Trik Jitu Melatih dan Menjinakan Burung Kutilang Bakalan

vitaminburung

Kutilang merupakan salah satu jenis burung yang memiliki karakter gampang menyesuaikan diri pada lingkungan dan mudah jinak. Bahkan saking jinaknya, sejak dahulu burung kutilang sangat banyak digemari oleh para penangkar dan penghobi untuk dipelihara bahkan tanpa menggunakan sangkar hariannya. Namun demikian, cara semacam ini sebaiknya dihindari dan tidak dilakukan, lebih-lebih jika di lingkunganmu ada banyak hewan liar yang berkeliaran seperti terutama kucing.

Melatih burung kutilang akan menjadi lebih efektif bila dirawat sejak usia anakan. namun dikarenakan karakternya yang mudah jinak, burung bakalan juga bisa dilatih setelah sebelumnya diberikan terapi penjinakan. Dan berikut akan kita bahas mengenai tips jitu cara mudah menjinakkan dan melatih burung kutilang.

Menjinakkan burung kutilang bakalan

Burung kutilang seringkali ditemukan di area hutan. Biasanya mereka akan bersiul bersahutan di dalam hutan. Lalu, untuk menjinakkan burung kutilang yang merupakan hasil tangkapan hutan bisa kamu lakukan dengan cara sering memandikannya menggunakan tangan sendiri. Metode seperti ini sama persis seperti apa yang dilakukan oleh penggemar perkutut saat memandikan burung kelangenannya.

Langkah-langkahnya pun sangat mudah. Mula-mula, pegang burung kutilang dan mandikanlah burung tersebut di dalam bak kecil berisi air, sambil sesekali diusap-usap. Setelah mandi, kemudian burung diangin-anginkan sejenak, lalu berilah pakan kegemarannya seperti ulat hongkong, dengan tangan kita. Jika hal semacam ini kamu lakukan secara rutin, maka tidak akan butuh waktu lama agar burung menjadi jinak.

Melatih burung kutilang

Selain karena mudah jinak, para penangkar menggemari burung kutilang juga karena kutilang termasuk dalam jenis burung yang pintar. Oleh sebab itu, kamu dapat melatihnya secara bertahap. Bentuk pelatihan paling dasar yang bisa kamu terapkan ialah memerintahkan kutilang untuk terbang menghampiri tempatmu dengan kode tangan atau siulan. Dan berikut cara mudah melatih burung kutilang agar mau terbang ke arah kita.

Pertama, keluarkan burung kutilang dari sangkarnya dengan tangan, kemudian letakkan di atas sangkar secara perlahan sambil sesekali mengusap bagian tengkuk dan kepalanya sampai burung benar-benar merasa nyaman.

Selanjutnya kamu bisa berdiri dalam jarak kurang lebih 1 meter, lantas sodorkan ulat atau pakan lainnya sambil menjentikkan jari.

Nah, saat burung perlahanterbang menghampiri dan bertengger di lengan kita, sesegera mungkin berikan pakannya.

Kamu bisa praktekkan metode ini setiap hari secara rutin, dengan menambah jarak kutilang berangsur-angsur makin menjauh.

Bila burung semakin terlatih, kamu bahkan bisa menjentikkan jari tanpa memegang pakan. Namun jangan khawatir, di saat kamu sudah sangat rutin melatihnya dan pada waktunya nanti kamu menjentikkan jari tanpa memegang pakan, si burung akan tetap menghampiri. Tetapi untuk membuat burung kutilang tetap pada kondisinya, maka biasakan untuk memberinya pakan sebagai hadiah setiap kali burung menyelesaikan apa yang kita suruh.

Jika sebelumnya kamu bisa melatihnya dengan jentikkan jari, kali ini kamu juga bisa melatihnya dengan siulan. Nah, untuk melatih burung dengan siulan, kamu bisa melakukan hal yang sama seperti saat melatihnya dengan jentikkan jari. Namun kali ini bukan menggunakan jentikkan jari, namun dengan siulan untuk mendapatkan perhatian burung tersebut.

Catatan :

Ada beberapa kondisi yang harus kamu penuhi untuk dapat melatih kutilang. Di antara syarat pelatihan ini ialah burung kutilang harus masih remaja / bakalan dan sudah jinak. Lokasi untuk mengadakan latihan bisa di dalam maupun di luar ruangan. Yang terpenting adalah bahwa lingkungan tempat berlatih aman dari hewan pemangsa seperti kucing.

Melatih kutilang bertengger di tempat yang kita tunjuk

Untuk dapat melatih kutilang bertengger di tempat yang kita tunjuk caranya hampir sama dengan saat melatih burung agar menghampiri kita. Hanya saja dalam latihan kali ini kita tidak lagi memberikan kode tertentu, namun langsung menunjuk pada suatu tempat ataupun lokasi burung untuk bertengger.

Misalnya saja di saat burung masih berada di atas sangkar, maka kamu bisa mengarahkan pakannya pada pundak. Selanjutnya setelah burung menghampiri lalu bertengger di pundak, maka sesegera mungkin kamu berikan pakannya. Dan sekali lagi, agar latihannya bisa efektif kamu harus melakukannya secara rutin setiap hari.

Nah, jika burung sudah mulai terbiasa dan terlatih, kamu bisa menunjuk pundak bahkan tanpa memegang pakan sekalipun. Secara perlahan burung akan berangsur mulai mengerti dan bisa langsung menuju ke pundakmu, jika hal itu dilakukannya maka berikanlah pakan sebagai hadiahnya.  Untuk lebih mendapatkan hasil yang efektif kamu bisa melakukanhal yang sama di lokasi lain yang berbeda dari sebelumnya.

Dan Itulah beberapa cara dan trik jitu untuk melatih burung kutilang. Dengan mempunyai burung kutilang tang terlatih, kamu tentu bakal makin semangat untuk merawatnya sekaligus terus melatihnya pada tingkatan selanjutnya yang lebih rumit.

tags :

kutilang, kutilang emas, suara kutilang, download suara kutilang pikat, suara kutilang gacor, download suara kutilang liar, suara kutilang jantan, anakan kutilang, suara kutilang sutra

Trik Jitu Melatih dan Menjinakan Burung Kutilang Bakalan | Admin | 4.5