Tips Merawat Burung Kicau Pada Musim Hujan

vitaminburung

Bagaimana Merawat Burung Kicau Pada Musim Hujan

Musim hujan memang manjadi masalah besar pagi para kicau mania, loh kenapa…? ya musim hujan menjadi pekerjaan berat untuk menjaga performa burung agar tetap gacor dan siap untuk dilombakan. Karena musim hujan burung tidak bisa berjemur tentunya sinar terik matahari menajdi asupan gizi yang sangat penting bagai burung.

Tidak hanya berpengaruh pada performa burung, musim hujan sangat rentan dengan kesehatan burung bahkan tidak sedikit dari pengalaman saya burung terserang berbagai penyakit dan berujung kematian. Maka dari para kicau mania harus merawat secara intensif ketika measuki musim hujan,agar kejadian yang saya alami tidak terjadi pada anda.

Faktor yang perlu anda waspadai dan anda kenali bagi kicau mania pemula ialah pada saat pergantian musim dari kemaru menuju musim hujan. Sering terjadi burung jarang bunyi dan terlihat sering tidur karena udara yang dingin dan kebiasan yang berbeda menjadikan burung harus beradaptasi, bagi burung yang kuat dan terjaga kesehatan serta perawatan yang baik hanya sedikit pengaruhnya. Saya akan membagikan tips merawat burung berkicau pada musim hujan diantaranya sebagai berikut:

Merawat Burung Kicau Pada Musim Hujan

  1. Meskipun tidak sinar matahari kurang tidak seperti musim kemarau, yang anda butuhkan ialah menyesuaikan kondisi dari burung lebih banyak dikasih makanan yang bergizi, berikat penutup sangkar agar suhu tubuh burung hangat terjaga dari dinginnya musim hujan, lampu bisa menjadi alternatif untuk penghangat.
  2. Memilih kerodong atau pentup sangkar yang tebal atau tidak tembus angin, ini sebaai sulosi wajib bagi kicau mania agar burung terasa hangat.
  3. Ketika musim hujan bagi anda yang memiliki burung untuk lomba sebaiknya ditemppatkan berdemapatan sangkar satu dengan sangkar yang lainnya agar lebih hangat, hal ini agar burung lebih tenang sangkar tidak terguncang angin, jika burung ternak sebaiknya biarkan burung berkoloni jangan dipisah.
  4. Usahakan mendapatkan sinar matahari mesti hanya sebentar, karena sinar matahari sangat penting bagi burung khususny karakter burung petarung seperti cendet. Jangan sampai burung terkena air hujan karena jika burung terserang flu akibat bisa fatal menular dan jika telat memberikan vitamin burung bisa mati.
  5. Tempat menaruh sangkar sebagai solusi terbaik didalam kamar atau ruang yang hangat, bertujuan untuk menghindari hembusan angin yang kencang apalagi dimalam hari.
  6. Nah terkadangan kita yang banyak aktifitas lupa dan burung terlanjur kehujanan, sebaiknya anda cepat keringkan menggunakan kain atau burung yang sensitif untuk dipegang dekatkan dengan lampu pijar agar cepet kering dan tidak berlanjut flu.
  7. Kurang pakan burung jenis voer, karena voer sendiri tidak baik jika terkena udara lembab bisa berakibat jamuran dan menjadi berkumpulanya bakteri penyakit, jika menggunakan voer sebaiknya sering diganti, banyak berikan vitamin serta makanan hewani agar protein tercukupi sushu tubuh burung stabil.
  8. Berikan fooding ekstra menjaga protein tubuh dan ini sering dialkukan kicau mania pada saat musim hujan tiba. Karena pada musim hujan memang burung membutuhkan poretin banyak agar suhu tubuh naik karena sifat dari kulit burung yang tidak berpori-pori.
  9. Yang terkahir bersihkan sangkar setiap hari agar kotoran burung tidak berjamur. Hal ini bertujuan agar menghindari penyakit dari kotoran burung yang sangat membahayakan tidak sedikit burung yang mengalami snot (mata bengkak) karena dipengaruhi sangkar yang kotor dan berjamur.

Semoga tips diatas membantu anda dalam merawat burung berkicau pada musim hujan, semoga bermnafaat dan burung anda tetap gacor terjaga kesehatan dan siap datang e ke lomba dengan pulang membawa prestasi, salam kicau mania.

Tips Merawat Burung Kicau Pada Musim Hujan | Admin | 4.5