Tips Merawat Burung Kicau Agar Lebih Gacor

vitaminburung

Cara Merawat Burung Kicau Agar Lebih Gacor

Burung salah satu jenis hewan yang memiliki keistemawaan tersendiri, dari mulai warna, bulu, suara dan bentuknya, dengan berbagai jenis tersebut tidak heran jika banyak pemilik burung mencari spesialis untuk merawat burung tercintanya.

Perawatan burung memang menjadi hal yang paling utama untuk performa burung agar terus dalam kondisi terbaik tidak hanya burung untuk lomba namun burung ternak agar lebih produktif dan burung koleksi dirumah agar terus gacor dan untuk burung lomba agar terus berprestasi.

Baiknya perawatan akan sangat berpegaruh terhadap kondisi burung, jika salah merawat maka akan fatal efek yang akan dapatkan mengakibat burung tidak produktif, tidak berbunyi (berkicau) dan juga bisa mati.

Bukan berarti anda punya uang lantas bisa bisa memiliki performa burung yang gacor tanpa adanya perawatan yang baik, kami akan membagikan tips cara merawat urung dengan baik sebagai berikut:

Cara merawat burung kicau

Untuk merawat burung kicau bisa dilakukan dengan berbagai macam cara diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menjemur burung

Pada umumnya setiap burung kicau harus dilakukan penjemuran agar suhu tubuhnya hangat dan tidak gampang terserang penyakit apalagi pada musim penghujan. Cara ini berbeda dari kebanyakan burung lain seperti burung dara atau merpati yang tidak harus dijemur setiap hari dan bisa diumbar. Proses penjemuran dapat anda lakukan mulai pukul 7 pagi sampai pukul 8 atau lebih tergantung cahaya matahari yang dihasilkan. Dan lakukan penjemuran juga pada waktu sore hari.

 

  1. Lakukan pengembunan

Pengembunan bertujuan agar burung dapat menghirup udara segar pada pagi hari karena sangat bagus untuk system pernafasannya serta dapat burung akan merasa pada habitat aslinya. Lakukan pengembunan mulai pukul 5 pagi sampai muncul cahaya matahari. Anda bisa meletakkan sangkar burung pada batang pohon atau membuat tiang pada area pepohonan.

 

  1. Lakukan pembersihan kandang

Proses pembersihan kandang sangat penting agar lingkungan sekitar kandang mendapatkan udara bersih dan burung dapat rajin berkicau. Burung juga seperti manusia, jika tempatnya bersih dan nyaman maka burung juga akan senang dan apabila sedang terjadi proses kawin, induk burung akan bisa bertelur dengan baik.

 

  1. Tempat atau wadah pakan

Wadah pakan yang bersih juga merupakan faktor yang mendukung burung kicau dapat selalu sehat. Anda bisa mengangkat wadah pakan pada sore hari sebelum petang dan menyediakan kroto atau serangga agar bisa dimakan pada pagi hari. Pemberian pakan hewani ini akan meningkatkan atau membuat karakter mental yang handal. Selain itu cek terus kebersihan wadah pakan agar kotoran yang menumpuk bisa dibersihkan karena akan timbul jamur apabila dibiarkan apalagi jika pakan terkena air.

 

  1. Pelatihan dengan cermin

Untuk proses burung lebih rajin berkicau, anda bisa menggunakan cermin sebagai sarana pelatihan mental agar naluri burung dapat keluar. Biasanya burung akan lebih agresif jika merasa tersaingi dengan tampilan dirinya sendiri di cermin. Metode ini sangat penting karena dalam arena perlombaan burung atau latber akan ada banyak sekali burung dengan mental yang bagus. anda bisa menempatkan cermin didekat sangkar atau dikaitkan pada dinding sangkar. Apabila burung menjadi marah atau malah takut, jangan letakkan cermin terlalu dekat.

 

  1. Sandingkan dengan jenis burung yang sama

Cara ini bisa anda lakukan dengan mendekatkan sangkar burung sejenis atau yang lain. Namun yang perlu diperhatikan adalah sangingkan burung yang memiliki usia dan penampilan yang rata-rata sama. jangan asal-asalan menyandingkan burung karena bisa mengalami stress atau takut akibat mendengarkan kicauan burung lain.

Semoga dengan tips diatas burung peliharaan anda menjadi lebih gacor, semakin merdua suaranya, semoga dalam lomba menjadi juara dan semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Tips Merawat Burung Kicau Agar Lebih Gacor | Admin | 4.5