Cara Ternak Kolibri Bagi Pemula

Ternak Kolibri || Burung Kolibri memiliki daya tarik tersendiri karena fisiknya sangat bagus dan mengagumkan. Burung yang menyukai nektar. Burung ini banyak dikagumi oleh pencinta burung, terutama burung kicau. Selain karena tampilannya yang menarik, juga karena kurung Kolibri memiliki suara yang sangat indah dan bervariasi (simak: suara burung kolibri).

kolibri, gambar kolibri, burung kolibri, gambar burung kolibri

via: rasumarni.blogspot.co.id

Di Indonesia, ada beberapa jenis kolibri yang dikenal diantaranya adalah: kolibri ninja, kolibri jawa, kolibri gunung, kolibri sepah raja, kolibri tasik, kolibri hitam, kolibri kelapa, dan kolibri wulung. Harga kolibri tak begitu mahal di Indonesia (lihat: harga burung kolibri). Burung kolibri harganya akan menjadi agak mahal bila burung ini memiliki suara yang sangat menarik. Apalagi jika burung kolibri tersebut gacor alias rajin berkicau.

Jika Anda tertarik memelihara burung kolibri untuk diternak, berikut adalah cara ternak kolibri yang bisa Anda coba. Namun di sini, kita akan membahas secara khusus mengenai ternak kolibri ninja.

Mencari calon induk burung kolibri yang bagus
Burung kolibri yang akan dijadikan sebagai induk haruslah burung kolibri yang bagus dan bebas dari cacat. Ini adalah syarat utama. Baik kolibri jantan maupun burung kolibri betina kedua-duanya harus sehat dan memiliki bentuk tubuh yang sempurna.

Burung kolibri jantan yang lincah, memiliki mata cerah dan gesit adalah yang bagus. Warna bulunya yang cerah dan halus, bukan yang berwarna burem adalah tanda atau ciri bahwa burung tersebut cocok dijadikan sebagai indukan.

Ciri-ciri lain burung yang bagus adalah, burung tersebut memiliki body yang lumayan berisi alias tidak terlalu kecil. Kemudian, carilah burung jantan yang ekornya rapat dan berkumpul di tengah dan bukannya yang menyebar.

Untuk burung betina-nya, Anda sebaiknya memilih burung spesies kolibri ninja karena burung kolibri ninja memiliki daya tarik atau pesona yang lebih menggoda dibandingkan dengan burung kolibri lainnya. Hal ini akan memudahkan proses penjodohan sehingga burung jantan akan lebih mudah tertarik.

Umur burung yang ideal untuk diternak adalah, burung jantan yang sebaiknya sudah berusia 2 tahun. Sedangkan untuk burung betina, setidaknya harus berusia 1,5 tahun.

Cara mempersiapkan dan membuat sarang burung kolibri
Ternak kolibri dianjurkan untuk dilakukan di dalam ruangan, karena menurut pengalaman, beternak kolibri di luar ruangan cenderung sulit berhasil. Salah satu alasan mengapa ternak kolibri di dalam ruangan lebih mudah berhasil adalah karena kondisi lingkungannya yang tenang sehingga tidak banyak gangguan.

Anda bisa membuat kandang ternak burung kolibri dengan menggunakan kawat ram berukuran 1 meter x 2 meter misalnya di dalam gudang atau di tempat yang tidak digunakan yang sirkulasi udaranya cukup baik dan jangan lupa, sinar matahari harus bisa masuk ke dalam ruangan tersebut.

Persiapan yang harus dilakukan untuk membuat sarang bagi burung kolibri adalah: Serabut kulit kelapa, dan Kapas secukupnya, Jika Anda tidak punya serabut kulit kelapa, Anda juga bisa memanfaatkan rambut jagung yang sudah kering atau menggunakan serat nanas yang banyak dijual di toko-toko burung. Rumput jepang, Sumbu kompor, Ranting-ranting pohon, dan Daun mangga yang sudah cukup tua, namun usahakan mencari daun mangga yang ujungnya sedikit melengkung. Daun mangga ini akan kita gunakan untuk menopang sarang agar lebih nyaman dan kuat bagi burung kolibri.

Daun mangga yang ujungnya sudah mulai kering tersebut bisa digantung di ranting pohon yang disiapkan di dalam kandang dengan menggunakan serabut sumbu kompor. Kemudian didaun mangga tersebut, tempelkan kapas kapas dengan menggunakan telur (kuning telur).

Daun mangga yang digantung tersebut akan memancing burung kolibri ninja untuk segera membuat sarang. Biasanya yang melakukan hal tersebut adalah burung jantan.

Merawat burung kolibri yang diternak
Sebenarnya tidak ada perawatan khusus yang harus diberikan terhadap burung kolibri selama diternak. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah pemberian makan dan penggantian makan untuk burung tersebut. Sediakan cepuk untuk menempatkan makanan dan minuman burung kolibri di dalam kandang. Sebisa mungkin, tempatkan cepuk tersebut di tempat yang mudah untuk diraih dan tidak akan mengganggu burung pada saat proses penggantian atau penambahan makanan.

Makanan burung kolibri setiap hari bisa diberikan air gula, susu, air putih yang sudah matang dan kroto. Agar tidak mengganggu burung kolibri selama bereproduksi, usahakan untuk mengganti pakan dan air pada malam hari ketika burung kolibri sedang tidur.

Untuk menghindari gangguan, hindari melihat burung kolibri pada siang hari. Jika harus mengamati, buatlah tempat khusus untuk pengamatan bisa dengan menggunakan kaca satu arah agar Anda tidak terlihat.

Cara Ternak Kolibri Bagi Pemula | Admin | 4.5