Tips Cara Aman Membawa Burung Di Perjalanan

vitaminburung

Cara Aman Membawa Burung Di Perjalanan

Memiliki burung memang menjadi kepuasan tersendiri karena terdapat kepuasan yang tidak ternilai harganya ketika burung tersebut sesuai dengan apa yang kita inginkan, tidak heran jika para kicau mania melakukan apa saja untuk mencari burung bahkan hingga ke luar kota.

Setelah anda mendapatkan burung yang anda cari tentunya belum selesai tugas anda untuk menikmati indah iramanya atau indah dari warna burung tersebut. Namun pada saat anda perjalanan pulang dengan membawa burung dari luar kota tidak semudah membawa barang bawaan.

Burung mahkluk hidup memiliki kondisi pesikologi yang harus kita pahami, burung juga bsa stres pada saat tempat tidka nyaman atau ada ancaman, sesuai dengan pengalaman saya sendiri membawa burung dalam perjalanan memerlukan tips atau cara tersendiri agar aman dan burung ketika sampai dirumah tidak stres dan tetap gacor.

Anda sebaiknya menyesuaikan dengan jauh dekat perjalanan dan menggunakan apa anda membawa burung serta burung yang anda bawa untuk lomba atau burung untuk ternak.

Kenapa begitu banyak kreterianya, ya memang ada trik dan tips sesuai dengan kondisi maka dari itu anda sangat kami sarankan untuk mengerti serta paham banget dengan burung yang anda bawa apabila salah dalam membawa burung stres dan yang paling parah burung akan mati.

Membawa burung juga dilihat dari jenis burung karena ada yang mudah stres ada yang tahan banting, untuk anda yang gemar burung berkicau apalagi untuk lomba harus lebih berhati dalam membawa burung tersebut.

Akan sangat merugikan sekali jika hanya dalam perjalanan burung macet tidak berbunyi atau bahkan mati pada saat diperjlanan atau anda yang sedang dalam perjalanan kelokasi perlombaan membutuhkan cara yang lebih intensif.

Memang ini beresiko apalagi anda membawa burung sejenis cendet, berdasarkan dari pengalaman teman yang mendatangkan burung langsung dari Madura, kok jauh banget dari Madura? iya burung Cendet dari madura memang terkenal burung yang fighter dan sering menyabet gelar dalam ajang lomba besar. Saya akan bagikan tips udah cara bawa burung dalam perjalanan agar aman diantaranya sebagai berikut

membawa burung di perjalanan

  1. Menggunakan Sangkar Biasan dan Penutupnya

Membawa burung berkicau lebih susah dari pada masih kecil, burung dewasa seperti cendet dewasa memang harus lebih hati-hati agar kondisi burung terjaga aman selamat sampai dirumah tentunya tetap gacor, jangan sampai setelah perjalan jauh Cendet anda macet tidak mau bunyi.

Jika anda membawa burung dari perjalanan jauh dan naik mobil sendiri itu akan lebih mudah dan burung relatif aman, anda bisa menggunakan sangkar besar dilengkap dengan penutup sangakar agar burung tidak sttres saat perjalanan. beri cadangan air minum dan pakan secukupnya ikat pada jok mobil agar tidak terjadi guncangan.

 

  1. Menggunakan sangkar kecil dalam perjalanan

Setelah anda memilih dan membeli burung dipasar atau di tempat ternak, usahakan agar menempatkan burung pada sangkar yang kecil. Dan jangan lupa berikan kerodong tipis agar burung tidak terkena angin, apalagi jika anda menggunakan motor roda dua.

 

  1. Letak tenggeran lebih rendah

Jika burung yang dibawa tidak mau diam dan terus bergerak selama diperjalanan, disarankan tenggeran dibuat atau diletakkan lebih rendah atau bisa diletakkan di dasar sangkar.

 

  1. Memakai kardus burung

Untuk membawa burung dalam jarak dekat anda bisa menggunakan kardus burung sebagai sangkar sementara. Jika terpaksa digunakan untuk perjalanan yang cukup jauh, sebabaiknya beberapa hal ini perlu anda perhatikan.

  • Kardus burung harus lebih besar dari ukuran burung agar ada ruang untuk bergerak.
  • Harus ada lubang ventilasi udara agar burung bisa bernafas dan berikan lubang kecil seukuran koin agar membantu pencahayaan.
  • Buatlah lubang untuk menaruh minum seukuran tutup botol
  • Sediakan makan untuk burung selama perjalanan

Jika anda memiliki mobil, pakailah kandang khusus agar sewaktu-waktu bisa digunakan ketika anda membawa burung dalam perjalanan jauh. Semoga dengan tips diatas artikel ini bermanfaat.

Tips Cara Aman Membawa Burung Di Perjalanan | Admin | 4.5