Tips Paling Mudah Ternak Burung Lovebird

vitaminburung

 Cara Paling Mudah Ternak Burung Lovebird

Beternak burung saat ini menjadi ladang baru dalam dunia bisnis, selain mudah dan juga menjadi investasi jangka panjang. Untuk kalangan saat yang diminati masyarakat saat ini ialah ternak burung lovebird yang modal yang tidak terlalu banyak hanya ratusan ribu sepasanganya.

Banyaknya peminat dari burung cinta ini dipasaran membuat peluang untuk usaha yang sangat menjanjikan, bahkan peminat burung ini tidak hanya di Indonesia justru diluar negeri banyak sekali penggemarnya. Beberapa faktor tersebut bisa sebagai gambaran untuk kicau mania yang ingin menjalankan bisnis dunai peternakan.

Meski banyak jenis burung yang bisa dibudidayakan namun anda harus memperhatikan berbagai foktor agar tidak salah mengambil keputusan untuk berternak. Saya akan memberikan opsi untuk kicau mania yaitu ternak burung lovebird.

Ternak burung lovebird menurut saya sangat gampang dilihat dari segi modal, perawatan dan juga pemasaran, karena burung ini diminati berbagai kalangan dan harganya terjangkau tergantung dengan jenisnya, karena burung ini tidak sedikit yang harganya mahal hingga mencapai jutaan perekornya.

Bagaimana sudah semakin tertarik? Nah sebelum anda melangkah ke manajemen ternak, anda sebaiknya kenali terlebih dulu jenis burung lovebird yang akan anda ternak. Burung lovebird trend dengan berbagai varian warna dan bahkan dari warna tersebut menjadi patokan harga nahal atau murahnya.

Love yang harga terjangkau saat ini berwarna ijo standart atau sering disebut josan, anda bisa mendapatkan dengan hanya ratusan ribu sudah mendapatkansepasang dan siap untuk diternak. Namun jika anda memiliki moda besar kami sarankan anda memilih indukan burung lovebird dengan warna yang unik. Karena nanti akan berpengaruh juga nilai jual dari anaknya, dibawah ini akan memberikan tips mudah ternak burung lovebird sebagai berikut:

 

Paling Mudah Ternak Burung Lovebird

  1. Siapkan kandang lovebird

Langkah pertama wajib anda penuhi karena kandang lovebird tidak seperti burung yang lainnya, kandang lovebird sebaiknya dari anyaman berbahan kawat/besi dan usahan kandang ternak anda bersekat. Namun jika anda menginginkan sepasang sebagai langkah awal anda cukup dengan menggunakan kandang berukuran 20 cm x 20 cm x 25 cm sudah banyak tersedia dipasaran lengkap dengan glodok (tempat bertelur).

  1. Beli sepasang lovebird yang sehat dan berkualitas

Langkah kedua anda memilih indukan lovebird. Hal yang harus perhatikan lovebird jenis apa yang ingin anda ternak, apa inginkan dari suara ngekeknya yang panjang atau dari warna yang uniknya.

  1. Usia Produktif

Tentukan usia dari burung yang akan ternak. Untuk pejantan siap kawin usia 8 bulan, sedangkan untuk lovebird betina idealnya berumur 1 tahun.

  1. Menentukan Tujuan Breeding

Ha ini sangat penting agar hasilnya sesuai dengan yang anda inginkan, misalkan anda ingin Lovebird dengan suara bagus, sebaiknya memilih kelamin betina dengan suara bagus. Pada intinya burung pada betinanya apapun yang akan anda inginkan.

  1. Makanan Anak Lovebird

Pada saat ternak sudah berhasil sebaiknya anda segera mencari jenis makaan untuk anak Lovebird, kenapa ini menjadi hal yang penting, anakan lovebird belum bisa makan seperti dewasa dan butuh makanan khusus seperti SUN dan sejenis Bubur instan, jangan lupa vitamin agar kesehatan burung terjaga.

Oke kicau mania semoga tips diatas menajdi pencerahan untuk anda yang ingin membuka bisnis baru dibidang peternakan burung, dan semoga berkembangbiak. Salam kicau mania.

Tips Paling Mudah Ternak Burung Lovebird | Admin | 4.5