Cara Ternak Pleci Bagi Pemula

Ternak Pleci || Beternak burung membutuhkan kesabaran dan keuletan agar bisa berhasil. Namun Selain itu, dibutuhkan juga sedikit bakat. Atau jika Anda merasa tidak berbakat, maka Anda harus rajin belajar dan membaca seputar cara beternak burung agar bisa mengetahui cara merawat dan mengembangbiakkan burung yang benar.

pleci, burung pleci, gambar pleci, gambar burung pleci, ternak pleci

via: suaraburung.xyz

Salah satu jenis burung yang sangat di sukai dan sering di sangkar di Indonesia adalah burung pleci. Burung pleci adalah burung kicau yang memiliki suara sangat bagus, unik dan menarik (simak: suara pleci). Walau demikian, harga pleci sebenarnya tidak terlalu mahal (lihat: harga burung pleci).

Bagi Anda yang tertarik untuk beternak burung pleci, Anda bisa mengikuti panduan ternak burung pleci berikut ini.

Mencari induk burung pleci
Persiapan yang pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari induk burung pleci yang paling tepat atau sesuai dengan keinginan. Ketika mencari induk, baik jantan maupun betina, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, diantaranya adalah:

Sebenarnya ada beberapa jenis satu spesies burung pleci, oleh sebab itu, memilih burung jantan dan betina dari spesies yang sama untuk dijodohkan adalah yang direkomendasikan agar proses penjodohan lebih mudah.
Burung jantan maupun burung betina harus dalam keadaan sehat, memiliki bulu yang bagus dan tidak cacat.
Umur burung yang jantan minimal 1 tahun. Sedangkan untuk burung pleci betina yang akan dijadikan sebagai induk minimal harus berusia 1,5 tahun. Ini adalah usia ideal untuk bereproduksi.
Selain kondisi fisik burung, suara burung juga harus diperhatikan. Terutama untuk burung jantan.
Burung yang mudah untuk dikembangbiakan adalah burung yang sudah jinak bukan burung hasil tangkapan di alam liar.

Menjodohkan burung pleci
Cara menjodohkan burung pleci tidak terlalu sulit. Pertama, Anda bisa menyiapkan kandang penangkaran terlebih dahulu atau menempatkan kedua burung ditempat yang terpisah dengan menggunakan sangkar kemudian didekatkan sehingga burung tersebut saling tertarik satu sama lain.

Membuat sangkar ternak burung pleci
Kandang ternak bisa dibuat dengan metode aviari. Kandang jenis aviary adalah yang paling mudah untuk dirawat, tidak membutuhkan terlalu banyak biaya serta cocok untuk mengembangbiakan burung pleci. Hal-hal yang perlu di persiapkan di dalam kandang diantaranya adalah sarang burung sebagai tempat untuk bertelur. Sarang bisa dibeli di toko burung. Sarang tersebut sebaiknya digantung di pojokan bagian belakang.

Selain itu, sediakan juga tempat pakan dan minum di tempat pakan dan minum sebaiknya ditempatkan di tempat yang mudah dijangkau agar penggantian dan penambahan pakan maupun minuman bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus mengganggu burung.

Perawatan burung pleci selama diternak
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang burung. Setelah itu kami makan harus juga mendapatkan perhatian. Pakan yang Anda berikan akan mempengaruhi telur dan kualitas anak burung yang akan dihasilkan. Diantara makanan makanan yang disukai oleh burung pleci antara lain: jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang, cacing tanah, kroto, dan bisa juga diberikan voer.

Agar kualitas telur dan anak bagus, burung juga sebaiknya diberikan buah-buahan seperti buah pepaya, buah apel, buah pisang dan buah pir. Pemberian buah-buahan tersebut bisa dilakukan selang seling maksimal dua kali dalam seminggu.

Merawat anak burung pleci
Setelah burung kawin dan bertelur, induk burung betina akan mengerami telurnya hingga menetas. Namun apabila induk burung tidak mau mengerami telurnya, Anda bisa mengerami telur tersebut dengan metode inkubator.

Perawatan anak burung bisa diserahkan kepada induknya jika dierami oleh induknya. Namun jika ditetaskan dengan metode inkubator, anak burung harus dirawat dengan cara:

Anak burung pleci bisa diberikan makan berupa voer yang terlebih dahulu diencerkan dengan menggunakan air hangat. Selain itu, anak burung bisa juga diberikan makanan berupa serangga-serangga kecil seperti atau jangkrik yang sudah dipotong-potong.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai tips beternak burung pleci, semoga bisa menjadi salah satu referensi bagi sobat yang akan memulai ternak pleci.

Cara Ternak Pleci Bagi Pemula | Admin | 4.5