Tips Berternak Burung Kicau Kenari

vitaminburung

 Cara Berternak Burung Kicau Kenari

Burung kenari memang menjadi hiburan yang menarik untuk dimiliki, selain dari suara merdunya burung ini memiliki warna yang unik dan banyak jenisnya. Bahkan burung tersebut bisa menjadi ladang bisnis yang sangat menjanjikan baik dalam dibudidayakan ataupun buat perlombaan.

Banyak parapenggemar burung berkicau yang kepicut untuk memiliki jenis burung ini, karena kenari memiliki suara yang keras dan berirama, selain burung kenari juga mudah untuk idternak tidak membutuhkan kandang yang besar atau tempat yang luas.

Untuk perawatan burung ini juga bisa dibilang lebih mudah dibanding burung yang lainnya, selain biaya pakan murah dan mudah didapatkan. Proses untuk ternak dari burung kenari ini tidak terlalu ribet anda cukup memiliki satu pejantan dengan jumlah betina banyak, karena burung ini memiliki karakter individual tidak seperti burung yang lain kolonial dan memiliki pasangan sendiri-sendiri.

Selain kemudahan dalam beternak burung kenari ada hal kecil yang harus anda perhatikan, terkait kebersiahan dari sangkar karena burung ini sisntif akan kebersihan jika sangkar anda jarang anda bersihkan maka akan burung ini rentan terserang penyakit. Selain itu tempat pastikan aman dari gigitan nyamuk karena burung ini tidak tahan akan gigitan nyamuk.

Jika semua sudah anda persiapkan langkah selanjutnya kami berkan tips untuk berternak burung kicau kenari sebagai berikut:

berternak burung kenari

  1. Membeli burung kenari sebagai indukan

Hal ini merupakan langkah pertama yang harus anda lakukan jika belum mempunyai burung kenari. Anda bisa membelinya di pasar burung atau datang langsung ke tempat ternak burung kenari di wilayah anda.

 

  1. Jenis kelamin

Untuk anda yang ingin mulai berternak burung kenari sebaiknya mengetahui jenis kelaminnya. Hal ini penting karena untuk membedakan mana burung jantan dan burung betina. Dan untuk membedakannya anda bisa mengikuti cara dibawah ini :

 

  • Burung kenari jantan

Burung kenari yang berjenis kelamin jantan biasanya suka berkicau dan nyaring bunyinya. Badanya berbentuk ramping dan memiliki leher panjang serta pada duburnya terlihat tegak lurus dan menonjol.

 

  • Burung kenari betina

Biasanya burung kenari betina juga berkicau namun suaranya tidak nyaring seperti burung kenari jantan. Di lihat dari bentuk tubuhnya cenderung bulat dan memiliki leher lebih pendek serta duburnya datar dan tidak menonjol.

 

  1. Usia produktif burung kenari

Sebelum anda memulai berternak, sebaiknya lihat atau cari tahu usia produktif untuk burung kenari yang siap kawin. Dan berikut adalah ciri-ciri burung kenari siap kawin :

  • Burung kenari jantan yang sedang dalam masa siap kawin biasanya sering berkicau dan sangat aktif seperti mengepakkan sayap dan sering berlompat-lompat dan terkadang saking aktifnya dapat menabrak kandang.

 

  • Burung kenari betina biasanya juga mengepakkan sayap dan sering mematuk-matuk.

 

  1. Kandang burung

Burung kenari membutuhkan ruangan yang cukup luas untuk terbang. Pilih atau buatlah sangkar burung yang cukup lebar agar bisa terbang ke dahan-dahan. Dan untuk langkah pertama berternak burung kenari adalah pisahkan burung jantan dan burung betina atau dalam sangkar yang luas dan beri sekat atau pembatas agar proses perjodohan dapat mudah dilakukan.

 

  1. Proses perjodohan

Ada tahap yang harus dilakukan sebelum proses perkawinan yaitu proses perjodohan pada burung kenari jantan dan betina dengan cara mendekatkan kandang keduanya. Jika burung jantan berusaha menyuapi burung betina meskipun berbeda sangkar, maka itu merupakan ciri-ciri bahwa mereka sudah mulai tertarik untuk perjodohan dan masa perkawinan.

Berbagai tips diatas semoga menjadi referensi yang tepat untuk anda dalam membuka bisnis baru dengan berternak burung kenari dan semoga artikel ini bermanfaat.

Tips Berternak Burung Kicau Kenari | Admin | 4.5