikit sobat kicaumania yang berusaha untuk ternak gelatik dan mengembangbiakkannya.

gelatik, gambar gelatik, burung gelatik, gambar burung gelatik

via: timkicau.com

Tapi tahukah Anda bahwa burung gelatik tidak hanya satu jenisnya, ada berbagai jenis burung gelatik yang dikenal, khususnya di Indonesia. Diantaranya yang paling populer adalah:

Burung gelatik belong
Burung gelatik silver (gelatik putih)
Burung gelatik krem, dan
Burung gelatik wingko

Burung gelatik yang paling mahal di antara berbagai jenis burung gelatik di atas adalah burung gelatik silver (krem/putih). Harganya bisa diatas setengah juta per ekor. Jika Anda tertarik untuk berternak burung gelatik, Anda bisa mengikuti panduan cara ternak burung gelatik berikut ini.

Mencari sepasang induk burung gelatik
Sepasang induk burung gelatik yang akan dijadikan sebagai bakalan harus memenuhi beberapa syarat berikut ini. Kedua burung harus sudah dewasa. Burung jantan minimal berusia 1,5 tahun. Dan untuk burung betina sebaiknya berusia minimal 1 tahun. Usia tersebut merupakan usia yang cukup ideal bagi burung gelatik yang bisa memberikan jaminan bertelur dengan rata-rata antara 5-6 butir telur per periode.

Pilihlah induk burung yang sempurna (tidak cacat).
Carilah induk burung yang rajin berkicau
Induk burung sebaiknya tidak sedang dalam keadaan mabung
Perhatikan fisik burung burung yang memiliki bulu-bulu bersih, mulus dan rapat serta rapi adalah ciri-ciri burung yang sehat dan bagus.

Menjodohkan burung gelatik
Dalam ternak gelatik yang paling utama yang harus anda ketahui adalah dalam hal penjodohannya. Cara menjodohkan burung gelatik yang paling mudah adalah dengan menempatkan kedua calon induk burung di sangkar yang berbeda kemudian didekatkan selama beberapa hari sehingga burung tersebut tertarik satu sama lain.

Mempersiapkan sangkar ternak gelatik
Ternak gelatik cukup fleksibel sehingga tidak membutuhkan sangkar khusus. Untuk menangkar gelatik Jawa, Gelatik Wingko, atau jenis burung gelatik yang lainnya, Anda bebas memilih untuk menggunakan model kandang soliter, kandang aviary, atau menggunakan sangkar harian.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, penempatan sangkar ketika menggunakan model kandang aviary, sarang sebaiknya ditempatkan di tempat yang tinggi. Sarang burung sebaiknya ditempatkan di sebuah kotak. Bentuk kotak tersebut sama seperti kotak yang digunakan untuk sangkar burung parkit atau burung lovebird. Biasanya, kotak tersebut berukuran 2,5 cm x 3,5 cm berbentuk glodok.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sarang burung gelatik diantaranya adalah:

Rumput
Serat nanas
Kapas
Bulu
Kain wol

Ternak gelatik
Setelah burung gelatik jantan dan betina tampak saling tertarik, selanjutnya burung tersebut bisa disatukan. Namun ingat, ketika burung sedang bereproduksi, biasanya burung ini akan berubah menjadi sedikit lebih agresif dibandingkan dengan biasanya sehingga, Anda harus memisahkan pasangan burung gelatik yang sedang berkembang biak dengan burung jenis lainnya di dalam penangkaran.

Burung gelatik biasanya akan bertelur sebanyak 4 hingga 7 butir. Selama mengerami, burung tetap bisa diberikan makanan berupa serangga berukuran kecil seperti jangkrik, ulat Hongkong, atau yang lainnya. Tugas memberikan makan kepada burung betina biasanya dilakukan oleh burung jantan. Pakan bisa diberikan sebanyak yang Anda bisa tanpa batasan tertentu.

Telur burung gelatik akan menetas setelah dierami selama dua minggu. Perawatan untuk anak-anak burung gelatik bisa diserahkan kepada induknya. Anak-anak burung gelatik biasanya akan mulai meninggalkan sarang setelah berusia 3 minggu. Setelah berusia 25 hari atau 1 bulan, anak burung gelatik sudah mulai bisa mandiri atau dipisahkan.

Untuk jenis burung gelatik wingko, setelah anak-anaknya mandiri, biasanya satu minggu kemudian, induk burung bisa bertelur lagi.

Demikian sekilas info mengenai cara ternak gelatik yang mudah buat sobat penghobi pemula burung ini, terus semangat dan berikan perawatan terbaik untuk burung tersebut agar ternak gelatik yang anda geluti bisa lancar dan sukses (baca: harga burung gelatik).

Cara Ternak Gelatik Bagi Pemula | Admin | 4.5