Sibuk Kerja Tapi Ingin Pelihara Burung? Begini Tipsnya

vitaminburung

 Tips Sibuk Kerja Tapi Ingin Pelihara Burung

Pelihara Burung..Memiliki peliharaan sebagai bagian dari hobi bukanlah sesuatu yang salah. Justru ini merupakan hal positif yang bermanfaat bagi Anda untuk mencurahkan energi ke hal yang bersifat positif. Untuk melepas penat dan mengusir sepi, memelihara burung bisa menjadi alternatif yang murah dan menyenangkan bagi Anda yang memiliki hobi memelihara binatang. Yang jadi masalah adalah, meluangkan waktu untuk melakukan perawatan burung peliharaan di tengah kesibukan harian yang semakin padat. Jangankan untuk mendapatkan burung berkicau maksimal, menjaganya tetap sehat pun terkadang cukup berat bagi para pekerja kantoran.

Cara Merawat dan Peliara Burung Kicauan di Kala SIbuk

pelihara burung

merawat burung

Perawatan harian burung berkicau bagi Anda yang memiliki tingkat kesibukan yang padat pada dasarnya dapat dilakukan dengan memperhatikan 2 hal. Anda hanya harus memastikan bahwa burung peliharaan Anda sehat secara fisik dansehat secara mental tanpa tekanan psikis. Dengan memperhatikan kedua kesehatan tersebut, Anda akan lebih mudah menentukan apa saja yang perlu dilakukan.

Fisik

Hal yang berkaitan dengan kesehatan fisik burung sangat ditentukan oleh pakan, kebersihan dan perlakuan khusus seperti penjemuran dan mandi. Mari kita bahas secara lebih rinci

  1. Pakan

Pakan yang diberikan pada burung peliharaan hendaknya mengandung gizi yang lengkap dan seimbang gizinya. Jangan terlalu banyak memberikan suatu jenis makanan dengan kadar nutrisi tertentu saja. Meskipun Anda sibuk dan tak sempat memilih-milih makanan untuk burung, usahakan untuk tetap melengkappi pakan dengan asupan yang beragam.

Nutrisi yang tidak seimbang juga dapat berpengaruh pada hasil yang Anda dapatkan dikarenakan ketidak seimbangan kadar gizi. Ketika burung tidak menyukai makanan yang Anda berikan misalnya, cobalah untuk memberikan pakan alternatif dengan kandungan yang sama demi melengkapi kebutuhan nutrisi seimbangnya. Voer dan suplemen pada umumnya diberikan pada burung, namun makanan berupa buah, sayur dan serangga terkadang juga diperlukan.

  1. Kebersihan

Menjaga fisik burung agar tetap bugar dan terlindung dari serangan parasit seperti kutu, jamur, tengau ataupun cacing dapat dilakukan dengan proses mandi, pembersihan sangkar hingga semprotan obat anti kutu. Selain itu Anda juga bisa memberikan anti-cacing sebulan sekali pada burung.

  1. Penjemuran

Jika Anda memang orang yang sibuk, bisa dipastikan burung tidak akan mendapat penjemuran yang optimal. Ini karena waktu yang digunakan untuk menjemur ada pada jam aktif kerja mulai jam 8 hingga jam 10 atau 11. Anda tentu tidak akan membiarkan burung kepanasan seharian di rumah bukan? Sebagai solusinya, Anda bisa saja memodifikasi sangkar agar dapat memberikan keteduhan bagi burung setelah melewati jam tertentu saat sinar matahari tak lagi menjangkau burung. Atau jika terpaksa Anda tidak dapat melakukan modifikasi, sempatkan menjemur burung setidaknya sepekan sekali saja.

  1. Mandi

Setidaknya burung dimadikan sebanyak 3 kali dalam seminggu. Namun akan lebih baik jika Anda secara rutin memandikan burung setiap hari. jika pagi tidak sempat, maka sore sekitar jam 3 atau 4 masih bisa Anda lakukan pemandian dan masih ada sisa waktu untuk sebentar mengangin-anginkan.

Mental

pelihara burung

burung sehat

Kesehatan fisik juga sangat berpengaruh terhadap pelihara burung dan kondisi mental. Namun ada beberapa kondisi yang tetap saja dapat mengganggu kondisi mental burung peliharaan Anda. Misalnya lingkungan yang tidak bersahabat, ancaman predator hingga tangan jahil manusia.

Lokasi Sangkar

Selalu hindarkan posisi sangkar dari jangkauan hewan rumahan semisal kucing, anjing, tikus dan lain sebagainya. Hindarkan pula sumber suara yang terlalu keras yang sering berbunyi secara tiba-tiba karena dapat membuat kaget si burung. Kondisi seperti ini yang terlalu sering dapat membuat burung menjadi stres. Hindarkan pula sangkar terlalu dekat dari sangkar burung kicauan lainnya untuk menghidari adanya persaingan dan tekanan yang tidak perlu.

Penggantangan

Ketika menggantungkan sangkar burung-burung Anda di dalam rumah ada baiknya memberi sekat untuk menghidari pertemuan frontal secara langsung untuk menjaga psikis burung. Meskipun Anda juga bisa  memasangkan penutup kerodong selama digantang dalam rumah, hal ini sepenuhnya tidak dianjurkan karena ia memerlukan sirkulasi udara segar agar membuatnya terhindar dari stres.

Keteraturan

Melakuakn perawatan memang harus dilakukan secara konsisten bak dalam proporsi jumla intensitas dan waktunya. Misalnya melakukan pemandian selalu pada jam tertentu atau memberikan pakan dalam jumlah tertentu secara tetap. Dengan melakukan threatment secara konsisten, burung akan lebih mudah memahami dan menyesuaikan dirinya. Hal ini tentunya akan menunjang kesehatan mental burung peliharaan.

Racikan Pakan

Siapa bilang pakan racikan hanya berlaku untuk burung kontes saja? Untuk kebutuhan burung yang akan ditinggali seharian seperti aktifitas pekerja kantoran juga memerlukan racikan pakan khusus. Namun setelan racikan pakan ini tidak serumit dan sekompleks untuk burung lomba. Pedoman penyetelan pakan ini antara lain;

  1. Setel Kendor.

Setelan rendah yang dimaksud disini bukan dengan memberikan sedikit sekali jatah makanan, maleinkan memberikan pakan sesuai dengan kebutuhan saja namun lengkap nutrisinya. Berikan jatah pakan sesuai kebutuhan saja, memberikan pakan terlalu banyak justru membuat burung malas berkicau. Untuk makan tambahan, setelan yang digunakan bertujuan untuk menjaga kondisi saja.

  1. Konsisten

Pemberian jatah pakan ini harus konsisten dalam segi jumlah dan waktu pemberiannya. Selalu ganti voer 2 hari sekali meskipun belum habis di wadah.

  1. Pilihan voer

Saat ini ada banyak sekali produk voer di pasaran dengan standar nurtrisi tertentu. Pilihlah voer yang mencantumkan nutrisi paling lengkap. Setelah memebrikan jatah voer kepada burung, segera tutup kembali kemasan voer agar kandungan nutrisi dan aromanya tidak berkurang. Voer yang sudah terapar udara selama 3 hari lebih tidak baik untuk diberikan kepada peliharaan.

Merawat burung atau pelihara burung di tengah kesibukan yang padat dapat dikatakan susah-susah gampang. Apalagi Anda dituntut harus bisa memanfaatkan waktu luang yang sempit untuk berbagai dengan keluarga ataupun kegiatan lainnya. Merawat burung pun bisa saja meninggalkan perasaan bersalah lantaran mengorbankan keperluan lainnya. Maka dari itu, Anda pun harus bijak dalam menentukan pemeliharaan burung macam apa yang mungkin Anda lakukan.

Anda yang memiliki waktu luang tak terlalu banyak tentu saja kesulitan jika memiliki burung peliharaan dalam jumlah banyak. Maka dari itu, ada baiknya Anda pertimbangkan untuk hanya memeelihara seekor burung saja namun dilakukan dengan sepenuh hati. Daripada memelihara banyak burung namun perawatan dilakukan sekadarnya dan sesempatnya. Selain menuntut lebih banyak waktu, hasil yang Anda dapatkan dari peliharaan tersebut kemungkinan juga tidak akan maksimal.

Demikianlah beberapa tips Pelihara Burung yang bisa Anda terapkan agar dapat tetap memelihara di tengah kesibukan harian. Dengan perhatian dan konsistensi, burung berkualitas tetap dapat Anda miliki meskipun waktu luang yang dapat dihabiskan untuk merawat burung sangatlah terbatas. Dengan perawatan yang tepat, tak hanya peliharaan yang menyenangkan yang bisa Anda miliki, burung berkicau juara lomba pun bisa saja Anda dapatkan. Tak hanya juara kebanggaan, burung yang sukses tentu saja juga memiliki harga jual yang sangat tinggi.

Sibuk Kerja Tapi Ingin Pelihara Burung? Begini Tipsnya | Admin | 4.5